Indonesia Unggul atas Vietnam di Kualifikasi Piala Asia U20

Sepak Bola —Senin, 19 Sep 2022 10:22
    Bagikan  
Indonesia Unggul atas Vietnam di Kualifikasi Piala Asia U20
Persiapan yang matang membuat Indonesia unggul atas Vietnam.* (FOTO: Instagram @pssi

DEPOSTBALI,-Rapot Indonesia, tidak terkecuali Shin Tae-yong (STY), di laga kontra Vietnam jelek. Agar bisa menang di penentuan juara grup F Kualifikasi Piala Asia U20 2023. Garuda Nusantara ajarkan paket kumplit kalahkan The Young Golden Stars.

Paket kumplit yang diajarkan Shin Tae-yong di latihan terakhir jelang laga kontra Vietnam yang akan berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo Minggu 18 September 2022 pukul 20.00 WIB.

Selain diajarkan teknik mengolah si kulit bundar saat berhadap-hadapan dengan Vietnam, Garuda Nusantara juga dimatangkan kesiapan bila laga berakhir dengan tendangan di titik penalti.

Yang namanya paket kumplit, di sesi latihan terakhir itu, Shin Tae-yong juga sudah menentukan siapa siapa saja nanti yang akan turun ke kotak penalti bila laga Indonesia kontra Vietnam berakhir imbang.

Ditemui seusai latihan, Shin Tae-yong, menegaskan jika semua persiapan terus dimatangkan jelang menghadapi Vietnam. Termasuk dengan mempersiapkan eksekutor tendangan penalti.

Baca juga: Jangan Lewatkan Noktah Merah Perkawinan

Aturan ini merujuk pada regulasi Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 pada pasal 7.3. "Ingin antisipasi saja, segala sesuatunya. Saya tidak mau lepas persiapan," tegas Shin Tae-yong.

Seperti diketahui, saat melawan timnas Vietnam pada Minggu 18 September 2022, bisa saja terjadi adu penalti jika laga berakhir dengan skor imbang.

Aturan ini merujuk pada regulasi Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 pada pasal 7.3.

"Adu penalti jika hanya dua tim yang berpartisipasi masih memiliki peringkat yang sama dan telah memainkan pertandingan grup terakhir dengan melawan satu sama lain."

Timnas Indonesia U-20 memiliki rapor pertemuan yang kurang menguntungkan saat melakukan laga kontra Vietnam. Namun pertandingan ini banyak ditunggu-tunggu, karena duel dua negara ini di lapangan hijau selalu berlangsung sengit.

Salah satu hal yang paling disorot pada pertandingan ini adalah catatan buruk Shin Tae Yong, saat Indonesia berhadap-hadapan dengan Vietnam.

Baca juga: Motor Listrik Virgo Terinspirasi dari Komik Indonesia

Catatan buruk STY saat melawan Vietnam tidak jauh berbeda dengan rapor Skuad Garuda vs The Young Golden Stars di kelompok U-20, yang sebelumnya bernama U-19.

Pada Kualifikasi Piala Asia, sejak edisi November 2007 Indonesia vs Vietnam baru bertemu satu kali. Pertemuan pada 10 November 2007 silam di Ho Chi Minh City itu berujung kemenangan 2-0 untuk Indonesia.

Sisa pertemuan lain di U-19 antara Indonesia vs Vietnam banyak terjadi di level regional ASEAN (Piala AFF).

Indonesia vs Vietnam di Piala AFF U-19 tercatat tujuh kali bertemu. Dalam tujuh laga itu Indonesia hanya menang dua kali, satu kali imbang dan empat kali kalah.

'Bumbu' lain dari duel Indonesia vs Vietnam kali ini adalah momen Tim Merah Putih gagal ke semifinal Piala AFF U-19 2022. Usai imbang dengan Vietnam 0-0, Indonesia tersingkir di babak grup karena kalah head to head dari Vietnam dan Thailand.

Vietnam dan Thailand dianggap 'bermain sabun' karena sengaja mengincar hasil akhir imbang 1-1 demi menyingkirkan Indonesia. (Rosy)

Baca juga: Modernisasi Rasa Buah Khas Tanah Air Menjadi Bolu nan Lembut

Editor: Laila
    Bagikan  

Berita Terkait