Sering Cat Rambut Akan Menghentikan Kesuburan Rambut? Cari Tahu Kebenarannya Berikut Ini

Kesehatan —Senin, 13 Feb 2023 16:05
    Bagikan  
Sering Cat Rambut Akan Menghentikan Kesuburan Rambut? Cari Tahu Kebenarannya Berikut Ini
Dampak Cat Rambut.* (FOTO: Pinterest)

DEPOSTBALI,- Mewarnai rambut sudah menjadi tren yang sering dilakukan oleh banyak orang. Selain untuk mengubah penampilan agar nggak membosankan, kegiatan ini nyatanya bisa dimanfaatkan pula untuk menutupi rambut uban yang mulai bermunculan. Sehingga, kamu pun bisa tetap tampil percaya diri dan semakin bergaya.

Akan tetapi, terlalu sering melakukan kegiatan semacam ini ternyata bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh. Apalagi jika memakai cat rambut dengan kadar bahan kimia yang tinggi. Lalu, apa saja ancaman di balik warna-warni cat rambut?

1. Muncul Risiko Alergi
Kandungan paraphenylenediamine (PDD) yang terdapat di dalam pewarna rambut bisa saja memicu reaksi alergi yang umum. Meskipun sebelumnya nggak memiliki riwayat alergi, namun seseorang yang melakukan kontak langsung dengan bahan kimia tersebut bisa juga lho terkena risikonya.
Oleh karena itu, disarankan untuk memilih cat rambut dengan formula yang ringan dan memiliki kandungan bahan alami. Selain itu, perlu juga membatasi penggunaan produk ini agar nggak memberikan dampak yang lebih serius. Karena semakin sering memanfaatkan cat rambut, maka akan semakin banyak pula kerugian yang akan didapatkan.

Baca juga: Membuat Bolen Pisang Cokelat dengan Mudah

2. Rambut Jadi Mudah Rontok
Merasa rambut rontok terus-menerus? Hati-hati, siapa tahu saja itu efek samping dari sering mewarnai rambut. Pasalnya, di dalam item ini biasanya terdapat amonia dan peroksida, yang dapat merusak setiap helainya dari rambut.
Nggak hanya itu, kedua bahan kimia ini ternyata dapat membuat rambut jadi kering dan mudah patah. Alhasil, rambut bisa ‘berguguran’ dan makin menipis. Lebih buruknya lagi, jika kamu harus memutuskan untuk memotong pendek rambut tersebut agar nggak mengalami kerusakan yang berlebihan.

3. Mempengaruhi Tingkat Kesuburan
Dampak negatif lainnya yang bisa terjadi akibat sering mewarnai rambut adalah menurunnya tingkat kesuburan pada sistem reproduksi manusia Meskipun efek ini nggak akan terasa secara langsung bagi tubuh, akan tetapi ada baiknya jika menghindari pemakaian cat rambut yang berlebihan dan dalam jangka waktu yang lama. Maka dari itu, untuk perempuan yang sedang hamil atau merencanakan ingin mempunyai keturunan, sebaiknya menghindari dahulu memanfaatkan produk ini.

4. Membuat Mata Kemerahan
Ketika sedang mengaplikasikan pewarna rambut, pasti ada saja yang nggak sengaja tertumpah dan mengenai bagian tubuh lainnya. Karena itu, kamu perlu teliti dan berhati-hati agar tetesan produk ini nggak menyentuh area badan yang sensitif, salah satunya seperti mata.
Jika bahan kimia pada cat rambut sampai terkena mata, maka peradangan mungkin saja terjadi pada area tersebut. Akibatnya, mata jadi kemerahan dan menimbulkan rasa perih yang nggak tertahankan.

Itu dia beberapa bahaya dari penggunaan pewarna rambut yang berlebihan. Jika sudah mengetahuinya, lebih baik mulai membiasakan diri untuk nggak terlalu sering mencoba produk ini. Sehingga, bukan hanya rambut saja yang bisa tetap terjaga, namun kesehatan tubuh juga. Semoga bermanfaat. (RA)

Baca juga: Jelang Pekan ke-24 BRI Liga 1, Begini Komentar Pelatih Bali United

Editor: Laila
    Bagikan  

Berita Terkait