Kisah Dibalik Keindahan Tirta Gangga di Bali

Wisata —Sabtu, 25 Jun 2022 13:04
    Bagikan  
Kisah Dibalik Keindahan Tirta Gangga di Bali
Kolam Tirta Gangga Bai. *(FOTO: Pinterest)


DEPOSTBALI,- Tirta Gangga dulunya adalah taman air milik Kerajaan Karangasem yang dibangun oleh Raja Karangasem Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem Agung pada tahun 1946. Tirta Gangga berasal dari kata “Tirta” yang artinya air suci dan kata “Gangga” yang artinya adalah sebuah nama sungai suci di India. Taman wisata ini  memiliki arti yang suci yang berasal dari Sungai Gangga dan juga sebagai bentuk penghormatan kepada masyarakat pemeluk agama Hindu.

Tirta Gangga berada di lahan seluas  1,2 hektar, memanjang dari timur ke barat di kawasan pesawahan. Terdapat 3 bangunan yang mendominasi karakter dari Tirta Gangga yaitu patung, bangunan kolam dan areal perkebunan. Semua bangunan di tempat ini memilki makna yang tersirat di dalamnya.

Kondisi alam di Tirta Gangga sangat sejuk hal ini karena letaknya di kaki Gunung Agung. Keasrian dan kesejukan ini yang membuat para wisatawan nyaman dan betah berlama-lama di Tirta Gangga. Suasana tenang dan damai, cocok untuk melepas penat dan lelah dari aktivitas sehari-hari.

Di gerbang pertama, terdapat patung yang berbaris rapi. Kita bisa menyusuri kolam dengan berjalan kaki di atas kolam melalui jalan setapak dari susunan bebatuan layaknya jembatan.

Baca juga: “Bukan Cinderella”, Ini Sinopsisnya

Terdapat menara air setinggi 10 meter tidak jauh dari kolam. Menara air ini bentuknya berundak-undak seperti atap pura. Air yang terdapat di Tirta Gangga berasal dari sumber air yang dianggap suci untuk kegiatan upacara adat masyarakat setempat.

Selain dari kolam suci, ada juga kolam renang khusus untuk wisatawan, dengan air yang jernih dan segar. Jika ingin berenang di kolam ini, harus membayar sejumlah uang. Kolam renang untuk anak-anak berbeda dengan kolam orang dewasa karena memiliki kedalaman yang berbeda. Kalau kamu mau berenang, jangan lupa membawa baju ganti dan peralatan mandi.

Setelah lelah berenang dan menikmati keindahan alam di lokasi Tirta Gangga, kita bisa makan di restoran yang terletak di Kawasan Tirta Gangga. Kita juga bisa sekalian membeli souvenir untuk oleh-oleh.

Taman Wisata Tirta Gangga berada di Desa Ababi, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem. Lokasinya sekitar 5 KM sebelah utara dari pusat Kota Amlapura. Kalau dari Kuta, berjarak kurang lebih 75 KM dengan waktu tempuh 2 jam perjalanan.* (PARISAINI R ZIDANIA)

Baca juga: Program Kartu Prakerja Berikan Banyak Manfaat

 

Editor: Zizi
    Bagikan  

Berita Terkait