Omzet Penjualan IKM Bali Bangkit Tahun 2021-2022 Lebih dari 51 Milyar Rupiah

News —Jumat, 17 Feb 2023 10:45
    Bagikan  
Omzet Penjualan IKM Bali Bangkit Tahun 2021-2022 Lebih dari 51 Milyar Rupiah
FOTO: baliptov.go.id

DEPOSTBALI (DENPASAR),- Dekranasda Provinsi Bali menyelenggarakan Pameran IKM Bali Bangkit Tahap I Tahun 2023, yang mana dalam pembukaannya hari ini turut dimeriahkan dengan pagelaran Fashion Show oleh Designer Bali, Dharma Wanita Persatuan Provinsi Bali dan Dekranasda Kabupaten Jembrana, Rabu (Buda Paing, Krulut) 15 Februari 2023 bertempat di Gedung Ksirarnawa, Art Centre Denpasar.

Dalam sambutannya, Ketua Dekranasda Provinsi Bali, Ny. Putri Koster menyampaikan bahwa omset penjualan pada IKM Bali Bangkit Tahun 2021-2022 mencapai lebih dari 51 Milyar rupiah. Terkait IKM Bali Bangkit Tahun 2023 sendiri, Bunda Putri menyampaikan konsep pelaksanaanya akan sedikit berbeda. IKM Bali Bangkit akan semakin selektif mengawal semua tenantnya agar hanya menjual produk lokal asli Bali.

Kelestarian kain tenun Bali ini selalu menjadi perhatian Bunda Putri. Walaupun semakin banyak digunakan oleh masyarakat Bali namun produksinya sebagian besar dilakukan bukan di Bali. “Hasil survey UNHI dari produk endek yang ada di Bali hanya 13% nya saja yang di buat di Bali, berarti 87% dibuat di luar Bali. Ini sangat merugikan kita,” jelas Bunda Putri. Hal ini hanya akan berdampak buruk pada industri tenun di Bali. “Pertama industri tenun kita akan mati, Kedua pasar kita akan dikuasai oleh orang luar dan Ketiga uang kita akan keluar, yang untung orang di luar Bali,” imbuhnya.

Ia juga menambahkan bahwa songket dan Endek Bali telah memiliki Hak Kekayaan Komunal yang dipegang oleh Pemprov Bali. “Ini artinya kita sudah memegang aturannya sehingga jangan coba-coba mengambil motifnya dan ditenun di luar daerah,” ungkap Bunda Putri. Menurutnya hal tersebut dapat dituntut dan diadukan kepada Kehemkumham karena telah masuk ke dalam ranah pidana. “Mari kita jaga kebhinekaan, keragaman karya-karya nusantara,” tegas Ketua Dekranasda Bali.

Baca juga: Cerita Seram Cinta Segitiga Berujung Maut

Terkait maraknya penggunaan kain songket bordir yang hanya menjiplak motif songket yang sudah ada, Bunda Putri meminta agar Kepala Perangkat Daerah dapat mengingatkan seluruh pegawainya. Ia juga meminta agar kemajuan teknologi dapat dimanfaatkan dengan baik khususnya di bidang kerajinan. “Kan lebih baik ketika ada kemajuan teknologi, buat motifnya sendiri sehingga seniman-senimannya akan muncul. bukan malah menjiplak motif yang sudah ada,” imbuhnya.

Pemerintah Provinsi Bali tidak menutup diri terhadap perkembangan kerajinan nusantara bahkan Provinsi Bali berkeinginan menjadi sentra penjualan dari produk-produk tersebut. “Kalau industrinya di pusatkan di suatu tempat, daerah-daerah akan mati industri tenun dan kerajinannya. Tetapi kalau penjualan/pasarnya dipusatkan itu mereka akan hidup dan memajukan ekonomi para pengrajin,” jelas Bunda Putri. Dengan dibangunnya Pusat Kebudayaan Bali (PKB), Bali diharapkan dapat menjadi superhub penjualan karya-karya kerajinan seluruh nusantara. “Tetapi tetap utamanya karya Bali harus menjadi tuan di rumahnya sendiri,” jelasnya.

Dalam Pembukaan Pameran IKM Bali Bangkit Tahap I ini juga dibacakan pemenang fashion show perangkat daerah terbaik Tahun 2022 yang diraih oleh Biro Umum dan Protokol Provinsi Bali, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bali serta Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Provinsi Bali. Turut serta hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Jembrana, Nengah Tamba, seluruh Ketua Dekranasda Kabupaten/Kota Se-Bali dan Kepala Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Provinsi Bali.

Baca juga: Erick Thohir Terpilih Jadi Ketum PSSI Periode 2023-2027

Editor: Laila
    Bagikan  

Berita Terkait