Simak ! Penyebab Gagal Ginjal dan Cara Mengobatinya

Kesehatan —Selasa, 7 Feb 2023 14:27
    Bagikan  
Simak ! Penyebab Gagal Ginjal dan Cara Mengobatinya
Penyebab Gagal Ginjal.* (FOTO: Ilustrasi Pinterest)

DEPOSTBALI,- Ginjal adalah sepasang organ yang letaknya terdapat di area punggung bawah tubuh. Organ ini berperan penting dalam membuang racun ataupun limbah dari dalam tubuh. Jika fungsi ginjal terganggu, tentunya ginjal tak dapat menyaring limbah atau racun dengan baik. Sehingga, terjadilah penyakit gagal ginjal.

Gagal ginjal merupakan kondisi kesehatan yang mana salah satu atau kedua ginjal dalam tubuh tidak dapat bekerja dengan baik. Penyakit ini terkadang bisa bersifat sementara ataupun menjadi kondisi kronis yang dapat memburuk secara perlahan.

Jika Anda memiliki gejala gagal ginjal, segera lakukan konsultasi dokter online gratis. Kondisi ini sangat perlu diatasi dengan cepat agar gagal ginjal tidak bertambah parah.

Berikut akan dijelaskan lebih lengkap mengenai penyebab, gejala, dan cara mengobati gagal ginjal.

Penyebab gagal ginjal

Terdapat dua jenis gagal ginjal yang sering Anda temui, yaitu gagal ginjal akut dan gagal ginjal kronis. Keduanya disebabkan oleh hal yang berbeda.

Penyebab dari gagal ginjal akut biasanya dikarenakan oleh beberapa hal yang mengarah pada kerusakan ginjal. Contohnya seperti dehidrasi, kehilangan banyak darah saat menjalani operasi besar atau cedera, hingga penggunaan obat-obatan.

Sedangkan pada penyakit gagal ginjal kronis, biasa disebabkan oleh penyakit jangka panjang. Contohnya seperti diabetes ataupun hipertensi (darah tinggi). Penyakit jangka panjang tersebut secara perlahan akan merusak fungsi ginjal.

Baca juga: Harga dan Spesifikasi Oppo Reno 8 T dengan Kapasitas Baterai Sangat Kuat


Berikut beberapa penyebab yang juga dapat menyebabkan penyakit gagal ginjal akut maupun kronis:

 Penyebab gagal ginjal akut

  • Mengalami cedera yang parah pada ginjal
  • Mengalami pengurangan aliran darah pada ginjal (bisa karena pendarahan, dehidrasi berat, dan juga syok)
  • Menderita penyakit tertentu seperti infeksi ginjal, glomerulonefritis, penyakit jantung, gagal hati, batu ginjal, dan kanker ginjal
  • Mengalami komplikasi hipertensi karena tidak diobati
  • Memiliki alergi yang parah atau anafilaksis
  • Mengalami infeksi parah seperti sepsis

Penyebab gagal ginjal kronis

  • Memiliki penyakit diabetes atau hipertensi yang tidak terkontrol
  • Menderita penyakit autoimun
  • Mengalami gangguan pada prostat
  • Memiliki keluarga dengan riwayat penyakit ginjal
  • Obesitas
  • Kebiasaan merokok

Gejala gagal ginjal

Terdapat beberapa gejala gagal ginjal yang biasanya muncul. Berikut beberapa di antaranya:

1. Mengalami sesak napasPusing hingga sulit untuk berpikir

2. Adanya pembengkakkan pada tangan, kaki, hingga wajah

3. Memiliki gula darah dan tekanan darah yang tinggi

4. Urin berbusa dan berwarna gelap

5. Terasa gatal dan kasar pada kulit

6. Merasa lelah setiap saat

7. Mengalami nyeri pada punggung bagian bawah

Saat Anda merasakan munculnya gejala seperti yang sudah dijelaskan di atas, Anda perlu sesegera mungkin memeriksakan diri ke dokter. Penanganan yang cepat dapat mencegah kerusakan ginjal yang lebih parah.

Saat ginjal sudah tidak bisa berfungsi sama sekali, Anda perlu melakukan cuci darah secara rutin atau menjalani operasi transplantasi ginjal. Hal tersebut diperlukan untuk mengembalikan fungsi dari organ ginjal.

Baca juga: Awal yang Sulit Pada Putaran Kedua Liga 1, Begini Tanggapan Pelatih Bali United

Pengobatan penderita gagal ginjal

Saat Anda menderita gagal ginjal akut, Anda akan melakukan perawatan di rumah sakit. Namun, saat gejalanya sudah dirasa membaik, Anda akan diperbolehkan untuk melakukan rawat jalan dengan tetap menjalankan beberapa hal. Berikut selengkapnya:

  • Tetap melakukan konsultasi dengan dokter ahli urologi dan juga ahli ginjal
  • Memperbanyak konsumsi air mineral agar Anda terhindar dari dehidrasi
  • Mengobati infeksi penyebab gagal ginjal akut
  • Menjalani tes darah demi memonitor tingkat kreatinin dan garam
  • Disarankan untuk menghentikan segala jenis pengobatan yang dapat menyebabkan gagal ginjal akut

Lakukan perawatan di rumah sakit bila terjadi penyumbatan urine. Selain itu, Anda juga perlu menjalani perawatan di rumah sakit bila kondisi sudah semakin parah. Terutama bila sudah mengalami komplikasi.

Komplikasi dari gagal ginjal

Gagal ginjal yang tidak diatasi dengan baik dapat menyebabkan komplikasi yang serius. Berikut beberapa komplikasi yang mungkin terjadi:

  • Retensi Cairan

Komplikasi ini terjadi ketika ginjal tidak dapat menyaring air dengan memadai dari darah. Tubuh akan mengalami retensi cairan, terutama pada bagian bawah tubuh.

  • Hiperkalemia

Hiperkalemia juga disebut dengan peningkatan kadar kalium. Jika kondisi hiperkalemia ini cukup parah, berpotensi dapat menyebabkan gagal jantung

  • Anemia

Saat ginjal tidak berfungsi dengan baik, tubuh juga tidak dapat membuat sel darah merah dengan baik. Kondisi ini dapat menyebabkan penderitanya mengalami anemia.

  • Kelemahan tulang

Fungsi ginjal yang tidak optimal juga dapat mengganggu keseimbangan mineral dalam tubuh seperti kalsium dan juga fosfor. Sehingga, kondisi ini lama-kelamaan akan membuat tulang jadi melemah.

  • Asidosis Metabolik

Kondisi ini terjadi saat cairan tubuh pada penderita gagal ginjal mengandung banyak asam. Asidosis Metabolik ini dapat menyebabkan penderitanya mengalami komplikasi seperti batu ginjal maupun penyakit tulang.

  • Komplikasi sekunder

Komplikasi ini sangat umum terjadi pada penderita gagal ginjal. Contohnya seperti depresi, penumpukan cairan di paru-paru, kerusakan saraf, gagal hati, dan lain-lain.

Mencegah terjadinya gagal ginjal

Tentunya tidak ada yang menginginkan dirinya mengalami sakit gagal ginjal. Oleh karena itu, ada beberapa upaya yang bisa dilakukan agar terhindari dari penyakit gagal ginjal. Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah penyakit gagal ginjal:

  • Tidak sembarangan saat mengonsumsi obat. Tidak sembarangan ini berarti menggunakan obat sesuai dengan dosis yang telah tertera pada kemasan obat. Lebih amannya, Anda bisa melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi obat.
  • Dalam mengonsumsi obat yang telah diresepkan oleh dokter, pastikan untuk mengonsumsinya sesuai dengan yang telah dianjurkan oleh dokter. Dilarang menambahkan atau mengurangi dosis tanpa berdiskusi dengan dokter sebelumnya.
  • Jika memiliki riwayat gagal ginjal pada keluarga, Anda bisa melakukan konsultasi dengan dokter agar bisa mencegah terjadinya gagal ginjal.
  • Mengelola serta menjaga kondisi kesehatan saat ini. Jika Anda mengidap diabetes, maka lakukanlah pengobatan diabetes dengan baik.
  • Menjalankan gaya hidup yang sehat. Lakukan olahraga secara rutin dan menjaga pola makan yang sehat dapat membantu Anda terhindar dari berbagai penyakit termasuk gagal ginjal.

Itulah penjelasan mengenai gagal ginjal mulai dari penyebab hingga pencegahan. Lakukan gaya hidup sehat agar terhindar dari berbagai jenis penyakit. (RA)

Baca juga: Pelantikan Panwaslu Kelurahan se-Kota Denpasar Dihadiri Langsung Oleh Wawali Arya Wibawa

Editor: Laila
    Bagikan  

Berita Terkait