Serombotan, Makanan Mirip Urap Sayuran Khas Bali

Kuliner —Selasa, 30 Aug 2022 10:30
    Bagikan  
Serombotan, Makanan Mirip Urap Sayuran Khas Bali
Serombotan, Makanan Khas Bali.* (FOTO: Pinterest)

DEPOSTBALI,- Makanan khas Bali tepatnya berasal dari daerah Klungkung ini memiliki bentuk hampir mirip dengan urap sayur.  Serombotan menggunakan berbagai macam sayuran seperti, angkung, tauge, kacang panjang, bayam, terong bulat, dan pare.

Salah satu makanan halal dari Bali ini disajikan dengan cara merebus berbagai macam sayuran tadi.  Tetapi ada juga yang tidak ikut direbus yaitu terong bulat.  Kemudian ditambahkan sambal.  Ada dua sambal yang digunakan yaitu sambal nyuh.  Sambal ini terbuat dari bawang putih, terasi, cabai, dan gula Bali yang dihaluskan.  Kemudian dicampur dengan parutan kelapa tua yang sudah disangrai sebelumnya.

Lalu ada sambal unyah sere limo adalah bumbu yang dibuat dari campuran garam, cabai, terasi, dan perasan jeruk purut. Kedua sambal itu dicampur dengan sambal kacang yang terbuat dari kacang tanah tumbuk, bawang putih, garam, cabai dan gula.

Baca juga: MTV Video Music Awards 2022, Blackpink Tampil Swag!

Serombotan, Makanan Khas Bali.* (FOTO: Pinterest) 

Kemudian yang jangan terlupakan adalah kelapa parut yang sudah disangrai.  Lalu kacang hijau goreng renyah yang menjadi pelengkap dan penambah tekstur kriuk serombotan.

Tambahan sambal kacang membuat Serombotan ini terlihat mirip pecel. Akan tetapi serombotan menggunakan campuran berbagai macam bumbu.  Juga menggunakan taburan kelapa parut yang disangrai dan kacang hijau goreng yang menjadi pembedanya

Dengan berbagai sayuran membuat serombotan memiliki cita rasa yang menyehatkan dan menyegarkan.  Bagi vegetarian cocok untuk mencoba serombotan ini. Oh iya jika dirasa kurang mengenyangkan, bisa menambahkan nasi atau ketupat yang memang cocok untuk dimakan bersama serombotan.* (RENALDI)

Baca juga: Persija Lawan Arema, Macan Kemayoran Unggul

 

 

Editor: Siska
    Bagikan  

Berita Terkait