Bali United Akhiri Putaran Pertama BRI Liga 1 dengan Kemenangan

Sepak Bola —Sabtu, 24 Dec 2022 11:35
    Bagikan  
Bali United Akhiri Putaran Pertama BRI Liga 1 dengan Kemenangan
Bali Unites VS PSIS Semarang.* (FOTO: Twitter @BaliUtd)

DEPOSTBALI,- Bali United sukses mengakhiri putaran pertama BRI Liga 1 2022/2023 dengan manis usai menaklukkan lawan terakhir, PSIS Semarang pada Kamis (22/12) malam di Stadion Manahan Solo. Pada laga ke-17 itu, pasukan Serdadu Tridatu menorehkan kemenangan telak 3-0 atas Laskar Mahesa Jenar berkat brace Rahmat (12’, 19’) dan disempurnakan oleh Privat Mbarga (61’).

Poin penuh tersebut pun menjadi penutup yang manis bagi perjalanan skuad racikan Stefano Cugurra ini dalam mengarungi ketatnya lanjutan kompetisi yang bersistem bubble alias terpusat. Sebagaimana diketahui, selepas terhenti lama akibat Tragedi Kanjuruhan pada awal Oktober lalu, BRI Liga 1 baru kembali berputar pada Desember dengan terpusat di daerah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Akibat dari sistem bubble ini, jadwal pertandingan pun menjadi lebih melelahkan karena setiap tim harus melakoni enam laga dengan jeda istirahat yang singkat yakni dua sampai tiga hari saja. Juga, penonton dilarang untuk datang mendukung perjuangan klub favoritnya secara langsung di stadion. Maka dari itu, dengan berakhirnya putaran pertama ini, pelatih kepala Bali United, Stefano Cugurra sangat bersyukur. Kolektor tiga gelar juara Liga 1 itu pun berharap agar pada putaran kedua nantinya akan kembali ke format kandang dan tandang.

Baca juga: Membuat Cinnamon Roll dengan Rasa yang Unik

"Sistem ini kita tahu tidak ideal bagi semua tim. Namun, kami tahu di liga ada masalah waktu itu. Sehingga lebih bagus kita semua bisa bermain meskipun bubble dan tanpa suporter daripada tidak bermain sama sekali dan hanya berlatih saja. Namun, semoga tahun depan sudah ada solusi untuk bermain home and away dan dengan suporter,” ujar Coach Teco

Lebih lanjut, meskipun berharap agar segera kembali ke sistem kandang dan tandang, Coach Teco tetap menegaskan poin penting, yakni aspek keselamatan suporter. Pelatih asal Brasil ini memang lebih senang merasakan dukungan langsung dari para fans di stadion, tetapi harus ada jaminan lebih mengenai keselamatan dan nyawa mereka.

“Suporter juga butuh hiburan dan menikmati pertandingan, tetapi stadion harus lebih aman untuk suporter. Semoga tahun depan lebih bagus dari tahun ini. Kami pasti lebih senang ketika ada suporter di stadion, bukan tanpa suporter seperti saat ini," harap Coach Teco.

Dengan rampungnya lanjutan putaran pertama BRI Liga 1 2022/2023 ini, semoga saja dapat menjadi bahan evaluasi dan pertimbangan bagi para pemangku kebijakan untuk sistem paruh kedua nantinya. Apapun keputusannya nantinya, semoga saja aspek keselamatan dan keamanan seluruh elemen sepak bola Indonesia selalu dikedepankan lebih dari apapun.

Maju terus sepak bola Indonesia!* * *

Baca juga: Hadiah Undian Wajib Pajak PBB-P2 Resmi Diserahkan Oleh Walikota Jaya Negara

Editor: Laila
    Bagikan  

Berita Terkait