Ini Dia Perkembangan Roti di Indonesia

Pendidikan —Rabu, 16 Nov 2022 14:08
    Bagikan  
Ini Dia Perkembangan Roti di Indonesia
Ini Dia Perkembangan Roti di Indonesia.* (FOTO: Pinterest)

DEPOSTBALI,- Roti adalah makanan pokok yang dibuat dengan campuran terigu dan ragi. Roti berkembang dari sejak Belanda menduduki wilayah Indonesia dan berkembang hingga sekarang.

Roti di Indonesia sudah ada sejak Belanda menduduki Indonesia sekitar tahun 1930. Budaya makan roti biasanya dilakukan oleh orang barat dan mulai dikenalkan pada pribumi dengan cara diperjualbelikan. Pada saat itu, roti masih memiliki tekstur yang agak keras dan kasar.

Tahun 1950, citarasa roti sudah lebih gurih dengan aroma yang lebih enak karena mulai digunakan mentega. Tapi hasilnya masih padat dan kurang mengembang karena mereka membuat roti dengan cara dikembangkan dalam suhu ruang dan ditutupi dengan lap basah.

Baca juga: Resep Minuman Segar Es Cincau Kopi Aren

Hingga pada tahun 1970-an, roti diisi dengan keju parut atau roti seperti long john (roti goreng berbentuk panjang dengan isian butter dan taburan keju) yang diperkenalkan ke public hingga saat ini.

Di masa sekarang, banyak sekali modifikasi roti dari berbagai negara yang sudah masuk ke Indonesia dengan rasa dan tekstur yang bervariasi. Keanekaragaman tepung yang digunakan dan juga dengan teknik pembuatan yang berbeda dan juga lebih modern.

Dengan kemajuan teknologi, banyak roti-roti yang berasal dari Hongkong, Amerika, Taiwan dan Prancis. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya bakery asing yang membuka gerainya di Indonesia.

Kalau kamu, suka roti yang gimana nih?

Baca juga: Kulit Sayuran Mengandung Banyak Manfaat untuk Kesehatan Tubuh

Editor: Laila
    Bagikan  

Berita Terkait