Tirta Gangga, Destinasi Wisata Kolam Surga

Wisata —Kamis, 25 Aug 2022 16:53
    Bagikan  
Tirta Gangga, Destinasi Wisata Kolam Surga
Tirta Gangga, Bali.* (FOTO: Pinterest)

DEPOSTBALI,- Wisata di Bali memang tidak ada habisnya dan semuanya indah dan menakjubkan. Tetapi ada wisata wajib didatangi ketika bertandang ke Pulau Dewata yaitu Tirta Gangga yang berada di Desa Ababi, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem, Bali Timur. Tirta Gangga sendiri berasal dari kata "Tirta" yang berarti air suci dan "Gangga" yang artinya nama sungai di India.

Dari nama tersebut dimaksudkan untuk penghormatan kepada masyarakat pemeluk agama Hindu dan diibaratkan memiliki air suci yang berasal dari Sungai Gangga.  Taman Tirta Gangga memiliki luas 1,2 hektar dan terdapat di area persawahan.  Air yang ada di taman ini berasal dari Mata Air Rejasa. Ada tiga tempat utama yang ada di taman Tirta Gangga ini yaitu Kebun, Patung dan Kolam Air.

Tirta Gangga, Bali.* (FOTO: Pinterest) 

Baca juga: Diskusi Daring Bertema Konstitusi dan Proses Akulturasi Bangsa Indonesia

Mata Air Rejasa memiliki jumlah air yang sangat besar, jernih dan menyejukkan. Sepertiga dari pasokan Mata Air Rejasa dikirim ke rumah penduduk di Kota Amlapura (ibu kota Karangasem) dan dua pertiganya digunakan untuk mengisi kolam.  Keluaran dari air kolam langsung dipergunakan untuk pertanian.

Jadi bagian kolamnya ini menjadi salah satu spot foto yang digemari oleh para wisatawan.  Ada pijakan-pijakan batu yang membuat kita bisa berjalan ke tengah kolam dan menyentuh ikan-ikan besar yang ada di sana.  Bagaikan berada di surga yang menenangkan dan indah.

Tirta Gangga, Bali.* (FOTO: Pinterest) 

Bagi yang sedang mencari spot foto ala putri, di bagian kolam ini lah yang paling cocok karena memang dulunya ini merupakan istana bekas Kerajaan Karangasem.

Selain itu, udara juga sejuk karena letaknya di kaki Gunung Agung sehingga para wisatawan betah. Untuk tiket masuknya sendiri dibandrol dengan harga Rp 30 ribu.* (RENALDI)

Baca juga: Sinopsis Drakor “Today’s Webtoon” Episode 8


Editor: Siska
    Bagikan  

Berita Terkait