Skuad Bali United Ikuti Workshop Henti Jantung Jelang Hadapi PSIS Sebagai Syarat Club Licensing

Sepak Bola —Rabu, 12 Apr 2023 15:39
    Bagikan  
Skuad Bali United Ikuti Workshop Henti Jantung Jelang Hadapi PSIS Sebagai Syarat Club Licensing
FOTO: baliutd.com

DEPOSTBALI,- Jelang berjumpa PSIS Semarang hari Rabu (12/4) besok malam sebagai laga penutup Liga 1 2022/2023, skuad Bali United mengikuti workshop mengenai Cardiac Event Management.

Workshop tersebut memberikan edukasi mengenai penatalaksanaan apabila terjadi colaps atau henti jantung pada suatu pertandingan sepak bola.

Kegiatan ini juga merupakan kewajiban sebuah klub sepak bola untuk menjalankan agenda yang menjadi syarat Club Licensing di tahun ini.  

Kegiatan tersebut berlangsung hari Selasa (11/4) sore tadi di salah satu ruang pertemuan hotel tim di Yogyakarta. 

Workshop diberikan langsung oleh dokter tim Bali United yaitu dr. Ganda Putra A, AIFO-K yang telah memiliki spesialisasi di bidang jantung dan penanganan trauma dalam olahraga.

Dokter asal Palembang ini sebelumnya telah mengikuti beberapa pelatihan di bidang gawat darurat jantung dan penanganan trauma seperti On Site Sport Injury Management, Advance Cardiac Life Support (ACLS), dan Advance Trauma Life Support (ATLS).

Baca juga: Berburu Oleh-oleh di Joger Bali

“Materi workshop ini sangat berguna untuk memberikan edukasi kepada pemain dan penatalaksanaan apabila terjadi colaps atau henti jantung pada suatu pertandingan sepak bola. Saya yang sebelumnya telah mengikuti pelatihan khusus perihal injury atau case di bidang sport terutama gawat darurat jantung dan penanganan trauma sangat penting untuk bisa dibagikan kepada para pemain maupun ofisial tim Bali United,” ungkap dr. Ganda.

Adapun peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah seluruh pemain dan ofisial dari Bali United dengan pemberian materi dan penanganan praktik secara langsung.

Kegiatan ini tentu sangat penting mengingat pemain maupun ofisial tim adalah pihak yang paling dekat dengan kejadian yang beresiko terjadi di suatu pertandingan sepak bola.  

Workshop ini juga merupakan salah satu kewajiban sebuah klub menjalankan syarat Club Licensing agar memiliki standarisasi sebagai sebuah klub profesional yang bisa berkompetisi resmi di AFC.

Bali United sendiri setiap tahunnya selalu memperoleh sertifikat Club Licensing Committee (CLC) PSSI sebagai salah satu klub Indonesia yang memiliki standarisasi klub profesional.

Semoga dengan adanya kegiatan positif ini, label sebagai sebuah klub profesional tetap dan terus tersemat untuk Bali United.***

Baca juga: Resep Kue Keciput Wijen, Makanan Tradisional Khas Lombok Bikin Nagih

Editor: Laila
    Bagikan  

Berita Terkait