Ini 5 Alasan Mengapa Mendaki Gunung Bikin Ketagihan

Pendidikan —Rabu, 23 Aug 2023 11:57
    Bagikan  
Ini 5 Alasan Mengapa Mendaki Gunung Bikin Ketagihan
Mendaki gunung menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan. (Depost Network / Siska Septiani)

DEPOSBALI-, Aktivitas yang padat melelahkan di perkotaan, hiruk pikuk hiruk pikuk dan bisingnya suara kendaraan, ditambah dengan pekerjaan yang tak ada habisnya, berpotensi membuat orang menjadi mudah stres dan ingin mencari suasana segar.
Suasana alam pun bisa menjadi obat yang sangat ampuh untuk menenangkan kembali pikiran.
Mendaki gunung, kegiatan yang telah mendapatkan popularitas khususnya di kalangan anak muda masa kini semakin digandrungi tidak hanya sebatas hobi penyalur, tetapi juga untuk mencari eksistensi sekaligus jati diri.
Bagi beberapa orang, mendaki gunung adalah cara yang sangat manjur untuk menyegarkan pikiran dan fisik.
Udara yang sejuk dan jernih serta rindangnya pepohonan membuat perasaan menjadi adem.Bahkan ada juga yang sampai ketagihan untuk mendaki gunung.
Berikut beberapa alasan mengapa mendaki gunung membuat orang menjadi ketagihan:

1. Tempat yang tepat untuk menenangkan diri
Di era yang semakin modern, semua hal dituntut serba cepat dan tepat. Pekerjaan seakan tak ada habisnya, bahkan waktu 24 jam pun seakan tak cukup.
Hal inilah yang menyebabkan orang-orang menjadi mudah stres dan akibatnya tidak bisa fokus dengan pekerjaan.
Bangun di pagi hari dengan udara segar dan bersih, disertai pemandangan yang sangat memanjakan mata, sungguh membuat hati dan pikiran kembali segar.
Itulah sebabnya mengapa mendaki gunung adalah proses penyembuhan yang paling ampuh.

Baca juga: 7 Pilihan Menu Sarapan Sehat yang Enak dan Mudah

2. Menambah pengalaman
Pengalaman yang berharga tidak akan pernah bisa ditukar dengan apa pun, bahkan dengan uang sekali pun. Itulah yang akan dirasakan Eigerian saat mendaki gunung.
Cerita-cerita seru, sedih, darurat, dan lucu yang terjadi selama pendakian pasti akan tersimpan dalam kenangan. Cerita ini bisa kamu bagikan kepada teman-teman atau keluargamu kelak.

3. Mendaki gunung termasuk olahraga yang menantang
Perlu diperhatikan juga bahwa mendaki gunung adalah olahraga yang cukup berisiko dan berbahaya. Terutama ketika melakukan aktivitas ini tanpa persiapan yang matang.
Para pendaki harus memiliki ketahanan fisik yang kuat dan sehat.
Terutama bagi para pemula, disarankan untuk mendaki bersama-sama dengan pendaki lainnya yang sudah berpengalaman. Meskipun Anda akan merasakan tantangan yang luar biasa, namun menjaga keselamatan tetap adalah hal yang sangat penting. Tantangan ini memang sangat mendorong seseorang untuk terus mendaki gunung.

4. Menambah pengalaman
Pengalaman yang berharga takkan pernah bisa ditukar dengan apa pun, bahkan dengan uang sekali pun. Itulah yang akan dirasakan Eigerian saat mendaki gunung.
Cerita-cerita seru, sedih, darurat, dan lucu yang terjadi selama pendakian pasti akan tersimpan dalam kenangan. Cerita ini bisa kamu bagikan kepada teman-teman atau keluargamu kelak.

5. Membahagiakan diri
Penelitian menunjukkan bahwa mendaki gunung dapat menjadi terapi tambahan dan membantu orang yang sedang depresi berat yang disertai dengan rasa putus asa.
Bagi mereka yang tidak menderita depresi, mendaki gunung pun bisa membantu memperbaiki kondisi mental. (Siska Septiani)

Baca juga: Pentingnya Manajemen Waktu Agar Lebih Efektif, Begini Caranya!

Editor: Widya
    Bagikan  

Berita Terkait