Apakah Benar Sering Minum Kopi Dapat Mengakibatkan Kolesterol, Simak Penjelasannya

Kesehatan —Senin, 8 Jan 2024 11:29
    Bagikan  
Apakah Benar Sering Minum Kopi Dapat Mengakibatkan Kolesterol, Simak Penjelasannya
foto:Pngtree

DEPOSTBALI-, Sering minum kopi terutama warga Indonesia, itu adalah sudah menjadi salah satu budaya. Namun benarkan minum kopi bisa membuat kadar kolesterol dalam darah menjadi meningkat?

Kopi bukan hanya sekadar membuat pemicunya bersemangat di pagi hari. Penelitian mengungkapkan bahwa kopi dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, seperti membantu menurunkan berat badan dan mengurangi risiko diabetes tipe 2 dan penyakit Alzheimer.

Namun, dengan kopi beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa kopi dapat meningkatkan kadar kolesterol, kolesterol sendiri kerap dapat reputasi buruk,  tapi tubuh kita tidak bisa hidup tanpanya. Zat minyak ini ditemukan di setiap sel tubuh kita dan memiliki banyak tugas penting seperti membantu pencernaan dan membantu membuat hormone dan vitamin D.

Meskipun kita bisa mendapatkan kolesterol dari makanan dan minuman tertentu, hati kita memproduksi semua kolesterol yang kita butuh kan. Faktanya tidak hanya menghasilkan satu tapi dua jenis kolesterol, high-density lipoprotein (HDL) dan low-density lipoprotein (LDL(, dan masing- masing memiliki efek yang sangat berbeda terhadap kesehatan jantung.

Baca juga: Cara Biar Kulit Tetap Sehat Walaupun Musim Hujan

Kaitan antara Kopi dan Kolesterol

Bagaimana kopi bisa meningkatkan kolesterol? Kopi mungkin terkenal karena kafeinnya, tetapi kopi mengandung lebih dari 1.000 senyawa bioaktif. Meskipun sebagian besar bermanfaat, hanya sedikit pelaku yang tidak begitu baik, khususnya cafestol dan kahweol, seperti yang tercatat dalam urusan naratif 2023 yang diterbitkan di Ochsner Journal.

Berapa banyak Kopi yang Aman untuk Kadar Kolesterol bagi Tubuh?

Jumlah kopi yang diminum sehari hari juga penting terutama jika kamu merupakan peminum kopi sejati.

Sebuah studi laporan ilmiah tahun 2023 terhadap 9.009 sukarelawan menemukan bahwa orang yang minum 3 hingga 4 cangkir kopi setiap hari kira kira 1 ½ kali lebih mungkin memiliki LDL tinggi dibandingkan konsumen “ringan “ yang minum kurang dari 3 cangkir. Namun masalah sebenarnya terjadi pada orang orang yang mengonsumsi lebih dari 4 cangkir kopi setiap hari karena kemungkinan mereka terkena LDL tinggi melonjak hamper 6 kali lipat dibandingkan dengan peminum kopi ringan. (wdya)

Baca juga: Tips yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Memanajemen Waktu Agar Lebih Efesien

Editor: Widya
    Bagikan  

Berita Terkait