Membuat Bubur Sumsum Berbahan Dasar Tepung Beras

Kuliner —Senin, 12 Dec 2022 13:06
    Bagikan  
Membuat Bubur Sumsum Berbahan Dasar Tepung Beras
Resep Bubur Sumsum.* (FOTO: Pinterest)

DEPOSTBALI,- Sarapan pagi memang harus dilakukan untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan selalu semangat beraktivitas. Tetapi kita tidak boleh asal pilih menu makanan untuk sarapan, Kita harus memilih menu sarapan yang sehat dan bergizi. Salah satu menu sarapan yang sehat dan bergizi yaitu Bubur sum-sum.

Bubur sumsum adalah menu sarapan yang enak dan manis serta aman diperut. Bagi anda yang memiliki riwayat maag, bubur sumsum adalah pilihan yang tepat bagi lambung Anda. Di Daerah Jawa bubur sumsum disebut juga dengan nama bubur lemu, bubur saring atau bubur tepung beras karena memang bahan baku utamanya adalah tepung beras. Sarapan Pagi, Makanan Enak, Resep makan pagi, sarapan sehat, makanan simple, menu sarapan simpel, sarapan Bubur Sum Sum Sederhana

Bubur sumsum terbuat dari tepung beras yang dimasak bersama santan dan dinikmati bersama kuah gula merah atau juruh. Makanan ini disebut bubur sumsum karena bentuk dan warnanya yang mirip tulang sumsum. Kamu bisa membuatnya sendiri atau membelinya di pedagang kaki lima. Bubur sumsum ini enak sekali untuk dijadikan kudapan karena rasanya yang manis-gurih dan teksturnya yang sangat lembut. Sarapan Pagi, Makanan Enak, Resep makan pagi, sarapan sehat, makanan simple, menu sarapan simpel, sarapan Bubur Sum Sum Sederhana

Berikut ini cara membuat bubur sumsum sendiri di rumah : 

Bahan-bahan:

  • 1 bks santan sachet
  • 10 sdm tepung beras
  • 1 helai daun pandan
  • 800 ml air
  • Kinca

Baca juga: Sengatan Ubur-ubur Api Dapat Menyebabkan Gangguan Fisiologis? Cari Tahu Kebenarannya Berikut Ini

  • 4 gula merah
  • 3 gula putih
  • 2 sendok tepung maizena
  • 1 helai daun pandan
  • 1,5 gelas air

Cara membuat bubur sum-sum:

  1. Siapkan bahan terlebih dahulu.
  2. Masukkan santan ke dalam wadah yang sudah diisi air sebanyak air 800 ml. Aduk sampai merata, lalu di bagi 2, air santan 500 ml masukkan dalam teflon, 300 ml masukkan dalam wadah lalu campurkan tepung beras 10 sdm aduk sampai merata.
  3. Masukkan air santan yang sudah tercampur tepung beras, lalu tuang ke dalam Teflon. Masukkan daun pandan dan ½ garam sdt, lalu aduk-aduk sampai mengental, dengan api sedang.
  4. Larutkan tepung maizena dengan air panas secukupnya.
  5. Siapkan air 1,5 gelas lalu tuang ke panci, gula merah yang sudah dicincang halus (agar mudah larut) lalu masukkan ke dalam panci. Masukkan daun pandan lalu aduk-aduk sampai gula larut. Tambahkan gula pasir 3 sdm (sesuai selera) lalu aduk kembali.
  6. Tuang cairan tepung maizena ke dalam air gula merah yang sudah larut, lalu aduk-aduk sampai mengental. Bubur sumsum siap untuk dinikmati.

Sarapan Pagi, Makanan Enak, Resep makan pagi, sarapan sehat, makanan simple, menu sarapan simpel, sarapan Bubur Sum Sum Sederhana. (RA)

Baca juga: Daftar Wakil Indonesia Melaju ke Babak Semifinal di BWF World Tour Finals 2022

Editor: Laila
    Bagikan  

Berita Terkait