Pesona Pantai Jasri Bali dengan Warisan Budaya dan Tradisi Unik

Wisata —Selasa, 28 Dec 2021 09:35
    Bagikan  
Pesona Pantai Jasri Bali dengan Warisan Budaya dan Tradisi Unik
Pantai Jasri Objek wisata yang menyimpan warisan budaya dan tradisi unik | Pinterest

DEPOSTBALI – Menikmati wisata dengan pesona alam, pantai jasri cocok menjadi tujuannya. Objek wisata yang terletak di wilayah Bali Timur atau Karangasem ini menyajikan keindahan alam yang menyegarkan mata.

Objek wisata pantai jasri mungkin tidak sepopuler pantai-pantai lainnya yang ada di Bali. Namun, pantai jasri menyuguhkan pemandangan yang indah. Pengunungan yang ada di sekitar pantai menjadi pelengkap keindahan pantai jasri.

Baca juga: Kuliner Nusantara Nasi Bakar Ayam Kemangi dengan Rasa yang Nendang

Baca juga: Asal Usul Genggong Alat Musik Tradisional Bali dengan Mengeluarkan Bunyi yang Unik

Siapapun yang mengunjungi objek wisata tersebut akan melihat hamparan pasir yang luas dengan gemuruhnya air ombak. Serta keindahan alam yang masih asri. Semua pantai sebetulnya memiliki ciri khas yang unik termasuk di pantai jasri ini.

Selain alamnya yang cantik ada satu warisan budaya dan tradisi unik. Tradisi ini dikenal dengan sebutan ter-teran (peran api). Warisan budaya tersebut sudah turun temurun dan biasanya dilakukan setiap 2 tahun sekali.

Baca juga: Green Bowl Beach, Tour with a Green Pool on the Island of Bali

Baca juga: Film Kaget Nikah, Kisah Menikah Tanpa Rasa

Obek wisata pantai jasri mampu memberikan sensasi yang berbeda dibandingkan pantai-pantai yang lainnya. Pantai jasri memiliki nuansa alam yang lebih tenang, damai, dan masih jarang pengunjung.

Suasana yang ada di pantai jasri membuat pikiran para pengunjung menajdi lebih tenang. Ditambah dengan udaranya yang masih sejuk membuat pernafasan terasa begitu lancar.

Baca juga: Air Terjun Aling-aling, Destinasi Wisata Alam Menyegarkan di Buleleng Bali

Baca juga: Rekomendasi Warna Dinding untuk Kamar Aesthetic

Pantai jasri juga memiliki pasair yang berwarna hitam, namun tetap saja pantai jasri menawarkan tawaran lebih. Dan pantai jasri sendiri memiliki tiga bagian diantaranya, pantai Jasri Timur, pantai Menteng dan Dalem Jasri.

Pantai jasri timur biasa digunakan untuk keperluan ritual keagamaan melasti. Ritual ini merupakan sebuah upacara penyucian benda-benda yang dianggap sakral oleh umat hindu.

Baca juga: Tradisi Mejarag Ekspresi Rasa Syukur pada Sang Hyang Widhi di Pulau Bali

Baca juga: Taman Burung Bali, fasilitas, Harga Tiket dan Lokasinya

Kemudian pantai menteng digunakan oleh para nelayan untuk melaut. Maka dari itu tidak heran jika di pantai menteng terdapat beberapa perahu yang menghiasi pantai.

Sedangkan pantai dalem jasri memiliki ombak yang tinggi dan gelombang yang panjang. Pantai dalem sangat cocok bagi pengunjung yang menyukai surfing.

Baca juga: Pura Lempuyang Luhur, Sinar Tuhan yang Benderang di Pulau Dewata

Baca juga: 5 Temples on the Island of the Gods That Are Popular Tourist Destinations

Dan di pantai jasri pengunjung dapat melihat sunset dengan warna matahari terbenam yang cantik. Dilengkapi dengan air laut yang jernih.(PUT)


Editor: Putri
    Bagikan  

Berita Terkait