Bali United Akui Keunggulan Tiga Gol Borneo FC Samarinda

Sepak Bola —Jumat, 16 Dec 2022 09:45
    Bagikan  
Bali United Akui Keunggulan Tiga Gol Borneo FC Samarinda
Bali United Vs Borneo FC.* (FOTO: Twitter @BaliUtd)

DEPOSTBALI,- Bali United harus berlapang dada menerima kekalahan menyakitkan 1-3 dari Borneo FC dalam lanjutan pekan 15 BRI Liga 1 2022/2023 hari Kamis (15/12). Tiga gol dari Borneo FC lahir berkat usaha Andy Harjito (53'), Agung Prasetyo (62'), dan Jonathan Bustos (90+5'). Sementara itu Bali United memperkecil ketinggalan dari tandukan Lerby Eliandry pada menit ke-57. Sejumlah usaha dan peluang yang diciptakan oleh masing-masing tim belum mampu membawa keunggulan sebelum turun minum.

Kedua tim belum mampu menghadirkan peluang berbahaya dalam 10 menit awal. Masih rapatnya pertahanan masing-masing tim membuat bola mentah di setengah lapangan. Borneo FC mendapat peluang dari tendangan bebas menit 12. Beruntung bola belum mampu bersambut. Tusukan yang diakhiri umpan terukur menyasar Matheus Pato mampu dipatahkan oleh Pacheco pada menit 13. Serangan balik cepat Bali United yang dimotori oleh Yabes Roni terpaksa diputus dengan pelanggaran oleh Kei Hirose pda menit 15.

Bola sepakan dari Eber Bessa mampu sampai ke daerah kotak penalti Borneo FC, tetapi belum membahayakan. Borneo FC menggempur pertahanan Bali United pada menit 19 melalui sejumlah usaha yang diakhiri sepakan Jonathan Bustos. Beruntung bola sepakannya melambung sangat jauh dari gawang Muhammad Ridho. Menit 21 Yabes Roni melepaskan sepakan first time yang terlalu lemah usai menerima umpan lambung dari Leonard Tupamahu. Kei Hirose kembali melakukan akselerasi berbahaya pada menit 28 dari sisi kanan pertahanan Bali United. Namun, umpannya masih mampu dihalau.

Leonard Tupamahu ditarik keluar pada menit 29 dan digantikan oleh Novri Setiawan. Yabes Roni melakukan tusukan dari sisi kiri dan mampu mengirim umpan ke dalam kotak penalti pada menit 36. Namun umpannya yang ditujukkan ke Lerby Eliandry masih mampu dihalau oleh Leo Guntara dan menjadikan sepak pojok untuk Bali United. Memasuki setengah babak pertama, tensi pertandingan meningkat. Muhammad Ridho melakukan penyelamatan dengan mematahkan tandukan Agung Prasetyo menyambut umpan Lilipaly dari sepak pojok menit ke-36. Prahara terjadi pada menit 41 bagi pertahanan Bali United. Diawali pergerakan Andy Harjito dari sisi kiri pertahanan, bola dikirim ke Pato. Beruntung barisan bek Serdadu Tridatu masih mampu menghalau bola.

Baca juga: Mitos Pocong Keliling Part 5

Peluit pertanda istirahat babak pertama telah ditiup. Skor sama kuat 0-0 menjadi milik Bali United dan Borneo FC. Memasuki babak kedua, Borneo FC harus bermain dengan 10 pemain usai M. Sihran mendapat kartu merah karena menjegal Novri Setiawan. Petaka datang bagi Bali United pada menit 53 usai Andy Harjito mencatatkan namanya di papan skor. Berawal dari kehilangan bola Stefano Lilipaly, dirinya mampu melepaskan sepakan keras ke gawang Muhammad Ridho.

Bali United sementara tertinggal 0-1 dari Borneo FC. Serdadu Tridatu langsung merespons cepat. Melalui tendangan bebas Eber Bessa, kiper Angga Saputro terbang mengamankan gawangnya menit 55. Sayang bola Eber Bessa masih belum mampu mengubah kedudukan. Gol balasan akhirnya lahir dari kepala Lerby Eliandry pada menit 57. Berdiri bebas, pemilik nomor 20 itu mampu menyosor bola pantul dari mistar gawang untuk menjebol gawang Angga Saputro. Skor menjadi sama kuat 1-1.

Coach Teco melakukan penyegaran dalam tim debgan memasukkan Rahmat dan Ramdani Lestaluhu untuk menggantikan Rizky Pellu dan Yabes Roni menit 59. Borneo FC kembali berbalik unggul lewat tandukan Agung Prasetyo menit 62. Dari skema sepak pojok Lilipaly, Agung mampu dengan sempurna menanduk bola dan menjebol gawang M. Ridho. Bali United 1-2 Borneo FC. Tertinggal satu gol membuat skuad Serdadu Tridatu berupaya mengejar dan meningkatkan intensitas serangan.

Menit 72 Eber Bessa mendapat bola matang umpan Privat Mbarga. Namun sayang, sepakannya membentur bek Borneo FC. Bali United kembali melakukan pergantian pemain denga memasukkan Jajang Mulyana dan Ardi Idrus menggantikan Haudi Abdillah serta Ricky Fajrin. Matheus Pato melakukan tusukan usai mendapatkan situasi satu lawan satu dengan Jajang Mulayana menit 77. Beruntung sepakannya terlalu lemah dan mampu diamankan oleh Ridho. Tidak berselang lama, gilian Angga Saputro yang melakukan penyelamatan dengan memetik bola di udara umpan Eber Bessa menit 78.

Menit 81 Bali United kembali menggempur pertahanan Borneo FC melalui tusukan Privat dan diakhiri sepakan Eber Bessa. Sayang, bola tendangan pemain asal Brasil tersebut diblok. Menjelang akhir pertandingan, Bali United mendapatkan sepak pojok. Namun sayang, Serdadu Tridatu masih belum mampu mengonversikannya menjadi gol. Petaka kembali datang bagi Bali United pada akhir injury time.

Borneo FC mendapat sepakan penalti usai Jajang Mulyana melanggar Kei Hirose di kotak terlarang. Jonathan Bustos yang maju sebagai eksekutor berhasil melaksanakan tugasnya dan membuat Borneo FC unggul 1-3. Hingga peluit panjang berbunyi, skor keunggulan untuk Pesut Etam tidak berubah. Tegakkan kepala Serdadu Tridatu! (baliutd.com)

Baca juga: Sering Muncul Jerawat Pada Punggung? Cari Tahu Penyebabnya Berikut Ini

Editor: Laila
    Bagikan  

Berita Terkait