STY Tegaskan Ada Rotasi Pemain Timnas Indonesia,Leg 2 Kualifikasi Piala Dunia 2026

Sepak Bola —Selasa, 17 Oct 2023 10:56
    Bagikan  
STY Tegaskan Ada Rotasi Pemain Timnas Indonesia,Leg 2 Kualifikasi Piala Dunia 2026
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong pada sesi jumpa pers jelang pertandingan. (Foto : laman pssi

DEPOSTBALI-, Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menargetkan melanjutkan kemenangan telak atas Brunei Darussalam pada laga tandang leg kedua kualifikasi Piala Dunia 2026, di Stadion Hassanah Bolkiah National, Selasa 17 Oktober 2023 pukul 19.15 WIB. Laga disiarkan langsung oleh RCTI.

“Kami dalam kondisi yang bagus dan fit. Kami akan melakukan yang terbaik untuk para pendukung di Indonesia, ataupun yang ada di Brunei,” katanya, Senin 16 Oktober 2023 sebagaimana dikutip dari laman resmi federasi.

Pada laga kandang leg pertama di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta, Kamis 12 Oktober 2023 lalu. Timnas Indonesia menang telak 6-0 atas Brunei.

STY, panggilan untuk Shin Tae-yong mengatakan, hal yang alami di sepakbola adalah bisa mencetak banyak gol atau tidak. Itu juga berlaku untuk pertandingan kontra Brunei Darussalam. “Kami akan melakukan yang terbaik, tapi sebenarnya kami fokus di pertandingan grup di bulan November nanti. Kita akan melakukan pertandingan yang kita inginkan besok,” katanya.

Untuk melanjutkan pesta gol pada laga tandang leg kedua besok, STY tegaskan akan ada rotasi pemain, dan taktik yang tidak begitu banyak.

Tak hanya itu, STY juga mengungkap, Brunei memang menunjukkan upaya yang hebat pada laga leg pertama di SUGBK Jakarta Indonesia kemarin. Tetapi sejujurnya timnas Indonesia punya tim yang lebih baik dari Brunei.

Baca juga: Setelah Palestina Merdeka Akan Terjadi Kiamat?, Simak Penjelasannya

“Saya berharap Brunei dapat menunjukkan upaya yang lebih baik lagi di laga kedua, dengan begitu kami juga akan menyesuaikan permainan mereka dengan bermain lebih baik lagi dan bekerja lebih keras lagi,” ungkapnya.

Sementara itu, Marc Klok menambahkan, Garuda meski mengantongi kemenangan telak pada laga leg pertama tetapi Indonsia terindikasi tidak bermain bertahan.

“Kita latihan sedikit taktikal untuk game plan lawan Brunei, mereka sangat drop di (lini) belakang, di kotak penalti, kita lihat bagaimana kita bisa menembus (ke pertahanan) mereka, bisa mencetak gol, sedikit finishing,” kata Klok.

Terkait kesempatan bermain di laga kedua, Klok sepenuhnya menyerahkan kepada pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Klok tak masalah jadi starter atau tidak.

“Kita lihat nanti, siapa yang dimainkan (sebagai starter), siapa yang tidak. Tapi saya selalu siap beroperasi seperti biasa dan kami datang ke sini untuk menang,” ujar Klok.

Menurut Klok, kemenangan atas Brunei jauh lebih penting daripada dirinya yang utama atau tidak. Pada pertemuan pertama, Klok hanya bermain di babak pertama. Dia digantikan oleh Ricky Kambuaya di awal babak kedua.

“Yang terpenting adalah tim harus main bagus, kita harus menang, itu sangat penting, siapa pun yang utama, siapa pun mencetak gol, kita lihat nanti. Yang penting kita datang untuk kemenangan, untuk negara supaya chemistry lebih baik, peringkat FIFA juga lebih baik,” ucap Klok.

Sementara itu, striker Ramadhan Sananta menyatakan siap diturunkan oleh pelatih Shin Tae-yong.

Sananta tampil apik dan menunjukkan mencetak golnya sangat tinggi padahal turun sebagai pemain pengganti. Dia bermain sejak menit 58, menggantikan Hokky Caraka.

“Tentunya saya sangat siap untuk pertandingan kedua ini di Brunei dan tentunya saya berharap setiap saya dimainkan coach Shin saya selalu 100 persen dan selalu siap,” katanya. (Aris)

Baca juga: Resep Membuat Bubur Ayam Dari Tepung Sagu

Editor: Widya
    Bagikan  

Berita Terkait