Ini Dia Faktor Memiliki Dagu Berlipat Tetapi Berat Badan Normal

Kesehatan —Rabu, 7 Dec 2022 15:39
    Bagikan  
Ini Dia Faktor Memiliki Dagu Berlipat Tetapi Berat Badan Normal
Ini Dia Faktor Memiliki Dagu Berlipat Tetapi Berat Badan Normal.* (FOTO: Ilustrasi Pinterest)

DEPOSTBALI,- Double chin adalah kondisi dagu yang berlipat dan menunjukkan adanya tumpukan lemak berlebihan pada area dagu. Area yang disebut lapisan lemak subkutan ini terletak pada leher yang ditutupi oleh kulit yang bisa mengendur dan meregang.

Mungkin kamu sering melihat kondisi ini pada orang yang obesitas atau memiliki berat badan yang berlebihan, biasanya orang yang memiliki kondisi ini sering terlihat memiliki dagu kedua atau ketiga.

Namun apakah kamu tahu, tidak hanya seorang yang memiliki berat badan yang berlebih yang memiliki kondisi seperti ini juga bisa di alami oleh orang yang memiliki kondisi badan normal.

Di kutip dari health.kompas.com, Inilah penyebab timbulnya double chin pada kondisi berat badan normal.

Faktor keturunan
Melansir The Sun, beberapa orang secara genetik cenderung memiliki double chin karena faktor keturunan. Orang yang berasal dari keluarga dengan double chin, lebih rentan memiliki dagu berlipat ketimbang orang yang lahir dari keluarga tanpa double chin.

Baca juga: Sewu Dino Bagian Akhir: Rahasia Terbongkar

Usia makin tua
Dilansir dari Medical News Today, bagi pemilik badan kurus maupun gemuk, dagu berlipat merupakan keniscayaan seiring bertambahnya usia. Ketika usia semakin bertambah, tubuh secara alami kehilangan otot sedikit demi sedikit. Elastisitas atau tingkat kekenyalan kulit juga semakin berkurang ketika orang semakin tua. Kondisi tersebut bisa membuat munculnya kulit yang menggelambir atau kendur di bawah rahang dan menyebabkan double chin.

Garis rahang kurang proporsional
Penyebab double chin padahal badan kurus juga bisa berasal dari bentuk garis rahang yang kurang proporsional. Pasalnya, tulang rahang terkadang memengaruhi bentuk tulang dagu dan mendorong terbentuknya lipatan di area dagu.

Cedera otot leher
Postur tubuh yang buruk bisa mengurangi elastisitas otot leher atau membuat otot leher tegang. Otot leher terhubung langsung dengan rahang bagian bawah. Saat ada masalah atau cedera, praktis otot leher atau leher jadi kaku dan double chin bisa terbentuk di sana.

Itulah penyebab dari timbulnya double chin pada berbadan kurus. Semoga bermanfaat *RIN

Baca juga: Heboh ! Ledakan Diduga Bom Bunuh Diri di Polsek Astananayar Bandung

Editor: Laila
    Bagikan  

Berita Terkait