Cara Memelihara Kelinci Agar Tumbuh dengan Baik

Hiburan —Senin, 14 Nov 2022 11:38
    Bagikan  
Cara Memelihara Kelinci Agar Tumbuh dengan Baik
Tips Memelihara Kkelinci.* (FOTO: Pinterest)

DEPOSTBALI,- Kelinci adalah salah satu binatang berbulu yang gemas dan banyak dipelihara di rumah oleh sebagian orang.

Umumnya, kelincir memiliki umur 5 sampai 10 tahun bahkan tak jarag umur kelinci leboh dari itu. Banyak orang memilih kelinci karena bentuknya yang berbulu lembut membuat s=semua orang gemas.

Sebelum memelihara kelinci, kamu tentu harus menyiapkan semua kebutuhan yang dibutuhkan oleh kelinci.

Simak beberapa cara untuk memelihara kelinci dirumahmu.

1. Siapkan kandang yang nyaman

Sebelum kamu memutuskan untuk memelihara kelinci, kamu terlbih dahulu harus menyiapkan kadang yang nyaman untuk kelinci. Kelinci membutuhkan banyak ruang untuk bergerak dengan mudah. Kelinci juga harus ditempatka di rungan karena kelinci tidak dapat mentolerir suhu terutama saat musim panas.

2. Memberikan makanan yang simbang dan bergizi

Makanan dari kelinci juga harus diperhatikan. Kelinci memiliki system pencernaan yang kompleks, sehingga sangat penting untuk mereka untuk mendapatkan makanan yang cocok untuk system pencernaannya. Makanan utama kelinci adalah rumput jerami, sayuran. Dengan cemilan buah-buahan dan juga pellet kelinci.

Baca juga: Niat dan Keutamaan Melaksanakan Puasa Senin Kamis

3. Penuhi asupan air

Kelinci harus memiliki persediaan air yang bersih dan cukup. Kamu harus mengganti air kelinci paling tidak sehari sekali. Air bisa disimpan di dalam mangkuk atau juga botol sipper. Jika kamu menggunakan botol sipper, pastikan kelincimu tahu cara menggunakan botol tersebut.

4. Hindari memberi makanan tertentu pada kelinci

Karena kelinci memiliki system pencernaan yang sensitive, ada sejumlah makanan yang harus di hindari. Seperti jagung, tomat, kol, kacang-kacangan, kentang, buah bit, bawang merah, kelembak, bamboo, biji-bijian dan masih banyak lainnya. Kamu juga dilarang keras memberikan makanan manusia seperti coklay, permen dan lainnya kepada kelinci.]

5. Siapkan kotak kotoran

Kamu juga harus menyiapkan kotak kotoran untuk memelihara kelinci di rumah. Kelinci memiliki kecenderungan untuk buang air kecil dan besar di satu tempat. Kamu bisa emmanfaatkan ini untuk melatih kelinci tidak buang air sembarangan. Jika kamu membebaskan kelinci berkeliaran di rumahmu, maka kamu harus menyiapkan kotak kotoran kelinci di satu tempat.

Itulah tadi 5 cara untuk memelihara kelinci di rumahmu.

Baca juga: Resep Ayam Betutu khas Bali

Editor: Laila
    Bagikan  

Berita Terkait