Berlibur ke Bali, Wajib Makan di Warung Makan Legendaris Berikut Ini

Kuliner —Senin, 5 Sep 2022 16:01
    Bagikan  
Berlibur ke Bali, Wajib Makan di Warung Makan Legendaris Berikut Ini
Sumber: pixabay.com/oktavianus-k-a

Berlibur adalah kegiatan menyenangkan yang selalu ditunggu oleh banyak orang. Liburan biasanya dilakukan dengan mengunjungi tempat baru dengan tujuan bersantai atau bersenang-senang. Kegiatan yang dilakukan saat berlibur juga bermacam-macam mulai dari mengunjungi lokasi dengan pemandangan indah, berbelanja bahkan wisata kuliner.

Bali sebagai salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia tentu saja menyimpan banyak sekali tempat wisata di dalamnya, mulai dari wisata alam, budaya, dan kuliner. Oleh karena itu, banyak wisatawan yang tidak pernah bosan untuk selalu kembali berlibur ke Bali.

Dengan berbagai aktivitas berlibur yang bisa dilakukan di Bali, salah satu hal yang harus dilakukan oleh para wisatawan tentu saja mencicipi berbagai kuliner khas Bali. Namun, terkadang wisatawan bisa merasa kebingungan karena ada banyak sekali tempat makan yang enak di Bali. Dalam kondisi ini biasanya para wisatawan akan mencari informasi melalui iPhone atau OPPO Reno yang dimiliki.

Lewat artikel ini, kami akan merangkum beberapa tempat makan legendaris yang ada di Bali agar dapat membantu kalian mencari tempat makan yang enak. Tidak hanya menawarkan makanan yang enak, tempat-tempat berikut ini juga akan menawarkan cita rasa kuliner khas Bali yang otentik. Oleh karena itu, mari simak ulasan berikut ini.

Baca juga: Sinopsis Drama Korea Good Job Episode 2, Simak Kisahnya

1.      Ayam Betutu Men Tempeh, Gilimanuk

Salah satu makanan khas yang terkenal dari Bali adalah ayam betutu, yaitu ayam panggang utuh yang diberi bumbu betutu atau bumbu khas yang berisi campuran berbagai rempah-rempah. Ayam betutu sendiri sebenarnya sudah cukup mudah untuk ditemukan di luar Bali bahkan resepnya pun gampang ditemukan. Meskipun begitu, tetap saja ayam betutu yang asli di Bali memiliki cita rasa khasnya sendiri.

Dari sekian banyak warung makan yang menghadirkan menu ayam betutu, salah satu yang legendaris adalah Ayam Betutu Men Tempeh yang berada di Gilimanuk. Warung makan yang telah berjualan dari tahun 1978 ini tentu saja membawa peran besar dalam mengenalkan cita rasa ayam betutu ke seluruh Indonesia bahkan dunia.

Untuk kalian para wisatawan yang berkunjung ke Bali melalui Pelabuhan Gilimanuk, sangat direkomendasikan untuk dapat mampir ke warung satu ini. Kalian dapat langsung menuju Jl. Rajawali, Gilimanuk, Kec. Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali. Agar tidak salah memasuki restoran, kalian harus tahu bahwa Ayam Betutu Men Tempeh yang asli adalah yang memasang patung sang pendiri di bagian depan restoran.

2.      Warung Nasi Bali Men Weti

Warung yang satu ini cukup terkenal di Bali karena selain sudah berdiri sejak tahun 1970, nasi campur yang disajikan juga memiliki rasa sambal yang khas. Dengan menawarkan berbagai variasi lauk, para konsumen tidak perlu bingung untuk memilih lauk yang mana karena semuanya sudah pasti enak.

Dengan bentuk bangunan yang sederhana, ternyata Warung Nasi Bali Men Weti ini selalu ramai pengunjung baik dari wisatawan lokal maupun asing. Hal ini dapat membuktikan bahwa rasa nasi campur bali di warung ini memang memiliki ciri khasnya sendiri.

Bagi para wisatawan yang penasaran mencoba nasi campur khas warung ini, bisa langsung menuju Jl. Letda Reta No.52, Dangin Puri Klod, Kec. Denpasar Tim., Kota Denpasar. Warung ini mulai melayani pelanggan dari pukul 08.00 WITA sampai pukul 15.00 WITA, tetapi disarankan untuk datang lebih pagi karena biasanya antrean sudah dimulai dari sejam sebelum warung buka.

Baca juga: Ada Kisah di Balik Nama Sirkuit Internasional Mandalika, Ada yang Tahu?

3.      Warung Mak Beng

Berlokasi di pinggir Pantai Sanur membuat warung yang satu ini memiliki posisi yang strategis. Sebabnya, setelah menikmati makanan yang nikmat, pengunjung bisa berjalan kaki untuk menikmati pemandangan pantai sembari berolahraga.

Warung yang sudah buka dari tahun 1940-an ini memang sudah terkenal di berbagai kalangan. Tidak hanya terkenal karena makanannya yang enak, warung ini juga cukup unik karena hanya menyajikan satu set menu, yaitu satu set nasi dengan ikan goreng, sup kepala ikan, dan sambal.

Yang konon membuat warung ini sangat terkenal adalah rasa sambalnya yang sangat cocok dengan lauk yang disajikan dengan rasa yang tidak dapat ditemukan di tempat lainnya. Bagi kalian yang ingin berkunjung dapat langsung menuju Jalan Hang Tuah No.45, Sanur Kaja, Denpasar Selatan, Jl. Hang Tuah No.51, Sanur Kaja, Denpasar Selatan, Kota Denpasar.

4.      Sate Plecing Arjuna

Sumber: pixabay.com/feelgoodpics

Baca juga: Bikin Terbayang-bayang, 7 Adegan Film Pengabdi Setan 2: Communion Paling Menyeramkan

Sate adalah salah satu makanan yang umum di Indonesia. Namun, ada sate dengan bumbu khas yang dapat ditemukan di Bali, yaitu sate plecing. Sate yang dilumuri sambal plecing ini tentu saja memiliki rasa yang khas dan berbeda dari sate yang dapat ditemui di daerah lain di Indonesia.

Warung Sate Plecing Arjuna adalah satu dari sekian banyak tempat yang menjual sate tersebut. Warung ini sudah terkenal di berbagai kalangan dan selalu ramai pengunjung. Sebagai informasi tambahan, tempat ini belum resmi bersertifikat halal karena masih tersedia sate babi dalam pilihan menunya. Walaupun begitu, terdapat variasi sate sapi bagi kalian yang tidak bisa mengonsumsi daging babi.

Bagi yang penasaran ingin mencicipi rasa sate plecing ini, bisa langsung mengunjungi warung tersebut yang berlokasi di Jl. Arjuna No.47, Dauh Puri Kaja, Kec. Denpasar Utara, Kota Denpasar. Meski begitu, tempat makan yang tersedia memang cukup sempit, jadi sebaiknya pengunjung membungkus makanan agar dapat menikmati makanan dengan lebih nyaman.

 

Bali tidak hanya memiliki wisata alam yang indah, jadi cukup disayangkan untuk para wisatawan yang melewatkan kesempatan untuk mencicipi berbagai kuliner lezat di pulau ini. Oleh karena itu, wisatawan sangat dianjurkan untuk mengunjungi setidaknya salah satu dari warung makan legendaris di atas untuk dapat menikmati pengalaman berlibur di Bali yang sesungguhnya. Selamat berlibur!

Baca juga: Pantai Tanjung Benoa, Surganya Olahraga Air

Editor: Siska
    Bagikan  

Berita Terkait