Cara Menjaga Kesehatan Mata

Kesehatan —Jumat, 26 Nov 2021 15:38
    Bagikan  
Cara Menjaga Kesehatan Mata
Cara Menjaga Kesehatan Mata/Pinterest

DEPOSTBALI-Mata adalah salah satu organ tubuh yang penting. Dengan mata yang sehat, kita bisa menggunakan indera pengelihatan kita dengan maksimal. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menjaga agar mata tetap sehat. Berikut ulasannya.

1. Periksa mata secara rutin
Setiap orang, mulai dari anak-anak hingga lansia disarankan untuk memeriksa mata secara rutin setidaknya selama 2 tahun sekali. Orang dewasa yang berumur 40 tahun lebih bahkan disarankan untuk memeriksa mata satu tahun sekali.

Pemeriksaan rutin ini bertujuan untuk melihat dan mencegah penyakit mata yang berkaitan dengan pertambahan usia. Dengan memeriksa mata secara rutin, dokter dapat memantau kondisi mata dan mendeteksi kerusakan atau penyakit mata sejak dini.

2. Konsumsi makanan bergizi
Untuk menjaga agar mata tetap sehat, disarankan untuk mengonsumsi makanan yang bernutrisi dan banyak mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin E, lutein, selenium dan asam lemak omega 3. Beberapa nutrisi diatas dipercaya bisa mencegah beberapa penyakit mata pada usia lanjut.

3. Hindari penggunaan gawai terlalu lama
Menatap layar komputer atau handphone terlalu lama dapat membuat mata menjadi lelah. Gejala yang dirasakan saat mata lelah adalah sakit kepala, nyeri leher, sakit pada bahu dan punggung, mata kering serta pandangan kabur.

Jika kamu bekerja di depan komputer sepanjang hari, coba istirahatkan mata dengan cara mengalihkan pandangan selama 20 detik setiap 20 menit sekali.

Baca juga: Destinasi Wisata Pantai Tanjung Tinggi Belitung, Pantai Estetis dengan Batu Granit Raksasa

Baca juga: Jaringan 5G Memiliki Koneksi yang Jauh Lebih Cepat

4. Hindari paparan sinar ultraviolet
Tak hanya permukaan kulit yang harus dilindungi dari sinar ultraviolet, tetapi mat juga harus dijaga dari paparan sinar ultraviolet karena beresiko mengalami katarak, degenerasi makula, kornea terbakar, bahkan kanker mata. Maka dari itu disarankan untuk menggunakan kaca mata hitam atau pun topi jika bepergian siang hari.

5. Hentikan kebiasaan merokok
Kebiasaan merokok dapat menyebabkan terjadinya penyakit katarak, degenerasi makula dan kerusakan saraf optik yang bisa menyebabkan kebutaan dan merusak retina mata.

6. Hati-hati saat menggunakan make-up
Make up berbentuk cairan atau krim pada umumnya sangat rentan akan pertumbuhan bakteri bila terlalu lama tidak digunakan. Oleh karena it, buang atau ganti make up kamu jika sudah lebih dari 3 bulan tidak digunakan. Hindari pula saling berbagi alat make up. Jangan lupa untuk selalu mencuci muka hingga bersih sebelum dan sesudah memakai make up.

7. Olahraga secara rutin
Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa rutin berolahraga dapat mengurangi resiko penyakit mata dan bahkan menurunkan resiko kehilangan pengelihatan akibat darah tinggi, diabetes dan kolesterol tinggi.

Selain itu, disarankan juga untuk tidak membaca di tempat yang gelap. Saat membaca jarak antara mata dan buku atau objek bacaan sekitar 25-30 cm, termasuk jika kamu sedang membaca sambil berbaring./Reg.

Dilansir dari Matajogja.com

Baca juga: Bermain Golf Hingga Berwisata Kuliner di Bali Handara Gate

Baca juga: 12 Karakter Zodiak. Apakah Tebakannya Tepat dengan Kepribadianmu?

Editor: Vera
    Bagikan  

Berita Terkait