Berseluncur di Air Terjun, Kunjungi Indahnya Air Terjun Aling-Aling di Pulau Dewata

Wisata —Senin, 4 Jul 2022 09:40
    Bagikan  
Berseluncur di Air Terjun, Kunjungi Indahnya Air Terjun Aling-Aling di Pulau Dewata
Air Terjun Aling Aling.* (FOTO: Pinterest)


DEPOSTBALI,- Pulau Bali memiliki banyak keindahan alam. Rasanya, semua yang ada di Bali memiliki keunikan dan keindahannya tersendiri.  Banyak tempat-tempat di Bali yang wajib kita kunjungi. Keindahan Bali memang sudah terkenal di dalam maupun di luar negeri.

Pantai dengan pasir putih, berbagai pura yang memiliki cerita historis tersendiri serta keindahan alam lainnya ada di Bali. Satu hal yang juga menjadi satu keunikan Bali adalah Air Terjun Aling-Aling yang terletak di Buleleng Bali.  Air terjun Aling-aling memiliki tinggi kurang lebih 35 meter. Tidak heran kalau memiliki aliran air yang lumayan deras.

Saat memasuki area air terjun, harus membayar sejumlah uang untuk tiket masuk.  Selanjutnya, seorang pemandu wisata menemani kala mengunjungi 4 air terjun yang berdekatan dan lokasinya tidak begitu jauh.

Pengunjung menyusuri jalan setapak turunan yang tidak begitu sulit untuk dilalui. Perjalanan menyusuri jalan setapak itu sekitar 10 menit saja untuk menuju lokasi air terjun yang paling jauh.  Air Terjun Aling-Aling mempunyai ketinggian 35 meter dengan kedalaman kolam 4 meter. Hal itu membuat air terjun ini memiliki debit air yang cukup deras.

Aliran airnya terbelah menjadi dua, air terjun sebelah kanan memiliki debit air yang lebih besar dibandingkan dengan aliran air yang sebelah kiri.  Keindahan air terjun menyatu dengan keindahan alam yang masih sangat asri dan terjaga dengan baik. Membuat perasaan kita menjadi tenang dan betah berlama-lama untuk menikmati pesona Air Terjun Aling-Aling. Setiap air terjun memiliki keindahan dan keunikannya masing-masing.

Baca juga: Pilihan Lokasi Wisata di Pulau Bali yang Menawarkan Keindahan Alam

Saat mengunjungi Air Terjun Aling-Aling kita juga bisa merasakan berseluncur. Sebelum mulai berseluncur, pengunjung diberikan jaket pelampung untuk menjaga keamanan. Kemudian, guide mengajak untuk naik ke atas puncak air terjun yang jaraknya tidak terlalu jauh. Lalu, duduk tepat di pangkal aliran air terjun.  Pemandu akan memegang tubuhnya sebelum akhirnya akan mulai berseluncur di atas air terjun dengan ketinggian 12 meter.

Tidak hanya berseluncur, kita juga bisa merasakan melompat dari atas tebing dengan ketinggian yang berbeda-beda. Pertama, lompat dari atas ketinggian 5 meter lalu setelah itu bisa merasakan tantangan lain dengan melompat dari ketinggian 10 meter.

Tidak lengkap rasanya jika berlibur tanpa berfoto-foto. Tentu saja Air Terjun Aling-aling mempunyai spot foto yang menarik tidak ada duanya. Jangan lewatkan untuk berfoto dengan latar belakang air terjun dan hamparan keindahan alam lainnya yang ada.

Lokasi Air Terjun Aling-Aling berada di Jl.Raya Desa Sambangan, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali.  Harga tiket masuk seharga Rp125 ribu, sudah termasuk dengan pemandu wisata yang akan menemanimu.* (PARISAINI R ZIDANIA) 

 

Baca juga: Jonathan Christie Lolos Babak Semifinal “Malaysia Open 2022”

Editor: Zizi
    Bagikan  

Berita Terkait