Tempat Wisata Terbaik yang ada di Jawa Tengah,Simak Ini Dia

Wisata —Senin, 14 Aug 2023 12:35
    Bagikan  
Tempat Wisata Terbaik yang ada di Jawa Tengah,Simak Ini Dia
curug krajan(foto:sikidang)

DEPOSBALI-, Kabupaten Sukoharjo memang tidak sepopuler Kota Solo, walaupun kedua daerah tersebut dibebaskan langsung.

Meski demikian, Sukoharjo memiliki beragam destinasi wisata, baik wisata edukasi maupun yang romantis dan kekinian.

Wisata edukasi yang bernilai sejarah di kota ini tidak sekedar menyajikan tempat-tempat bersejarah murni, tetapi tetap mengikuti tren wisata kekinian.

Marilah kita coba telusuri 5 destinasi wisata yang sangat cocok untuk liburan dan menambah wawasan sejarah, yang ada di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

  1. Curug Krajan

Air terjun yang satu ini tergolong destinasi wisata di Sukoharjo yang masih perawan, bahkan masuk ke area ini pengunjung belum dikenakan tiket masuk resmi.

Curug Krajan memiliki bebatuan berundak yang unik. Air yang jatuh dari atas tidak terlalu kencang sehingga udara terpecah seperti membentuk tirai yang indah.

Kolam alami yang terbentuk di bawahnya juga tidak terlalu dalam dan airnya pun jernih, sehingga wisatawan bisa bermain air di tempat tersebut tanpa was-was.

Air terjun yang ada di desa Krajan, Weru, Kabupaten Sukoharjo ini akan mengalir ke satu sungai kecil dan langsung ke perkampungan di sekitarnya.

  1. Gunung Sepikul

Gunung Sepikul terdiri dari dua gunung yang saling berhadapan, dengan ketinggian 350 mdpl dan sudut kemiringan mencapai 40 hingga 60 derajat.

Gunung yang cocok digunakan sebagai lokasi pendakian tingkat pemula ini konon memiliki legenda yang dipercaya oleh warga sekitar.

Oleh karena itu di antara dua gunung tersebut hanya ada satu saja yang diperbolehkan untuk didaki, dan informasi yang diperoleh baru sebatas itu saja.

Untuk masuk ke obyek wisata alam ini dikenai tarif seikhlasnya.

Gunung Sepikul berada di Dukuh Gunung Lor, Tiyaran Bulu, Kabupaten Sukoharjo ini.

Baca juga:Lucinta Luna Menjadi Sorotan Netizen Karna Salah Paham Kepada Ria Ricis

  1. Pesanggrahan Langenharjo

Destinasi wisata yang satu ini sangat bernilai sejarah karena keterkaitannya dengan keberadaan sejarah Keraton Surakarta.

Sehingga Pesanggrahan Langenharjo distatuskan sebagai Cagar Budaya oleh pemerintah, dan dengan status tersebut kawasan ini akan selalu dijaga nilai-nilai sejarahnya.

  1. Istana Warisan

The Heritage Palace merupakan destinasi wisata yang cukup unik, yaitu wisata kekinian yang berkonsep suasana di era Eropa Klasik.

Pengunjung akan dibawa pada satu ilusi suasana lobi Romawi lengkap dengan segala pernak-perniknya, oleh karena itu sangat cocok untuk yang mencari spot Instagramable.

Destinasi bertiket masuk 65 ribu per orang ini berlokasi di jalan Permata Raya, Dusun Honggobayan, Pabelan, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo.

  1. Taman Pakujoyo

Taman Pakujoyo ini adalah salah satu taman yang tidak dikenakan tiket masuk bagi para pengunjungnya, tetapi ada peraturan yang ketat.

Yaitu bagi siapa saja yang kepergok melakukan tidak senonoh di lokasi ini akan dikenakan sanksi dengan melemparkannya ke dalam danau yang ada di lokasi.

Taman yang berada di Gayam, Sukoharjo ini memang sangat menarik untuk dikunjungi wisatawan karena panorama alamnya yang indah, sejuk dan teduh.

Demikian sedikit informasi tentang 5 destinasi wisata di Sukoharjo yang bernilai edukasi dan juga kekinian, sangat direkomendasikan bagi para wisatawan.

 

Baca juga: Resep Membuat Banana Cluster Rendah Kalori

Editor: Widya
    Bagikan  

Berita Terkait