Bali United Akui Kekalahan Dari PSS Sleman

Sepak Bola —Selasa, 20 Dec 2022 11:41
    Bagikan  
Bali United Akui Kekalahan Dari PSS Sleman
Bali United Vs PSS Sleman.* (FOTO: Twitter @BaliUtd)

DEPOSTBALI,- Bali United mendapat hasil mengecewakan dalam lanjutan pekan ke-16 BRI Liga 1 2022/2023 usai kalah 1-2 dari PSS Sleman pada Senin (19/12) malam. Pasukan Serdadu Tridatu sejatinya mampu unggul lebih dahulu pada menit 50 berkat gol Rahmat. Namun sayang, Super Elja berhasil comeback lewat dua gol dari Ze Valente (62') dan Jihad Ayoub (79'). Eber Bessa menjadi pemain pertama yang membuat Bali United melakukan ancaman ke gawang PSS Sleman pada menit ke-6 melalui sepakan kerasnya.

Serangan kedua kembali hadir bagi Bali United. Yabes Roni yang tidak ingin ketinggalan mengirimkan ancaman kepada kiper Super Elja, M. Ridwan pada menit ke-7. Melalui gocekan lincah di daerah kotak penalti, pemilik nomor punggung 11 itu melepaskan tendangan yang masih terlalu lemah. 10 menit awal Bali United menerapkan garis pertahanan tinggi sebagai salah satu upaya untuk mencuri gol cepat sekaligus membongkar pertahanan tim besutan Coach Seto Nurdiantoro. Hingga menit ke-19 kedua tim masih menemui kesulitan untuk mencatatkan peluang berbahaya.

Pasalnya bola lebih banyak berkutat di lini tengah akibat rapatnya ruang di daerah masing-masing. Menit ke-20 PSS Sleman mencatatkan shoot on target melalui Kim Jeffrey Kurniawan dari sisi kanan pertahanan Bali United. Beruntung Muhammad Ridho sigap memeluk bola. Lima menit berselang giliran Bali United yang berupaya kembali mencetak gol lebih dahulu. Berawal dari pergerakan Yabes Roni di sisi kanan serangan, tendangannya masih membentur Dedy Gusmawan.

Eber Bessa kemudian melakukan tusukan berbahaya yang memaksa dirinya dilanggar dan membuat Bali United mendapat sepakan bebas menit ke-25 di sisi depan kotak penalti. Fadil yang maju sebagai eksekutor gagal mengirimkan bola mengarah ke kotak penalti ke gawang M. Ridwan. Super Elja kembali mengancam melalui kerja sama M. Fariz dan Saddam. Saddam yang mendapat kesempatan mengirim umpan cut back, dapat disambut dengan sepakan keras dari M. Fariz pada menit 32. Beruntung bola masih melambung sangat tinggi dari gawang M. Ridho.

Baca juga: Mitos Pocong Keliling Part 8

Kerja sama melalui skema counter attack cepat dimotori oleh Eber Bessa yang mengirim bola ke Rahmat menghadirkan ancaman untuk PSS Sleman pada menit ke-33. Namun sayang, umpan lambung darinya belum mampu disambut oleh Privat Mbarga. Bali United kembali melakukan ancaman pada menit ke-38 berawal dari kerja sama Eber Bessa dan Privat Mbarga. Namun sayang, M. Ridwan masih terlalu sigap mematahkan peluang satu melawan satu dari Privat. Menjelang turun minum, Bali United mendapat ancaman nyata.

Tepat pada menit ke-43 Rifky Suryawan berhasil berhadapan satu lawan satu dengan M. Ridho dan berupaya melepas sepakan ke gawang. Beruntung Bali United memiliki M. Ridho yang dengan sigap membaca dan menangkap bola dengan dadanya. Coach Toyo melakukan pergantian pemain pertama dengan memasukkan Ricky Fajrin dan menarik keluar Gede Agus Mahendra pada menit ke-45+2. Hingga peluit pertama dibunyikan, skor 0-0 masih bertahan bagi Bali United dan PSS Sleman.

Memasuki babak kedua, Serdadu Tridatu mampu unggul 1-0 berkat gol Rahmat. Memanfaatkan bola umpan dari Eber Bessa, pemilik nomor punggung 91 itu mencatatkan namanya di papan skor pada menit 50. Bali United unggul sementara 1-0 atas PSS Sleman. Haudi Abdillah mengirimkan ancaman melalui tandukan memanfaatkan bola dari sepak pojok pada menit 60. Namun upaya pemilik nomor punggung 5 tersebut belum berbuah gol.

Bali United mendapat tamparan akibat gol dari PSS Sleman dari Ze Valente pada menit 62. Meskipun baru dimasukkan, tetapi dirinya mampu mencatatkan namanya di papan skor untuk membawa Super Elja menyamakan skor menjadi 1-1. Tidak tinggal diam, Bali United terus berupaya kembali mencetak keunggulan. Untuk itu, Lerby Eliandry dan Ahmad Agung dimasukkan menggantikan Yabes Roni serta Fadil pada menit 67. Peluang matang hadir untuk Serdadu Tridatu dari tandukan Privat Mbarga menyambut umpan sepak pojok Eber Bessa menit 68. Sayang bola masih melambung tinggi di atas jala gawang M. Ridwan. Privat kembali menebar ancaman melalui akselerasinya ke pertahanan PSS Sleman pada menit 70.

Baca juga: Wagub Cok Ace Dorong Daya Saing Toko Kelontong Pada Pesta Retail Bali Nusra

Namun, sepakan pemain asal Kamerun tersebut masih mampu dimentahkan oleh M. Ridwan. Menit 73 Bali United mendapat sejumlah kesempatan untuk menggempur gawang PSS Sleman secara beruntun. Namun, bola masih mentah menjadi sepak pojok yang sayangnya gagal berbuah gol bagi Serdadu Tridatu. Todd Ferre sempat merepotkan barisan bek Bali United pada menit 77 akibat pergerakan licinnya. Akibatnya PSS Sleman mendapat sepakan bebas usai Todd dilanggar.

Jihad Ayoub yang menjadi eksekutor berhasil melaksanakan tugasnya untuk membawa Super Elja berbalik unggul 1-2 pada menit 79. Bola tendangan bebasnya mampu meluncur mulus menyasar pojok kanan gawang M. Ridho. Bali United 1-2 PSS Sleman. Tertinggal membuat Serdadu Tridatu semakin gencar mengubah skor. Sepanjang menit 82 Bali United mendapat dua sepak pojok beruntun yang sayangnya masih belum mampu mengejar angka. Bali United melakukan kontra strategi dengan memasukkan Hendra Adi Bayauw pada menit 87 untuk menggantikan Rizky Pellu.

Menjelang akhir pertandingan, Willian Pacheco mendapat kartu merah akibat menerima kartu kuning kedua. Dalam masa injury time, Lerby menghadirkan ancaman melalui tandukannya memanfaatkan umpan sepak pojok Ricky Fajrin. Sayang M. Ridwan masih sangat sigap menepis bola. Gawang Bali United hampir kembali jebol akibat blunder M. Ridho dalam mengoper bola akibat membentur pemain PSS Sleman. Beruntung bola masih melenceng jauh dari gawang Serdadu Tridatu.

Hingga peluit panjang dibunyikan, Bali United tidak mampu mengejar ketinggalan 1-2 dari PSS Sleman. Akibat kekalahan ini, posisi Ricky Fajrin cs di papan klasemen melorot ke peringkat 3. Tegakkan kepala Serdadu Tridatu! (baliutd.com)

Baca juga: Keutamaan Membaca Istighfar Setiap Hari

Editor: Laila
    Bagikan  

Berita Terkait