10 Desain Mesjid Mewah dan Megah yang di Rancang Oleh Ridwan Kamil

Nah ini dia —Rabu, 11 Oct 2023 10:08
    Bagikan  
10 Desain Mesjid Mewah dan Megah yang di Rancang Oleh Ridwan Kamil
Masjid Raya Sumatera Barat

DEPOSTBALI(BANDUNG)-, Siapa yang tidak bersama Ridwan Kamil ? beliau adalah pemimpin yang menjabat sebagai gubernur Jawa Barat, dan sebelum dikenal dengan pemimpin daerah ternyata beliau lebih dikenal sebagai arsitek.

Masjid menjadi salah satu objek karya Ridwan Kamil, dan katanya ada sekitar empat belas masjid yang arsitekturnya dibuay oleh riwdan kamil. Ternyata di tangan Ridwan Kamil masjid-masjid tersebut ternyata tampak lebih berbeda dibandingkan dengan masjid pada kalangan umumnya, namun dengan ketidakbiasaan ini menjadi banyak disukai dan di apresiasi oleh kalangan internasional.

Dan ada tiga masjid yang di desain oleh Ridwan Kamil masuk dalam nominasi masjid dengan arsitektur terbaik di arab Saudi , yaitu Masjid Al-Safar Purbaleunyi, Masjdi Al – Irsyad Parahangan dan Masjdi Raya Sumatera Barat.

Dan inilah berikut 10 Masjid megah rancangan Rancangan Ridwan Kamil yang berada di Indonesia;

Masjid Raya Al Azhar

Hal unik yang terdapat pada masjid ini adalah bangunannya yang tanpa kubah , padahal ternyata Ridwan Kamil meletakan kubah kecil di atas menara masjid ini, hal yang lebih unik ini bangunan masjid ini dibangun tanpa menggunakan jendela namun terdapat lubang berukuran tempat keluar masuknya udara.

Masjid Raya Asmaul Husna Serpong

Jelas seperti namanya , ternyata bagian luar masjid ini ada sebanyak 99 Asmaul Husna yang mengelilingi bagian luar masjid dengan nuansa hijau yang sangat indah dan adem, masjid ini terletak di belakang Summercon, Mall Serpong, Tangerang Selatan.

Masjid Raya Sumatera Barat

Ada hal unik pada saat beliau merancang masjid ini, ternyata beliau terinspirasi dari kain yang terbentang pada kisah pertikaian empat suku Quraisy, dan pertikaian mereka ini adalah karena masing – masing adri mereka merasa paling pantas untuk meletakan Batu Hajar Aswan di sudut Ka'bah.

Maka dari itu desain masjid ini memadupadankan kisah tersebut dan sentuhan khas minang, hal itu bisa terlihat dari bentuk atap yang layaknya rumah adat Minangkabau.

Baca juga: 8 Menu Sarapan di Negara yang berbeda, yang bisa kamu Coba

Masjid Al-Irsyad, Padalarang

Masjid ini dibangun dengan bentuk atau desainnya yang berbentuk Ka'bah, bentuknya yang persegi panjang memberikan pemandangan yang tidak biasa kepada para pengunjung atau jamaahnya. Maka dari itu banyak sekali yang takjub akan desain masjid yang dirancang oleh ridwan kamil ini.

Masjid 99 Kubah, Makassar

Masjid ini mempunyai banyak kubah yang berwarna cerah, bangunan ini ternyata mampu menampung sekitar 10.000 orang, hal ini tentu saja menjadikan masjid ini menjadi salah satu masjid terunik yang ada di Indonesia.

Masjid Al-Safar

Masjid ini berada di rest area Tol Purbaleunyi hal ini karena permintaan dari PT. Jasa Marga Persero, Tbk. Hal ini menjadikan masjid ini menjadi masjid terbesar di Indonesia yang letaknya berada di rest area.

Masjid Merapi Baiturrahim

Masjid ini merupakan bangunan yang tersusun dari batako yang bahan utamanya adalah hasil abu letusan gunung merapi, dan masjid memiliki konsep bayangan yang menghasilkan kerusakan kecil di dinding atas masjid.

Masjid Al-Jabar

Arti Al-Jabar sendiri yaitu maha gagah , maha kuasa, nama ini berasal dari salah satu nama Asmaul Husna. Masjid ini sangat banyak di kunjungi oleh pengunjung karena masjid ini juga akan di lengkapi dengan beberapa fasilitas untuk kegiatan dakwah Islam, seperti Museum, dan ada danau buatan yan berada di sekitar masjid ini yang memiliki fungsi pengendalian Banjir , Sumber air dan Konservasi habitat.

Masjid Jami Darussalam

Warga sekitar menyebutnya dengan sebutan Masjid Segitiga, dikarenakan ruangan – ruangan yang berada di masjid ini yang berdominan berbentuk segitiga.

Masjid Gaza Palestina

Ternyata Ridwal Kamil ikut menyumbangkan idenya dalam desain masjid tersebut, namun pada tahun 2014 masjid tersebut hancur karena serangan dari Israel.

 

Itu dia beberapa masjid yang di rancang oleh Ridwan Kamil, menarik bukan ? dengan bentuknya yang unik dan sangat bagus maka dari itu banyak orang yang mengapresiasi desain masjid – masjid tersebut. (EricaRFeby)

Baca juga: Agar Tidurmu Nyenyak, Lakukan Hal Ini

Editor: Widya
    Bagikan  

Berita Terkait