Indonesia Alami Penurunan Peringkat FIFA Setelah Lawan Burundi

Sepak Bola —Rabu, 29 Mar 2023 09:50
    Bagikan  
Indonesia Alami Penurunan Peringkat FIFA Setelah Lawan Burundi
Rangking FIFA timnas Indonesia setelah ditahan Burundi 2-2 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, pada Selasa (28/3/2023) menurut football-ranking.com

DEPOSTBALI,-  Timnas Indonesia harus mengalami penurunan peringkat FIFA usai ditahan imbang 2-2 oleh Burundi. Duel berlangsung di Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi, Selasa 28 Maret 2023.

Dua gol Indonesia dicetak oleh Witan Sulaeman pada menit ke-61 dan Jordi Amat pada menit ke-90+4'.

Sedangkan gol Burundi dicetak oleh Berahino Saido pada menit ke-80 dan Abedi Bigirimana pada menit ke-90.

Hasil itu berbeda dengan pertemuan pertama saat pasukan Merah Putih berhasil menang 3-1 atas Burundi di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, pada Sabtu, 25 Maret 2023.

Dalam laga yang dipimpin oleh wasit Razlan Jofri bin Ali, dimulai dengan permainan cepat dan ambisius dari Indonesia dan Burundi.

Bahkan, Burundi berusaha menyetak gol lebih dulu, supaya bisa membalas kekalahan dalam laga pertama.

Tekanan dari Burundi membuat pemain belakang Merah Putih harus bekerja keras, menyapu setiap bola yang berusaha masuk ke gawang Indonesia.

Sementara, Indonesia juga lakukan serangan dan tekanan dengan mengandalkan umpan-umpan cepat dan panjang mengarah ke pertahanan Burundi.

Namun, pemain belakang Les Hirondelles, julukan Timnas Burundi, masih belum bisa ditembus. Sehingga, sejumlah peluang yang didapat belum bisa berbuah gol untuk skuad Garuda.

Hingga babak pertama berakhir belum ada gol yang tercipta, sehingga pertandingan di babak awal berakhir dengan skor imbang tanpa gol 0-0.

Di babak kedua, permainan kedua kesebelasan, tidak jauh berbeda. Indonesia dan Burundi sama-sama menampilkan permainan cepat, karena sama-sama ingin memecah kebuntuan, dalam menyetak gol.

Baca juga: Xiaomi Pad 5 Turun Harga? Cari Tahu Kebenarannya Beriku Ini

Bahkan, Burundi berusaha menyetak gol lebih dulu dengan lakukan serangan dan tekanan terus menerus.

Hal itu membuat pemain belakang dan kiper Indonesia harus bekerja keras mengalau bola-bola dari tim asuhan Etienne Ndayiragije.

Beruntung, Indonesia bisa mencetak gol lebih dahulu lewat sepakan Witan Sulaeman pada menit ke-61.

Witan berhasil membobol gawang Burundi yang dijaga Onesime Rukundo setelah mendapat umpan silang dari Dendy Sulistyawan.

Skor pun menjadi 1-0 untuk keunggulan Indonesia. Unggul satu gol membuat Marc Klok dan kawan-kawan semakin percaya diri dalam melakukan serangan-serangan ke lini belakang Burundi.

Hal yang tidak jauh berbeda juga dilakukan Burundi dengan sejumlah percobaan serangan lewat pergerakan yang cepat, namun Nahimana Shassiri dan kawan-kawan belum mampu getarkan gawang Indonesia yang dijaga Syahrul Trisna.

Setelah berusaha keras, akhirnya Burundi berhasil mengimbangi kedudukan menjadi 1-1 lewat tandukan kepala dari Berahino Saido pada menit ke-80.

Jelang akhir babak kedua, jual beli serangan dari Indonesia dan Burundi terjadi, sehingga permainan berlangsung lebih ketat dan sengit.

Bahkan Syahrul Trisna harus jatuh bangun untuk mengalau bola-bola tajam dari pemain Burundi.

Burundi berhasil menggandakan skor menjadi 2-1 lewat sundulan dari Abedi Bigirimana pada menit ke-90.

Indonesia sukses membalikkan kedudukan menjadi imbang 2-2 lewat sundulan dari Jordi Amat di menit ke-90+4'. Babak kedua pun berakhir imbang 2-2.

Turun Peringkat

Hasil imbang ini sejatinya membuat tim asuhan Shin tae-yong mendapatkan tambahan poin. Tepatnya, Indonesia memperoleh poin tambahan sebanyak 6,67.

Hanya saja, tambahan poin tersebut belum mampu membuat timnas Indonesia mempertahankan posisinya.

Dilansir dari Football-ranking, posisi timnas Indonesia turun keperingkat 152 ranking FIFA. Timnas Indonesia sekarang tercatat mempunyai 1.040,57 poin.

Poin timnas Indonesia disusul oleh Republik Dominika. Karena, berhasil mengalahkan Belize dengan skor 2-0 di hari yang sama. Kemenangan ini membuat Republik Dominika ketambahan 10,57 poin dan sekarang mengumpulkan 1.042,43. (Aris)

Baca juga: Bali United Sukses Raih Kemenangan Atas Arema Fc Usai Kehilangan Satu Pemain di Awal Babak Kedua

Editor: Laila
    Bagikan  

Berita Terkait