Bali United Terpaksa Berbagi Poin dengan PSM Makassar

Sepak Bola —Sabtu, 21 Jan 2023 11:15
    Bagikan  
Bali United Terpaksa Berbagi Poin dengan PSM Makassar
Bali United Vs PSM Makassar.* (FOTO: baliutd.com)

DEPOSTBALI,- Bali United mendapat hasil akhir antiklimaks dalam lanjutan pekan ke-19 BRI Liga 1 2022/2023 menghadapi PSM Makassar di Stadion Sultan Agung, Bantul pada Jumat (20/1) sore ini. Sempat merasakan keunggulan dua gol berkat Eber Bessa (27’) dan Ilija Spasojevic (56’ P), pasukan Serdadu Tridatu harus puas berbagi skor imbang 2-2 dengan skuad Juku Eja.

Tim tamu berhasil mengejar ketinggalan usai Kenzo Nambu (72’) dan Yuran Fernandes (86’ P) menjebol gawang Nadeo Arga Winata. PSM Makassar membuka peluang lebih dahulu dari tendangan langsung ke gawang Nadeo Arga Winata dari Yakob Sayuri pada menit ke-3 yang menghasilkan sepakan pojok.

Tiga menit berselang, kombinasi operan pendek Juku Eja kembali membuat barisan pertahanan Bali United kewalahan, tetapi gawang Nadeo masih aman dari kebobolan. Tidak ingin ketinggalan, Serdadu Tridatu mencatatkan ancaman pertama dari kepala Ilija Spasojevic menyambut umpan sepak pojok Eber Bessa pada menit delapan.

Privat Mbarga mengirim umpan lambung yang mengarah ke Ilija Spasojevic pada menit ke-10, tetapi Reza Arya mampu terbang meninju bola demi mengamankan gawang PSM Makassar. Menit ke-12 Novri Setiawan mendapat bola mentah dari kesalahan antisipasi Yuran Fernandes, tetapi sayang dirinya terlihat belum sigap menendang sehingga peluang belum berbuah manis.

Pelanggaran Hudi Abdillah kepada Everton membuat PSM Makassar mendapatkan sepakan bebas dari sisi kiri pertahanan Bali United pada menit ke-16. Menit 19 Bali United mampu membahayakan lini pertahanan Juku Eja melalui kerja sama Novri Setiawan yang mengirim umpan terukur ke Privat Mbarga. Namun sayang, dirinya belum bisa mengirim tendangan ke gawang Reza Arya.

Giliran Juku Eja mendapat peluang pada menit 21 melalui tendangan keras dari luar kotak penalti yang berbuah sepak pojok. Yuran Fernandes pun mampu menyambut bola dengan menanduknya. Beruntung bola masih keluar dari lapangan hijau.

Baca juga: Gubernur Wayan Koster Menginspirasi Hotel di Bali dengan Produk Lokal


Peluang kembali didapatkan oleh PSM Makassar melalui sepakan bebas yang diambil Arfan, tetapi bolanya masih mampu ditinju oleh Nadeo. Tanpa lama menunggu, Bali United langsung tancap gas menyerang memanfaatkan kecepatan Irfan Jaya.

Akibatnya, pemain bernomor punggung 41 itu dilanggar tepat di depan kotak penalti yang membuahkan tendangan bebas. Eber Bessa yang maju sebagai eksekutor pun mampu menjalankan tugasnya dengan baik untuk menjebol gawang Reza Arya pada menit 27.

Bola sepakan melengkungnya meluncur mulus untuk membawa Bali United unggul 1-0 sementara atas PSM Makassar. Bali United kembali berhasrat menambah keunggulan melalui tandukan Privat Mbarga pada menit 34. Namun, bola masih memantul ke tanah dan mengarah keluar lapangan.

Counter attack cepat dilakukan oleh Bali United pada menit 42 berawal dari salah passing Yuran Fernandes yang mampu direbut oleh Novri Setiawan kepada Privat Mbarga.
 Privat pun mengirim umpan terukur ke Spasojevic yang sayangnya tandukan striker bernomor punggung sembilan itu mampu ditepis oleh Reza Arya sehingga menghasilkan tendangan sudut.

Sepak pojok dari Ricky Fajrin pun mampu ditanduk oleh Privat yang sayangnya masih bisa ditangkis keluar oleh kiper PSM Makassar bernomor punggung 30 itu. Menjelang turun minum, Bali United masih mampu mengirim ancaman ke pertahanan skuad Juku Eja.

Peluit tanda berakhirnya babak pertama dibunyikan oleh wasit Sance Lawita, skor 1-0 masih bertahan untuk keunggulan Bali United. Memasuki babak kedua, Bali United melakukan pergantian pemain dengan memasukkan Hariono untuk menggantikan Sandi Sute.

PSM Makassar membuka babak kedua dengan peluang dari Everton, tetapi beruntung tendangannya masih sangat lemah sehingga Nadeo mampu mengamankannya dengan mudah. Giliran Bali United yang membalas peluang dari tendangan Spasojevic menerima umpan Ricky Fajrin pada menit 47, sayang tendangannya masih meleset tipis ke kanan gawang Reza Arya.

Menit 49 Dzaki Asraf melakukan tusukan ke pertahanan Bali United yang membuahkan sepak pojok. Menit 51 Bali United mendapat peluang emas melalui kotak penalti usai Irfan Jaya dilanggar oleh Safrudin Tahar. Sehingga wasit menunjuk titik putih.

Baca juga: Pertandingan Home Bali United di Yogyakarta Tanpa Penonton

Spasojevic pun maju sebagai eksekutor penalti dan sukses menunaikan tugasnya, dengan tenang, dirinya melepaskan tendangan keras ke arah sudut kiri gawang Reza Arya untuk membawa Bali United unggul 2-0 atas PSM Makassar pada menit 56.

Gol tersebut sekaligus menggenapkan koleksinya menjadi total 10 gol sejauh ini. Pelatih Bernardo Tavares langsung melakukan kontra strategi dengan memasukkan tiga pemain sekaligus pada menit 60 bagi PSM Makassar.

Memasuki menit 65, intensitas pertandingan dan serangan dari skuad Juku Eja semakin meningkat baik melalui skema bola mati maupun tendangan langsung. PSM Makassar mendapat sepakan bebas yang diambil oleh Pluim pada menit 67 dan beruntungnya belum memberikan ancaman berarti.

Petaka hadir bagi Bali United pada menit 72 usai Kenzo Nambu mencetak gol ke gawang Nadeo Arga Winata. PSM Makassar mengejar sehingga skor berubah menjadi 1-2 dengan Bali United.

Coach Teco memasukkan Fadil untuk menggantikan Brwa Nouri pada menit 74 untuk melakukan penyegaran. Menit 75 Everton melepaskan sepakan keras dari luar kotak penalti yang masih bisa ditangkap sempurna oleh Nadeo.

Serangan bertubi-tubi dilancarkan oleh PSM Makassar dari usaha Kenzo Nambu dan Yakob Sayuri, tetapi masih belum mengubah skor. Tidak tinggal diam, Bali United berusaha menambah angka dari tandukan Privat Mbarga menyambut umpan Irfan Jaya pada menit 77 yang sayangnya belum membahayakan.

Menit 83 PSM Makassar mendapatkan hadiah penalti usai Haudi Abdillah melakukan handball akibat tendangan Kenzo Nambu. Haudi Abdillah pun menerima kartu kuning kedua yang membuat dirinya terpaksa mandi lebih cepat karena kartu merah.

Yuran Fernandes mampu membawa PSM Makassar menyamakan kedudukan 2-2 berkat sepakan penaltinya sukses menjebol gawang Nadeo Arga Winata pada menit 86. Respon cepat langsung dilakukan oleh tusukan dari Privat Marga ke kotak penalti Juku Eja, sayangnya dirinya gagal memasukkan bola.

Coach Teco pun melakukan pergantian pemain dengan memasukkan Rahmat dan Ryuji Utomo usai Spasojevic serta Irfan Jaya ditarik keluar pada menit 87. Bali United mendapatkan peluang dari sepakan bebas Fadil jelang pertandingan berakhir. Umpannya mampu disambut Ryuji Utomo tetapi sayang belum membahayakan.

Pada babak tambahan, kedua tim sama-sama berupaya mencetak gol kemenangan. Namun, hingga peluit panjang berbunyi, skor imbang 2-2 tidak berubah bagi Bali United dan PSM Makassar.

Fokus tatap laga selanjutnya Serdadu Tridatu!***

Baca juga: Atasi Penyakit Sinusitis dengan Cara Berikut Ini

Editor: Laila
    Bagikan  

Berita Terkait