Indonesia Berhasil Lolos ke Piala Asia U20 Usbekistan

Sepak Bola —Selasa, 20 Sep 2022 09:34
    Bagikan  
Indonesia Berhasil Lolos ke Piala Asia U20 Usbekistan
Indonesia Berhasil Lolos ke Piala Asia U20 Usbekistan.* (FOTO: Instagram @pssi

DEPOSTBALI,- Garuda Nusantara akhirnya secara dramatis bisa mengalahkan The Golden Stars dengan selisih skor tipis 3-2. Dengan demikian, Indonesia layak masuk putaran final Piala Asia U20 2023 di Usbekistan.

Pertandingan Indonesia Vs Vietnam ini berlangsung sengit, tidak hanya terjadi jual beli serangan tetapi juga balas membalas gol. Laga tersaji di Stadion Gelora Bung Tomo, Minggu 18 September 2022, pukul 20.00 WIB.

Tiga gol yang dimasukkan tiga skuad Garuda Nusantara di babak kedua tidak terlepas dari kejelian Shin Tae-yong yang melakukan rotasi pemain.

Tiga pemain yang dia masukkan di babak kedua, menjadi kunci kemenangan Indonesia. Marselino Ferdinand, Rabbani Tasnim dan Alfriyanto Nico.

Jalannya Pertandingan

Di menit ke-5 Indonesia seharusnya sudah bisa menjebol gawang Vietnam. Tetapi kiper Cao Van Binh masih terlalu kuat. Tendangan bertubi-tubi yang dilakukan Ronaldo Kwateh dan Hokky Caraka bisa di blok, dengan mudahnya.

Laga semakin panas di menit ke-14, usai Dinh Xuan Tien melanggar Hokky Caraka. Akibatnya beberapa skuad Garuda Nusantara melakukan aksi protes, tetapi wasit hanya menghukum skuad vietnam itu dengan tendangan bebas.

Baca juga: Memecahkan Siapa Big Mouse Sebenarnya di Drama Korea Big Mouth

Setelah itu, ketegangan terus berlangsung Vietnam berusaha memancing pemain Indonesia dengan melakukan permainan keras. Akibatnya Nguyen Bao dihadiahi kartu kuning gegara tekel Ginanjar Wahyu.

Di menit ke 21, bola yang diolah kaki kaki pemain Vietnam mengancam gawang Aditya Arya Nugraha. Tetapi bola tendangan Nguyen Quoc Viet melayang tipis di atas mistar gawang.

Indonesia nyaris cetak gol di menit ke-27. Sayang, bola sundulan Hokky Caraka belum jinak gawang, meluncur tipis di sebelah gawang Cao Van Binh.

Tak ada gol tercipta hingga peluit tanda berakhirnya babak pertama ditiup. Skor antara Indonesia kontra Vietnam tetap kacamata, 0-0.

Di babak Indonesia serangan-serangan tetap masih didominasi timnas Indonesia U20. Daya gedor semakin dipacu dengan dimasukkannya Marselino Ferdinand.

Pemain baru itu yang akhirnya bisa memecah kebuntuhan, Marcelino Ferdinand mencetak gol di menit ke-60, namanya pun di papan, skor 1-0 untuk Indonesia.

Gol dilesakkan Marcelino dari luar kotak penalti, tembakan terukurnya meluncur deras ke gawang yang dijaga Cao Van Binh.

Baca juga: Ratu Elizabeth II Menjadi Pemegang Tahta Monarki Terlama

Dua menit kemudian, Vietnam nyaris menyamakan skor. Tetapi tembakan jarak dekat yang disepak Nguyen Quoc Viet, dengan mudah bisa diblok kiper Aditya Arya Nugraha.

Vietnam di menit ke-66 akhirnya bisa menyamakan skor, berkat gol bunuh diri dari kapten Muhammad Ferrari yang salah mengantisipasi umpan silang Guyen Than Nhan.

Upaya Ferarri membuang bola, justru membuat bola masuk ke gawang Aditya Nugraha. Skor imbang 1-1.

Di menit ke-79, Vietnam ungguli Indonesia, berawal dari serangan balik, Dinh Xuan Tien berhasil menceploskan bola ke gawang Aditya Arya Nugraha, dalam situasi satu lawan satu. Indonesia tertinggal, 1-2.

Tiga menit berselang, Muhammad Ferrari membalas kesalahannya dengan menjebol gawang Vietnam lewat sundulannya, di menit ke 82 menjadi 2-2.

Dua menit kemudian, tepatnya menit ke-85, Indonesia bisa kembali ungguli Vietnam lewat gol yang dilesakkan Rabbani Tasnin berkat asis dari Alfriyanto Nico.

Skor 3-2 untuk Indonesia, bertahan hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya laga. Garuda Nusantara pun lolos ke Piala Asia U20 2023. (Rosy)

Baca juga: Pantai di Nusantara dengan Mitos yang Melegenda

Editor: Laila
    Bagikan  

Berita Terkait