Suka Ikut Perlombaan 17 Agustus? Tiap Permainan Ternyata Ada Maknanya

News —Rabu, 17 Aug 2022 13:14
    Bagikan  
Suka Ikut Perlombaan 17 Agustus? Tiap Permainan Ternyata Ada Maknanya
Aneka lomba saat 17 Agustus.* (FOTO: Pinterest)

DEPOSTBALI,- Dirgahayu 77 Tahun Indonesia!  Tidak lengkap rasanya Hari Kemerdekaan tanpa aneka perlombaan sederhana di kawasan komplek rumah.  Gelaran acara HUT Indonesia ini menjadi ajang silaturahmi dan juga dapat mempererat hubungan antarwarga. Tradisi lomba menjadi salah satu bentuk antusiasme masyarakat yang ingin merayakan dan memeriahkan perjuangan para Pahlawan. 

Mari rayakan kemerdekaan dengan cara menyenangkan.  Melansir dari berbagai sumber, Presiden pertama Indonesia adalah salah satu orang yang paling bersemangat dengan lomba 17 Agustus ini.  Akhirnya, membuat tradisi lomba 17 Agustus semakin menyebar ke seluruh tanah air. Lomba-lomba yang diadakan pun bermacam-macam.  Ada panjat pinang, tarik tambang, makan kerupuk, balap karung dan masih banyak lainnya.

Tapi, apa kamu tau kalau ternyata lomba-lomba ini bukan hanya ajang seru-seruan? Ada makna dari setiap lomba 17 agustus ini, apa saja ya?

Baca juga: Trending di Twitter, Hotman Paris Siap Bela Pegawai Alfamart

Panjat Pinang

Lomba panjat pinang juga adalah salah satu lomba yang harus dilakukan oleh tim. Di lomba ini, setiap tim harus bergotong royong memperebutkan hadiah dengan memanjat sebuah tiang.  Nantinya mengambil  beragam hadiah yang tergantung di puncaknya.  Dulunya, lomba ini diadakan sebagai hiburan dan bahan tertawaan kaum kolonial Belanda. Mereka ingin melihat masyarakat pribumi memperebutkan “barang mewah” seperti gula, keju dan pakaian.  Lomba ini menjadi simbol perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan.

Balap Karung

Lomba ini menggunakan karung bekas seperti karung goni. Para peserta harus memasukkan bagian kakinya atau setengah tubuhnya ke dalam karung, kemudian melompat-lompat hingga melewati garis finish.  Makna lomba ini adalah menyimbolkan pakaian sederhana pada zaman dahulu yang dikenakan masyarakat Indonesia.

Baca juga: Tempat Hits Terkini! Kunjungi Woobar Seminyak Bali

Makan Kerupuk

Dalam lomba ini, kerupuk menggantung di tali kemudian para peserta memakannya tanpa  menggunakan tangan. Peserta yang berhasil menghabiskan terlebih dahulu adalah pemenangnya.  Lomba makan kerupuk ternyata memiliki arti kesederhanaan karena kerupuk adalah makanan yang murah dan mudah didapat.

Tarik Tambang

Tarik tambang adalah salah satu lomba yang harus dilakukan bersama tim. Kedua tim akan saling tarik menarik tali tambang.  Perlombaan akan selesai jika salah satu tim tumbang dan tidak sanggup lagi menahan tim lawan.  Makna dari lomba ini adalah untuk memperlihatkan perjuangan pahlawan yang pada jaman dahulu dipaksa bekerja. Selain itu, lomba ini juga memiliki makna gotong royong, kebersamaan dan solidaritas masyarakat Indonesia. * (PARISAINI R ZIDANIA)

Baca juga: Bali Bird Park, Tempat Wisata Ramah Keluarga

Editor: Zizi
    Bagikan  

Berita Terkait