5 Makanan Khas Bali yang Wajib Kamu Coba!

Kuliner —Kamis, 9 Dec 2021 12:07
    Bagikan  
5 Makanan Khas Bali yang Wajib Kamu Coba!
5 Makanan Khas Bali yang Wajib Kamu Coba! - pinterest

DEPOSTBALI- Bali memang dikenal dengan pesona alamnya yang sangat indah dan banyak. Bukan hanya dikenal dengan pesona alamnya yang indah. Tentu saja Indonesia dikenal  dengan wisata kulinernya yang sangat beragam.

Kalau kamu mau berkunjung ke Bali, kamu wajib banget coba kuliner ini ya!.

1. Ayam Betutu

Ayam betutu adalah salah satu makana  khas Bali yang  cukup terkenal. Sajian ini adalah ayam atau bebek yang dimasak utuh dengan bagian perutnya diisi dengan berbagai bumbu dan rempahh. Ayam dan bebek yang sudah dibumbui kemudian dibungkus menggunakan dengan daun pinang lalu dipanggang. Proses memanggangnya pun menggunakan panas bara api sekam hingga seharian.

2. Sate Lilit

Sate lilit adalah olahan sate potongan daging yang dilekatkan hingga menempel pada tusukan sate yang terbuat dari tangkai bamboo atau batang serai. Bahan daging sate lilit adalah daging cincang yang berbumbu khas. Jenis daging untuk sate lilit khas bali menggunakan berbagai jenis daging seperti ayam, sapi, babi dan ikan tenggiri.

3. Nasi Jinggo

Nasi Jinggo atau orang Bali biasa menyebutnya Nasi Jenggo adalah nasi yang dibalut dengan daun pisang dengan porsi yang sangat kecil. Sejarahnya, makanan ini muncul ketika krisis moneter tahun 1997 sedang terjadi. Makanan ini juga di bandrol dengan harga murah yaitu 1.500 sampai dengan 4.000 saja per porsi.

Baca juga: Happy Parenting ala Freelancer

Baca juga: Danau Tamblingan, Wisata Spiritual dengan Selimut Kabut di Pulau Dewata

Baca juga: Buka RAPIMPROV II Kadin Jabar, Arsjad Rasjid Katakan Dua Perang yang Dihadapi Indonesia Saat Ini

4. Lawar

Makanan ini adalah campuran dari daging cincang dengan aneka sayuran seperti kacang panjang dan dimbumbui dengan parutan kelapa juga berbagai macam rempah. Hidangan ini biasanya berbahan utama daging babi namun ada pula yang memakai daging bebek sebagai lawar alternative bagi yang tidak bisa memakan daging babi.

5. Tipat Cantok

Tipat artinya adalah ketupat dan cantok yang diuleg atau dihaluskan. Sajian ini berbahan dasar ketupat potong yang diberi sayur kacang panjang, kangkung, tauge, mentimun dan disiram dengan saus. Adapun sausnya terbuat dari kacang tanah goring, bawang putih, cabai, garam dan tauco yang dihaluskan.

Nah itu adalah beberapa makanan khas Bali yang harus banget kamu coba ta kalau berkunjung kesana!

Baca juga: Danau Tamblingan, Wisata Spiritual dengan Selimut Kabut di Pulau Dewata

Baca juga: Buka RAPIMPROV II Kadin Jabar, Arsjad Rasjid Katakan Dua Perang yang Dihadapi Indonesia Saat Ini


Editor: Ajeng
    Bagikan  

Berita Terkait