Takoyaki, Makanan Jepang Disajikan dalam Bentuk Bola-bola

Kuliner —Selasa, 4 Oct 2022 10:38
    Bagikan  
Takoyaki, Makanan Jepang Disajikan dalam Bentuk Bola-bola
Takoyaki.* (FOTO: Pinterest)

DEPOSTBALI,- Takoyaki merupakan salah satu makanan dari negeri sakura yang popular di Indonesia. Takoyaki dari Jepang memiliki arti dari dua kata yaitu “tako” yang artinya ‘gurita’ dan ‘yaki’ yang artinya “dimasak dengan dipanggang”. Jadi, bisa disimpulkan bahwa takoyaki artinya adalah gurita yang dipanggang dengan tepung terigu.

Takoyaki biasanya disajikan dalam bentuk bola-bola kecil, dengan isian yang beragam. Saat ini, isian takoyaki bukan hanya gurita, namun bisa dikombinasikan dengan isian lain seperti crab stick, tempura, acar jahe dan daun bawang.

Baca juga: Amalan Dzikir yang Mendatangkan Kesuksesan

Takoyaki sendiri popular pertama kali di Jalan Tomekichi Endo, Osaka, tahun 1935. Pada masa itu, takoyaki disajikan dengan cara ditusuk pada batang bambu dan dalam satu tusuknya ada 3 buah takoyaki. Sekarang, takoyaki biasa dijual dengan 1 paket berisi 5, 6, 8 hingga 12 buah. Takoyaki biasanya disajikan diplastik transparan berbentuk perahu, atau di dalam sebuah box. Camilan ini juga biasa dijajakan sebagai jajanan pinggir jalan.

Di Indonesia, takoyaki dimakan dengan menggunakan tusuk gigi. Namun di Jepang, takoyaki dimakan dengan sumpit satu kali pakai.

Mau coba? Sudah banyak tempat-tempat jajanan kekinian yang menjual menu satu ini.  Selamat mencoba.* (PARISAINI R. ZIDANIA)

Baca juga: Motor Listrik Rakata NX3 Memiliki Bodi Gambot

Editor: Laila
    Bagikan  

Berita Terkait