Taman Tirta Gangga, Kolam Suci Penginggalan Kerajaan Karangasem di Desa Ababi

Wisata —Selasa, 21 Dec 2021 10:42
    Bagikan  
Taman Tirta Gangga, Kolam Suci Penginggalan Kerajaan Karangasem di Desa Ababi
Taman Tirta Gangga, Kolam Suci Penginggalan Kerajaan Karangasem di Desa Ababi- Pinterest

DEPOSTBALI- Tirta Gangga dulunya adalah taman air milik Kerajaan Karangasem yang dibangun oleh Raja Karangasem Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem Agung pada tahun 1946.

Tirta Gangga berasal dari kata “Tirta” yang artinya air suci dan kata “Gangga” yang artinya adalah sebuah nama sungai suci di India.

Dari sinilah dimaksudkan bahwa taman wisata ini  emiliki ari yang suci yang berasal dari Sungai Gangga dan juga sebagai bentuk penghormatan kepada masyarakat pemeluk agama hindu.

Tirta Gangga dibangun dilahan seluas  1,2 hektar memanjang dari timur ke barat di kawasan pesawahan. Terdapat 3 bangunan yang mendoinasi karakter dari tirta gangga yaitu patung, bangunan kolam dan areal perkebunan. Semua bangunan di tempat ini memilki makna yang tersirat di dalamnya.

Kondisi alam di Tirta Gangga sangat sejuk hal ini karena letaknya di kaki Gunung Agung. Keasrian dan kesejukan ini yang membuat para wisatawan nyaman dan betah berlama-lama di Tirta Gangga. Suasana tenang dan damai disini cocok untuk melepas penat dan lelah dari aktivitas hidup kamu.

Di gerbang pertama, kamu akan disambut oleh patung yang berbaris rapi. Kamu juga bisa menyusuri kolam dengan berjalan kaki di atas kolam dengan jalan setapak yang terbuat dari bebatuan yang tersusun rapi layaknya jembatan.

Baca juga: Drama Korea Snowdrop, Kisah Cinta Siswi dan dan Mata-mata

Baca juga: 5 Temples on the Island of the Gods That Are Popular Tourist Destinations

Baca juga: Pura Lempuyang Luhur, Sinar Tuhan yang Benderang di Pulau Dewata

Terdapat menara air dengan setinggi 10 meter tidak jauh dari kolam. Menara air ini bentuknya berundak-undak seperti atap pura. Air yang terdapat di Tirta Gangga berasal dari sumber air yang dianggap suci dan kerap digunakan untuk kegiatan upacara adat masyarakat setempat.

Selain dari kolam suci, ada juga kolam renang yang khusus digunakan untuk wisatawan. Kalau kamu ingin berenang di kola mini, kamu harus membayar sejumlah uang. Kolam yang digunakan dalam air kolam sanih yang memiliki air yang jernih dan segar. Kolam renang untuk anak-anak dibedakan dengan kolam orang dewasa karenan memiliki kedalaman yang berbeda. Kalau kamu mau berennag, jangan lupa bawa baju ganti dan peralatan mandi ya!

Setelah lelah berenang dan menikmati keindahan alam di lokasi Tirta Gangga, kamu juga bisa loh makan di resotarn yang terletak di kawasan Tirta Gangga. Kamu juga bisa sekalian beli souvenir untuk oleh-oleh juga!

Taman Wisata Tirta Gangga berada di Desa Ababi, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem. Lokasinya sekitar 5 KM sebelah utara dari pusat Kota Amlapura. Kalau dari Kuta, berjarak kurang lebih 75 KM dengan waktu tempuh 2 jam perjalanan. -zz- 

Baca juga: 5 Temples on the Island of the Gods That Are Popular Tourist Destinations

Baca juga: Pura Lempuyang Luhur, Sinar Tuhan yang Benderang di Pulau Dewata


Editor: Ajeng
    Bagikan  

Berita Terkait