Destinasi Wisata Air Terjun Kanto Lampo yang Tersembunyi di Bali

Wisata —Jumat, 31 Dec 2021 18:44
    Bagikan  
Destinasi Wisata Air Terjun Kanto Lampo yang Tersembunyi di Bali
Destinasi Wisata Air Terjun Kanto Lampo yang Tersembunyi di Bali | pinterest

DEPOSTBALI – Bali memiliki destinasi wisata dengan kebudayaan yang masih melekat di masyarakatnya. Sehingga membuat wisatawan tidak bosan untuk berkunjung ke Bali. Destinasi wisata yang paling populer hingga yang tersembunyi sama saja memiliki keindahan yang luar biasa.

Salah satu destinasi wisata di Bali yang tersembunyi yakni air terjun kanto lampo. Destinasi wisata ini menyuguhkan sejuknya air terjun dan udara yang masih asri. Keadaan alam yang masih terjaga membuat air terjun ini di kelilingi oleh tumbuhan.

Air terjun kanto lampo sendiri terletak di Banjar Kelod Kangin, Desa Beng, Kecamatan/Kabupaten Gianyar Bali. Keberadaan air terjun ini sudah cukup terkenal dikalangan para petualang. Hingga sudah ada beberapa petualang yang berkunjung ke sana.

Baca juga: Jimbaran Beach Bali, the Beauty of the Island of the Gods Behind the Tragedy

Baca juga: Cara Membuat Ayam Bakar Bumbu Rujak yang Cocok Sebagai Menu Menyambut Tahun Baru

Selain petualang wisatawan yang lain juga banyak berkunjung dan membuat mereka ketagihan dengan keadaan dan suasana air terjun kanto lampo. Air yang jatuh dari ketinggian 15 meter ini berasal dari dalam tanah dan juga air dari saluran irigasi.

Air terjun kanto lampo cocok sebagai tujuan untuk menenangkan pikiran ataupun melepas penat. Suasana yang tenang di tengah alam yang asri dan suara gemericik air benar-benar membuat tubuh dan pikiran relaks.

Menurut cerita masyarakat, air terjun ini terbentuk dari bendungan sumber air tanah untuk irigasi yang meluap hingga membentuk sungai. Tempat ini juga dulunya masih sangat sepi karena belum banyak wisatawan yang datang berkunjung namun setelah tahun 2015 semua berubah.

Baca juga: Fenomena Alam di Bukit Belong dengan Hamparan Sawah yang Luas

Baca juga: The beauty of Lovina Beach which is equipped with special features in it

Nama Kanto Lampo sendiri diambil dari nama sebuah pohon langka sejenis Juwet yang tumbuh di dekat air terjun. Pohon tersebut memiliki buah yang bisa berubah warna mulai dari warna hijau, kuning, oranye, hingga merah yang membuatnya begitu mencolok.

Oleh masyarakat sekitar, air terjun Kanto Lampo sering digunakan sebagai beji atau tempat pengambilan air suci dalam beberapa upacara adat. Kegiatan ini biasa disebut Mendak Toya Ning atau mencari air suci yang sering dilakukan dalam upacara Pitra Yadnya.

Baca juga: Cara Membuat Es Cincau Kopi Aren Minuman yang Menyegarkan Dahaga

Baca juga: Cara Membuat Cemilan Bola-bola Coklat dengan Cara yang Mudah

Pulau Dewata Bali memang banyak menawarkan tempat rekreasi alam dan objek wisata baru yang bisa anda kunjungi dalam agenda tour anda, sejumlah tempat rekreasi alam air terjun sekarang juga banyak yang mendadak hits dan populer. (PUT)

Editor: Putri
    Bagikan  

Berita Terkait