Pura Uluwatu, Destinasi Wajib di Pulau Dewata

Wisata —Senin, 27 Jun 2022 15:42
    Bagikan  
Pura Uluwatu, Destinasi Wajib di Pulau Dewata
Pura Luhur Uluwatu.*(FOTO: Pinterest)


DEPOSTBALI,- Pura Uluwatu Bali terletak di atas sebuah bukit karang dengan ketinggian 97 meter diatas permukaan laut. Pura ini memiliki status sebagai Pura Sad Kahyangan Jagat atau penyangga poros mata angin Pulau Bali.  Pura Luhur Uluwati berada di Desa Pecatu, Kecamatan Kita Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Sekitar 1 jam perjalanan dari Bandara Ngurah Rai.

Karena lokasi pura berada di atas tebing batu karang, makanya pura ini diberi nama Uluwatu.  Dalam Bahasa Sansakerta artinya adalah “puncak batu karang”. Tidak hanya dapat menikmati suasana yang sakral dan religius namun pemandangan di sekitar pura ini juga indah dan unik.

Wisatawan yang berwisata ke Pura Luhur Uluwatu dapat menyaksikan luasnya hamparan Samudera Hindia dengan ombak yang menghantam ke kaki tebing. Selain itu, kamu juga dapat menikmati indahnya pemandangan sunset tanpa adanya halangan.

Di Pura Uluwatu, kita bisa menonton pertunjukan Tari Kecak Bali. Di area Pura Luhur Uluwatu terdapat panggung yang besar. Panggung ini dipergunakan untuk pementasan Tari Kecak Bali.

Baca juga: Tayang di Netflix, “Money Heist” Versi Korea

Ada banyak tempat untuk menyaksikan Tari Kecak Bali. Namun pementasan tari kecak terbaik di Bali ada di Pura Uluwatu.  Lokasi ini menjadi tempat favorit para wisatawan karena berlatar langsung dengan sunset. Pementasan Tari Kecak Bali ini mulai pukul 18.00, sesuai dengan waktu sunset.

Kalau tidak bawa makanan, jangan khawatir karena di area ini banyak warung yang menjual makanan dan juga minuman. Selain itu, juga bisa dengan mudah menemukan banyak restoran yang menyajikan berbagai menu makanan dan minuman dengan harga yang bervariasi.

Kalau berencana untuk menginap, di sekitar lokasi wisata Pura Luhur Uluwatu juga terdapat banyak penginapan dan hotel dengan berbagai bintang juga berbagai tipe. Pura Luhur Uluwatu buka pukul 07.00 hingga 19.00.  Namun jika ingin sembahyang, maka pura ini buka selama 24 jam penuh. Fasilitas umum seperti toilet juga tersedia namun toiletnya berada di area luar pura.

Kebanyakan, para wisatawan memlih berkunjung di waktu sore hari untuk menghindari cahaya panas matahari dan mengejar waktu terbaik untuk melihat sunset. Pura Uluwatu, destinasi wajib kala di Pulau Dewata.* (PARISAINI R ZIDANIA)

Baca juga: Hadiri Summer Fashion Show, Lisa BLACKPINK dan V BTS Terlihat Bersama

Editor: Zizi
    Bagikan  

Berita Terkait