Wajib datang ke Wisata yang ada di Jawa Tengah, Simak ini dia apa saja

Wisata —Kamis, 21 Sep 2023 11:41
    Bagikan  
Wajib datang ke Wisata yang ada di Jawa Tengah, Simak ini dia apa saja
Museum Kereta Api Ambarawa

DEPOSTBALI-, Menelusuri tempat wisata yang ada di Indonesia tentu saja tidak akan ada habisnya. Seperti yang kita ketahui, bahwa Indonesia mempunyai banyak wisata di masing-masing kotanya.
Semakin ke sini maka akan semakin banyaknya tempat wisata dan tempat kuliner yang ada di Indonesia. Termasuk daerah Jawa Tengah yang mempunyai banyak wisata. Namun tempat wisata ini bukanlah tempat wisata baru, tempat wisata ini bisa dibilang cukup lama, namun tidak pernah sepi di kunjungi oleh para wisatawan, bahkan banyak dari mereka yang ingin mengetahui sejarah dari tempat-tempat tersebut.
Mengutip dari beragam sumber, inilah dia wisata yang harus kalian kunjungi jika ke Jawa Tengah

1. Lawang Sewu
Jika kalian jalan jalan ke Semarang, pasti pikiran kalian tidak akan pernah lepas dari pikiran wisata yang bersejarah ini yaitu Lawang Sewu. Gedung yang terkenal sangat angker ini dan mempunyai seribu pintu, maka bangunan ini merupakan bangunan Saksi bisu jaman penjajahan Indonesia.
Bangunan yang disebut seribu pintu ini ternyata memang memiliki banyak pintu di dalam gedungnya. Pada awalnya bangunan ini adalah bangunan kantor administrasi dari perusahaan kereta api.
Namun seiring berjalannya waktu, bangunan ini menjadi pusat peristiwa yang bersejarah. Legenda urban dan banyaknya cerita seram hal itu menjadi hal yang menarik bagi para wisatawan dari berbagai daerah.
Banyak sekali spot foto yang bisa kalian ambil di dalam gedung ini, meski tempatnya agak menyeramkan, namun hal itu akan terkesan lebih estetis jika kalian berfoto di dalam gedung ini.
Lawang sewu ini memiliki arsitektur bangunan yang sangat unik dan khas dengan adanya pintu dan jendela yang sangat banyak.
Apalagi banyak sekali yang mengetahui bahwa bangunan ini tidak dibangun dengan menggunakan semen. Terdapat tempat yang menjadi favorit atau daya tarik bagi pengunjung yaitu ada tempat kaca mozaik yang konon melambangkan kemakmuran dan keindahan alam Jawa yang berarti semua itu milik kekuasaan Hindia Belanda.
Ada juga ruang bawah tanah yang menjadi daya tarik bagi para pengunjung, dan bahkan banyak orang menggunakannya untuk uji nyali, dan yang kita ketahui bahwa ruang bawah tanah ini ternyata di pakai untuk penjara bawah tanah pada masanya.
Ternyata penjara tersebut ada tiga jenis, yaitu penjara duduk, penjara berdiri dan ruang eksekusi, bagaimana caranya? Terdengar sangat mengerikan bukan, maka dari itu banyak yang menceritakan kisah horor bagi mereka yang pernah datang kemari.
Wisata ini buka pada hari Senin – Jum'at pada pukul 08.00 – 17.00, sedangkan pada hari sabtu – minggu akan beroperasi jam 17.00-20.00, dan jika kalian mau ke sini kalian bisa membeli tiket dengan harga Rp.10.000 – Rp. 30.000 , hal itu belum termasuk parkir yaa.
Di sini juga terdapat fasilitas area parkit, toilet, pemandu tur, stand kedai, dan ruang pertemuan. Kalian bisa mengunjungi tempat wisata bersejarah ini yang berada di Jl. Pemuda No.160, Sekayu, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Baca juga: 4 Cara Agar Kamu Bisa Dikagumi Banyak Orang, Nomor 2 Penting Banget

2. Museum Kereta Api Ambarawa
Di Jawa Tengah ada museum kereta api ambawara dan tentunya bagi kalian para pecinta naik kereta api, kalian mungkin sudah tidak asing lagi dengan tempat ini bukan.
Seperti banyak yang diketahui bahwa museum ini dulunya adalah statsiun kereta memang beroperasi dan aktif yang berkat nama statsiun Williem l.
Kereta api ini beroperasi di rute Solo – Yogyakarta, dan statistik ini ditutup karena kalah mengarungi angkutan jalan raya. Padahal jalur kereta ini terbilang cukup strategis dan ada di Semarang. Setelah di tutup maka tempat ini dijadikan museum.
Museum ini menampilkan koleksi perkereta apian Heritage seperti 4 lokomotif diesel, 26 lokomotif uap, 5 kereta , dan 6 gerbong kereta dari berbagai daerah.Ada juga koleksi lainnya yaitu berupa persinyalan, halte, pencetakan tiket, peralatan administrasi, dan atribut perusahaan.
Jika kalian kesini maka kalian juga harus memberli tiket dengan harga Rp. 20.000/orang dewasa atau pelajar, dan Rp. 10.000/ orang untuk anak kecil dan pelajar, namun bagi para wisatawan mancanegara akan dikenakan tiket Rp.30.000, tempat ini beroperasi pada hari Senin – Minggu pada jam 08.00 – 16.00 WIB.
Lokasi ini berada di Jl. Statsiun No. 1, Panjang Kidul, Panjang, Kec. Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.
Jadi itu dia tempat bersejarah yang ada di Jawa Tengah, semoga ini menjadi inspirasi kalian ya. (EricaRFeby)

Baca juga: Terlalu Banyak Mengkonsumsi Kopi Tidak Baik Untuk Tubuh

Editor: Widya
    Bagikan  

Berita Terkait