Pencapaian 8 Tahun Perjalanan Serdadu Tridatu Bali United

Sepak Bola —Kamis, 16 Feb 2023 11:16
    Bagikan  
Pencapaian 8 Tahun Perjalanan Serdadu Tridatu Bali United
Pencapaian Bali United.* (FOTO: baliutd.com)

DEPOSTBALI,- Bali United bukanlah tim yang memiliki sejarah panjang sebagai tim perserikatan atau pun tim yang pernah berkontestan di liga Galatama Bali United adalah tim hasil akuisisi dari sebuah tim yang sudah ada sebelumnya yaitu Persisam Putra Samarinda yang berada di Kalimantan Timur pada akhir 2014 lalu.

Bali United pun resmi dikenalkan pada 15 Februari 2015 sebagai klub baru yang akan berkompetisi di kasta pertama liga Indonesia Awalnya klub ini ditangani oleh tangan dingin, Indra Sjafri yang namanya melambung usai sukses menghadirkan Timnas Indonesia U-19 tahun 2013.

Bersama Coach Indra dengan segudang pemain mudanya hanya mampu tampil di kompetisi Torabica Soccer Championship 2016 dengan menghuni peringkat ke-12 klasemen saat itu.  Setahun kemudian, Bali United mengikuti kompetisi Liga 1 2017 yang ditangani oleh 2 pelatih berbeda.

Pada awal putaran pertama, Coach Hans Peter Schaller sempat membentuk tim ini sebelum akhirnya dinahkodai penuh oleh Coach Widodo Cahyono Putro Skuad Serdadu Tridatu cukup sukses mengejutkan publik sepak bola Indonesia karena permainan mereka saat itu.

Bali United pun berada di urutan kedua setelah kalah head-to-head dengan Bhayangkara FC yang menjadi kampium waktu itu Seakan tidak mudah menyerah karena tahun 2018 sempat terseok-seok, Bali United sukses mendatangkan pelatih sarat pengalaman dengan prestasinya  yang membawa Persija Jakarta juara Liga 1 2018 kala itu Ya, Stefano Cugurra dipinang oleh Bali United untuk menangani Serdadu Tridatu awal tahun 2019.

Kehadiran Teco membawa berkah dan keyakinan karena prestasi perdana sukses diperoleh di tahun 2019 itu Meskipun sempat terhenti karena pandemic covid-19, nyatanya konsistensi Bali United tetap ada jelang memasuki kompetisi Liga 1 2021/2022 dan kembali meraih trofi keduanya untuk pulau dewata.

Tim Serdadu Tridatu hadir dengan usia klub yang terbilang muda menjelma menjadi tim dengan inovasi dan kreatifitas di dalam maupun di luar lapangan yang sangat luar biasa Hal ini sejalan dengan visi dan misi di awal kehadirannya pada tahun 2015 silam, dengan membuat industri sepak bola di Indonesia menjadi lebih berkembang melalui ekosistem BEYOND FOOTBALL Bukan hanya fokus kepada prestasi di dalam lapangan, melainkan juga inovasi diluar lapangan. Manajemen yang sehat menjadikan tim ini kokoh di segala lini industri sepak bola Indonesia.

Segala lini tersebut coba untuk dikembangkan mengikuti perkembangan sepak bola yang modern, mulai dari pengembangan pemain muda, basis komunitas suporter dan keuangan yang sehat melalui sektor bisnis pendukung dengan menghadirkan beragam sponsor elite didalamnya.

Baca juga: Upakara Tumpek Uye di kick-off Meeting 10th World Water Forum, Gubernur Koster Berpidato Pemuliaan Sumber Air

Bali United Cafe, Bali United Store, dan Bali United Playland yang berada di kawasan Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar adalah bukti sektor bisnis berjalan yang mengikuti kemajuan gaya sepak bola Eropa.

Tidak tertinggal, hadirnya Bali United TV, Bali United Apps, radio Bali United yang mengudara di 106.9 FM, hingga sosial media official dengan jutaan pengikutnya menjadi bukti nyata bahwa Bali United dengan sarana medianya digemari publik lapangan hijau.

Selain itu keberadaan Bali United Studio dan Bali United Agency dalam menyediakan sarana dan jasa semakin meyakinkan bila tim ini berkembang sangat pesat di usia yang masih muda Bali United pun menjadi pelopor inovasi dan kreatifitas bagi tim lainnya di Indonesia sekaligus menghadirkan sebuah tim profesional yang modern mengikuti perkembangan sepak bola masa kini Sejumlah fasilitas pendukung ikut dihadirkan seperti sarana transportasi yaitu Bus Bali United yang semakin mengenalkan Bali United kepada masyarakat luas.

Tidak cukup dengan perkembangan tersebut, pada tahun 2019 resmi menasbihkan diri menjadi tim sepak bola pertama di Indonesia yang melantai di bursa saham dengan kode "BOLA" melalui PT. Bali Bintang Sejahtera, Tbk.

Seakan ingin terus berkembang dan menjadi klub yang berbeda, Bali United menyadari perkembangan industri digital saat ini kian tumbuh berkembang.

Kehadiran teknologi blockchain dan cryptocurrency yang mampu memberikan perubahan baru dari sisi teknologi hingga investasi membuat tim ini menjadi yang pertama menghadirkan NFT yang bernama Baliverse pada tahun 2022.

Bali United kembali mencoba menjadi pelopor dan menemukan kecocokan untuk BOLA melalui crypto, NFT, DeFi dan akhirnya masuk ke metaverse. Bali United juga memiliki fan token dengan tiket $BUFC secara eksklusif di aplikasi Socios.com.

Bali United pun memastikan diri setara dengan tim-tim Eropa seperti Paris Saint-Germain (PSG), Barcelona, Valencia, Atletico de Madrid, Manchester City dan Inter Milan.

Sepanjang perkembangan tersebut, Bali United menghadirkan tema "Break The Limit" dalam peluncuran jersey terbaru mereka yang akan digunakan untuk mengarungi musim kompetisi Liga 1 2022/2023.

Break The Limit menjadi pilihan tema musim ini sebagai bentuk perjalanan Bali United yang terus melakukan inovasi dan kreatifitas untuk menembus batas dengan menghasilkan sesuatu yang luar biasa.

Manajemen yang sehat dengan inovasi dan kreatifitas tanpa batas menghasilkan prestasi yang luar biasa yaitu menjadi tim pertama di Indonesia yang berhasil meraih juara back to back champions selama dua musim yaitu musim 2019 dan musim 2022/2023.

Gelar juara Liga 1 2019 menjadi awal pembuktian kesuksesan sebuah tim yang dikelola dengan baik Meski sempat berhentinya kompetisi di musim 2020 tidak menyurutkan semangat Serdadu Tridatu.

Terbukti, tim asal pulau dewata ini kembali mempertahankan gelar juara di musim 2021/2022 sekaligus mengukir sejarah untuk pulau Bali Sejarah pertama tercipta di Liga Indonesia hadir dari pulau dewata, dimana tim usia muda seperti Bali United berhasil mencetak sejarah yang luar biasa.

Selain itu, prestasi lainnya juga mulai dihadirkan melalui prestasi Bali United Youth yang sukses menjuarai Elite Pro Academy (EPA) Liga 1 U-18 2021.

Hadirnya Bali United Women dan tim bola basket profesional pertama dari pulau dewata yang berkompetisi di ajang Indonesian Basketball League (IBL) pada tahun 2020 yang bernama Bali United Basketball Club.

Terbaru adalah tim Bali United di bidang e-sport sukses menjuarai kompetisi IFEL League 2022.  Tentu Bali United akan terus berkembang tanpa batas menghasilkan inovasi, kreatifitas hingga prestasi yang membanggakan dari Bali untuk Indonesia bahkan dunia.

Saat ini, manajemen juga sedang membangun Training Center untuk pengembangan tim agar semakin lebih baik. Pusat sarana olahraga milik pribadi ini berlokasi di Pantai Purnama, Gianyar Nantinya pusat pelatihan ini akan bernama Bali United Training Center yang memanjakan mata karena suasana sarana pelatihan ini berada di pinggir pantai Purnama.

Setelah melahirkan sejarah untuk Bali United, kini saatnya impian-impian lainnya harus terus dikembangkan, salah satunya menciptakan tim yang mampu bersaing di kompetisi Asia Selamat Ulang Tahun buat Bali United, terima kasih telah menghadirkan berbagai kisah dan prestasi sepanjang 8 tahun terakhir.

Terus berbenah 

Baca juga: Presiden Jokowi Terima Delegasi World Water Council di Istana Merdeka

Editor: Laila
    Bagikan  

Berita Terkait