Caecilian, Hewan Beracun yang Dianggap Sebagai Hasil dari Hubungan Gelap Ular dan Cacing

Pendidikan —Jumat, 16 Jul 2021 13:25
    Bagikan  
Caecilian, Hewan Beracun yang Dianggap Sebagai Hasil dari Hubungan Gelap Ular dan Cacing
Caecilian, Hewan Beracun yang Dianggap Sebagai Hasil dari Hubungan Gelap Ular dan Cacing (foto:pinterest)

BALI, DEPOSTBALI

Selain beragam pepohonan dan keindahan alam yang memukau. Indonesia juga memiliki beragam fauna dan flora. Salah satunya hewan yang berbisa tapi bukan ular. Hewan ini memang jarang diketahui masyarakat sekitar karena keberadaanya yang hidup di dalam tanah dan sulit ditemukan.

Hewan ini memilikI ciri-ciri hitam, kuat, dan panjang. Orang-orang mengenalnya dengan nama Caecilian. Bentuk hewan ini mirip seperti cacing tapi berbisa seperti ular. Masyarakat sekitar mempercayai bahwa hewan ini merupakan hasil dari hubungan gelap cacing dan ular.

Baca juga: Ramalan Zodiak Hari Ini 16 Juli 2021, Libra dan Sagitarius Cobalah Hingga Tercapai Semua Keinginanmu

Baca juga: Makhluk Mitologi Yang Terkenal di Kalangan Masyarakat Bali

Hewan ini memang memiliki keunikan ditubuhnya tidak seperti cacing biasa dan tidak seperti ular pada umumnya. Namun, Caecilian ini sebenarnya sudah hidup selama ratusan juta tahun di bumi. Selain bentuk tubuhnya yang unik, hewan ini memiliki keistimewaan di dalam tubuhnya.

Ada sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa hewan ini memiliki bisa yang berbahaya untuk hewan lain. Maka dari itu Caecilian merupakan amfibi vertebrata tertua yang memiliki bisa.

Baca juga: Mengenal Nama & Kasta Warga Bali

Baca juga: Desa Jatiluwih Tabanan Bali, Desa Dengan Pemandangan Sawah Yang Mempesona

Karena keberadaanya yang sulit ditemukan membuat hewan ini menjadi amfibi yang tidak terkenal. Biasanya mereka hidup di tanah dan di lumpur sungai. Caecilian sebagian besar tersebar dri daerah tropis Amerika Selatan dan Tengah, Afrika, Asia Selatan.

Mereka biasa mempertahankan hidupnya dengan memakan hewan kecil yang dihidup di tanah dan bisa untuk melumpuhkan mangsanya. Tentunya hewan ini bukanlah hasil dari hubungan gelap antara cacing dan ular.

Baca juga: Makna Kain Kotak-Kotak Hitam Putih di Bali  

Baca juga: Mengulik Sejarah dan Filosofi Sate Lilit, Masakan Khas Bali

Hewan yang memliki kemiripan seperti ular dan cacing tidak memiliki tangan, kaki, bahkan ekornya pun bisa dikatakan tidak ada. Dan ada beberapa spesies yang memiliki warna tubuh hitam putih, tapi kebanyakan hewan ini memiliki warna hitam dan tektur kulit yang halus.

Caecilian cenderung memiliki mata yang sangat kecil, yang dianggap hanya mampu mendeteksi perbedaan antara terang dan gelap. Pada beberapa spesies, matanya ditutupi oleh kulit.

Editor: Putri
    Bagikan  

Berita Terkait