5 Makanan Khas Jawa Barat, Wajib Banget Buat Dicoba

Kuliner —Kamis, 11 Jan 2024 13:53
    Bagikan  
5 Makanan Khas Jawa Barat, Wajib Banget Buat Dicoba
Foto ilustrasi *Pinterest

DEPOSTBALI-, Jawa barat merupakan salah satu provinsi di pulau jawa yang kaya akan wosata dan kuliner nya, maka dari itu ada banyak sekali makanan yang wajib kalian coba jika kalian pergi ke jawa barat, dan inilah dertan makanan yang wajib kalian coba jika kalian mengunjungi jawa barat.

  1. Karedok

Makanan ini mirip seperti pecel , karena berisi sayuran yang mentah maupun yang sudah di rebus lalau di balur dengan bumbu kacang , ada beberapa sayuran yang biasa di gunakan adalah :

-              Tauge

-              Mentimun

-              Kacang panjang

-              Kol

-              Terong

-              Daun kemangi

Bumbu kacang yang digunakan adalah

-              Cabai merah

-              Bawang putih

-              Kencur

-              Air asam

-              Gula merah

-              Garam

-              Kacang tanah

Makanan ini juga bisa di campur dengan nasi

Baca juga: 4 Cara yang Bisa Dilakukan Untuk Bertahan Melewati Masa Sulit

  1. Seblak

Makanan ini menjadi makanan populer dan bahkan makanan ini sudah bisa kalian temukan di luar jawa barat, makanan ini adalah makanan yang pedas dan berbahan dasarnya adalah kerupuk mentah yang di rendam dengan air panas hingga teksturnya menjadi lunak dan kenyal.

Dan sekarang banyak sekali aneka ragam yang bisa di jadikan seblak bukan hanya kerupuk namun makanan lain juga bisa dari sayuran hingga ked aging bisa di jadikan menu seblak

Kuahnya ini biasanya terbuat dari bawang, cabai dan kencur.

  1. Serabi

Serabi merupakan makanan yang memiliki rasa manis dan gurih , karena terbuat dari tepung beras dan kelapa, makanan ini di kenal dengan cara memasaknya yang cukup khas yaiitu dengan di bakar diatas tengku yang terbuat dari tanah liat.

Versi asli serabi adalah disajikan dengan gula merah cair dan taburan oncom , namun pada saat ini sudah banyak topping lain.

  1. Mie kocok

Makanan ini berasal dari proses pencampuran mie dan sayuran menggunakan air panas yang seoerti di kocok dan bedanya dengan bakso laon adalah dengan tekstur mienya dan di tambahkan daging , kikil dan bakso sebagai pelengkap.

Biasanya mie ini ada mie telur, sawi , tauge dan daun bawang.

  1. Nasi Tutug Oncom

Bagi penggemar nasi dan oncom tentu saja akan suka dan senang dengan makanan ini ,  makanan ini juga merupakan dari jawa barat , seperti namanya maka nasi ini adalah nasi yang di camour dengan oncom lalu di tumbuk atau Bahasa sundanya “ditutug” secara bersamaan.

Masih banyak lagi makanan khas jawa barat , maka dari itu kalian harus mengunjungi provinsi jawa barat dan kalian bisa kuliner sepuasnya disini. (ERF)

Baca juga: 4 Cara yang Bisa Dilakukan Untuk Bertahan Melewati Masa Sulit

Editor: Widya
    Bagikan  

Berita Terkait