Jus Wortel Dipercaya Dapat Menyeimbangkan Kadar Gula dalam Tubuh? Ini Dia Penjelasannya

Sepak Bola —Kamis, 24 Nov 2022 10:26
    Bagikan  
Jus Wortel Dipercaya Dapat Menyeimbangkan Kadar Gula dalam Tubuh? Ini Dia Penjelasannya
Manfaat Wortel.* (FOTO: Pinterest)

DEPOSTBALI,- Wortel merupakan sayuran yang memiliki banyak kebaikan, hal ini tidak lepas dari kandungan macam zat gizi dan antioksidan dalam sayuran wortel ini. Jus wortel bisa menjadi pilihan minuman yang sehat sekaligus menyegarkan, khasiat wortel sangat melimpah bukan hanya untuk kesehat tubuh saja namun ngaruh untuk kecantikan kulit hingga mencegah penyakit kronis.

Disarankan mengonsumsi jus wortel secara rutin agar memperoleh manfaatnya dengan cepat. Banyak nutrisi yang terkandung dalam satu gelas jus menurut United States Department of Agriculture National Nutrient Database, satu gelas jus wortel umumnya mengandung:

  • 94 kalori
  • 2,24 gr protein
  • 0,35 gr lemak
  • 21,90 gr karbohidrat
  • 1,90 gr serat
  • 689 mg potassium
  • 20,1 mg vitamin C
  • 0,217 mg tiamin
  • 0,512 mg vitamin B6
  • 2,256 mikrogram (μg) vitamin A
  • 36,6 μg vitamin K

Baca juga: Mencuri Raden Saleh Berhasil Meraih Penghargaan di Festival Film Indonesia

Menurut beredarnya di media banyak sekali manfaat jus wortel bagi kesehatan, Apa saja manfaat jus wortel untuk kesehatan?

1. Memperkuat sistem imun
Wortel mengandung antioksidan yang dapat membantu tubuh melawan radikal bebas, kerusakan sel, dan peradangan. Sehingga vitamin C dalam segelas jus wortel dapat mendorong sistem kekebalan tubuh untuk dapat menangkal serangan penyakit seperti flu dan penyakit imun lainnya.

2. Menjaga kesehatan mata
Ini merupakan salah satu manfaat wortel yang paling terkenal. Wortel baik untuk menjaga kesehatan mata karena mengandung banyak vitamin A, lutein, dan zeaxanthin. Selain itu, wortel juga kaya akan antioksidan yang baik untuk kesehatan mata.
Dengan rutin mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin A, lutein, zeaxanthin, serta antioksidan, seperti wortel, Anda akan berisiko lebih rendah untuk terkena berbagai penyakit mata, seperti rabun senja (buta malam hari), katarak, dan degenerasi makula.

3. Menurunkan risiko penyakit jantung
Manfaat wortel dalam menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung bisa diperoleh berkat kandungan kalium, antioksidan, dan serat di dalam sayuran ini.
Kalium pada wortel baik untuk menjaga tekanan darah normal, sedangkan serat dan antioksidannya baik untuk mengontrol kadar kolesterol jahat (LDL) yang dapat menyumbat pembuluh darah jantung.

Baca juga: Sewu Dino Bagian 28: Lukisan dalam Balutan Palet

4. Mencegah obesitas
Apakah Anda sedang berupaya untuk diet dan mengontrol berat badan? Jika iya, coba perbanyak konsumsi wortel. Ini karena wortel mengandung sedikit kalori, tapi padat nutrisi, seperti protein, serat, air, vitamin, dan mineral. Kandungan serat pada wortel juga bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama.
Dengan begitu, nafsu makan Anda akan lebih mudah terkontrol, dan Anda pun bisa lebih mudah mengatur pola makan agar tidak mengalami obesitas.

5. Menjaga kadar gula darah tetap normal
Wortel adalah salah satu sayuran yang baik dikonsumsi untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil, baik pada pasien diabetes maupun orang yang sehat. Dengan gula darah yang terkontrol, pasien diabetes akan berisiko lebih rendah untuk mengalami komplikasi, seperti gangguan ginjal dan kerusakan saraf.

6. Selain itu, pada orang yang sehat, wortel bermanfaat untuk mencegah terjadinya resistensi insulin dan melonjaknya kadar gula darah terlalu tinggi, sehingga mereka bisa tercegah dari penyakit diabetes. Ini karena wortel mengandung serat dan antioksidan yang tinggi, tapi memiliki nilai indeks glikemik yang rendah.

Mengingat ada banyaknya manfaat jus wortel bagi tubuh, sebelum mengonsumsinya, bersihkan dan kupaslah kulit wortel dengan baik, dan masaklah hingga matang. Semoga bermanfaat (RIRIN)

Baca juga: Penanganan Gempa Cianjur Difokuskan Pencarian Korban

Editor: Laila
    Bagikan  

Berita Terkait