Mitos Malam Jumat Kliwon, Konon Menjadi Malam yang Sakral dan Keramat

Horror —Kamis, 27 Apr 2023 15:34
    Bagikan  
Mitos Malam Jumat Kliwon, Konon Menjadi Malam yang Sakral dan Keramat
Mitos Malam Jumat Kliwon.* (FOTO: Pinterest)

DEPOSTBALI,- Malam Jumat Kliwon adalah salah satu hari yang bagi sebagian masyarakat Indonesia dianggap hari keramat. Jumat Kliwon ini merupakan salah satu hari dalam sistem penanggalan atau kalender Jawa.

Masyarkat Indonesia, khususnya suku Jawa mempercayai tentang malam menjelang hari Jumat Kliwon alias malam Jumat Kliwon dianggap sebagai hari yang sakral bin keramat.

Tak hanya itu, bahkan Malam Jumat Kliwon juga sangat identik dengan sebuah momen angker dan menyeramkan yang juga seringkali dikaitkan dengan alam gaib. Pada malam Jumat Kliwon ini dipercaya juga beberapa mitos-mitos yang pamali atau tidak boleh dilanggar agar selamat dari kesialan juga kemalangan.

Boleh percaya atau tidak, namun berikut ini ada beberapa mitos malam Jumat kliwon yang hingga saat ini masih jadi hal yang menakutkan bagi sebagian orang, selengkapnya di AyoSemarang!

1. Malam keramat
Malam Jumat Kliwon jadi salah satu hari yang paling ditakuti oleh secara khusus masyarakat suku Jawa.
Dianggap keramat, maka beberapa orang yang percaya bahkan memiliki kebiasaan menghentikan seluruh kegiatan mereka jika bertepatan dengan hari sakral ini.
Dianggap keramat, maka beberapa orang yang percaya bahkan memiliki kebiasaan menghentikan seluruh kegiatan mereka jika bertepatan dengan hari sakral ini.

Baca juga: Rekap Hasil Babak Pertama Badminton Asia Championships 2023

Gus Samsudin bertapa di gua (tangkap layar Youtube Pedepokan Nur Dzat Derajat)
Sebagian orang Jawa melewati hari skaral ini dengan melakukan puasa atau tirakatan dan berdoa dengan khusyuk agar menghindarkan diri dari kesialan dan hal-hal jahat yang tak terlihat.

Namun, ada pula yang justru memanfaatkan malam Jumat kliwon ini untuk menghimpun kekuatan supranatural dengan melakukan segala ritual pesugihan ataupun ritual mencuci benda keramat seperti keramat.

2. Harinya hantu bebas berkeliaran
Tak hanya jadi hari keramat, malam Jumat Kliwon ini juga diyakini merupakan momen dimana para hantu atau roh halus sedang bebas berkeliaran.
ilustrasi hantu Kuntilanak. (istimewa)

Untuk mengantisipasi gangguan dari roh halus tersebut seringkali diadakan doa ataupun meditasi.

3. Keluar malam hari

Tentunya penjagaan tersebut dilakukan di kuburan, guna mencenggah jasad tersebut dicuri oleh yang sedang mengamalkan ilmu klenik atau ilmu hitam.
Namun, disisi lain sebagian masyarakat Jawa juga mengganggap orang yang meninggal pada malam Jumat kliwon itu dianggao baik, dengan kata lain pertanda khusnul khotimah.

4. Memukul kasur yang dijemur pada malam Jumat kliwon
Jadi sebuah larangan, memukul kasur yang dijemur pada malam Jumat kliwon hal tersebut jika dilakukan diyakini dapat mendatangkan kesialan dan kekuatan negatif.
Demikian informasi tentang mitos malam Jumat Kliwon yang bisa dipercaya atau tidak, ya!*RIN

Baca juga: Simak Fakta Unik Kehidupan di Papua

Editor: Laila
    Bagikan  

Berita Terkait