6 Sambal Khas Bali Lezat Bikin Ketagihan

Kuliner —Senin, 14 Nov 2022 13:31
    Bagikan  
6 Sambal Khas Bali Lezat Bikin Ketagihan
Sambal Matah Khas bali.* (FOTO: Pinterest)

DEPOSTBALI,- Kamu pecinta pedas atau sambal Nusantara yang memiliki rasa khas rempah Indonesia, Bali memiliki macam-macam jenis sambal dengan bumbu dan rasa yang berbeda.

Untuk kamu yang penasarana dengan sambal-sambal khas bali dan ingin mencobaya, berikut ini Depostbali akan memberikan penuturuan tentang 6 sambal khas bali.

1. Sambal Matah

Sambal Matah paling terkenal diantara sambal-sambal khas bali, bahkan sambal matah juga sering kamu temui di daerah bali. Sambal matah terbuat dari bahan-bahan mentah ada bawang merah, cabai, bawang putih, garam, daun jeruk, sereh, jeruk limo dan diris kecil-kecil lalu disiram minyak tanah.

2. Sambal Embe

Sambal Embe adalah satu sambal khas bali yang memiliki rasa gurih dan peds, karena bahan dari sambal embe adalah bawang goreng yang di bumbui dengan cabai dan Terasi.

Baca juga: Kisah Mistis Hantu Perempuan Penunggu Pohon Jati

3. Sambal Nyuh

Samball Nyuh adalah sambal yang berbahan Bawang merah, bawang putting, cabai terasi dan garam, dan yang membuatnya special adalah dengan bahan utama kelapa yang disangrai sehingga menghasilakn rasa sambal yang gurih

4. Sambal Bongkot

Sambal Bongkot memiliki aroma khas yang tajam dan membuat segar, karena bahan dari sambal bongkot sendiri adalah bunga kecombrang yang dalam Bahasa bali adalah bongkot penggunaanya batang dan bunga kecombrang yang dicambur dengan bawang merah, putih dan jangan lupa cabai.

5. Sambal Uyah tabio

Sambal Tabio  hampir sama dengan sambal bawang goreng namun memiliki bahan-bahan bawang merah putih yang ditumis lalu di campur dengan terasi, cabai dan garam.

6. Sambal Rajang

Sambal Rajang memiliki rasa khas Jahe karena penggunaanya yang memakai Jahe, Cabaei, Bawang merah, bawang putih,  dan kunyit lalu dipotoong kecil kecil untuk kemudian di tumis . sambal ini sangat cocok untuk hidangan amis seperti ikan atau ayam bakar.

Itulah beberapa sambal khas bali yang wajib untuk kamu coba, selamat menikmati- RS

Baca juga: Cara Memelihara Kelinci Agar Tumbuh dengan Baik

Editor: Laila
    Bagikan  

Berita Terkait