Perlu Kalian Ketahui, Bahwa Ada Sayuran Yang Mengandung Cacing Pita

Kesehatan —Kamis, 4 Jan 2024 15:54
    Bagikan  
Perlu Kalian Ketahui, Bahwa Ada Sayuran Yang Mengandung Cacing Pita
Pinterest : Bliss

DEPOSTBALI-, Hewan yang terkenal dengan kemampuannya membunuh adalah cacing pita. Tidak hanya hidup di daging atau tanah, cacing ini juga bisa hidup di sayur-sayuran yang biasa Anda makan. Anda pasti tahu sayuran yang mengandung cacing pita.

Mengutip dari Times of India, sayuran yang dikonsumsi mentah berpotensi mengandung cacing pita di dalamnya, hampir semua sayuran memiliki cacing yang menempel di dalamnya, namun kubis serta Kembang Kol merupakan sayuran yang menjadi sarang cacing pita paling parah.

Mereka hidup di antara lapisan kubis. Ukurannya yang sangat kecil juga sulit dilihat manusia dengan mata telanjang, sayangnya cacing pita hampir selalu mampu bertahan hidup pada suhu tinggi yang berarti tidak akan mati jika dimasak begitu juga dengan daya tahannya telur mereka.

Yang menakutkan, jika kalian mengonsumsi sayuran yang mengandung cacing pita, maka sayuran tersebut tidak akan dapat dicerna oleh tubuh kalian karena cacing tersebut menempel di dinding usus.

Baca juga: Trending di Twitter atau X, Siapa Itu Park Ahn Nice?

Hal yang paling menakutkan dari mereka adalah kemampuannya untuk mengikuti aliran darah hingga mencapai otak kalian, selama ini cacing pita berbentuk spora yang dapat melakukan hal tersebut terdapat pada daging babi dan dikenal sebagai Taenia Solium tetapi ada kemungkinan ada yang bisa menempel untuk sayuran.

Begitu berada di dalam otak, larva akan mulai mengiritasi banyak organ di sekitarnya. Dampak cacing pita pada otak bermacam-macam, mulai dari sakit kepala, kelumpuhan, hingga kejang.

Pada tahap awal biasanya akan menimbulkan sakit kepala yang cukup parah hingga epilepsi.

Cacing pita ini sangat sulit dibersihkan dari sayuran jenis tersebut. Meski sayurnya sudah matang, cacingnya tidak keluar dari air mendidih.

Satu-satunya cara untuk menghilangkan cacingan adalah dengan menambahkan Potassium Permanganate atau Kalium Permanganat. (ERF)

Baca juga: Ira Nandha, Bella Damaika, Elmer Syaherman, Discord, Perselingkuhan,

Editor: Widya
    Bagikan  

Berita Terkait