Spasojevic dan Nadeo Turut Berperan di Balik Kemenangan Timnas Indonesia Atas Brunei Darussalam

Sepak Bola —Selasa, 27 Dec 2022 11:15
    Bagikan  
Spasojevic dan Nadeo Turut Berperan di Balik Kemenangan Timnas Indonesia Atas Brunei Darussalam
Nadeo Arga Winata.* (FOTO: twitter @BaliUtd)

DEPOSTBALI,- Dua penggawa Bali United turut serta berperan di balik kemenangan besar Timnas Indonesia atas Brunei Darussalam pada Senin (26/12) kemarin di Stadion KLFA, Kuala Lumpur, Malaysia. Dalam laga kedua lanjutan fase grup Piala AFF 2022 tersebut, Nadeo Arga Winata dan Ilija Spasojevic membantu skuad Garuda mencukur Tebuan (Tawon) --julukan Timnas Brunei Darussalam-- dengan skor akhir 7-0.

Penampilan impresif keduanya di pos masing-masing pun membuat skuad racikan Shin Tae-yong mencatat sejarah baru sepanjang turnamen bergengsi antarnegara di kawasan Asia Tenggara ini. Di mana, Spasojevic mencatatkan masing-masing satu gol pada menit 60 dan asisst untuk gol pembuka Syahrian Abimanyu pada menit ke-20. Sedangkan Nadeo tampil tangguh dengan menghadirkan clean sheet alias nirbobol.

Hal tersebut pun membuat Timnas Indonesia sukses mengamankan kemenangan besar 7-0 yang merupakan sejarah tersendiri. Pasalnya, skor telak tersebut merupakan yang terbesar bagi skuad Garuda sepanjang ajang ini bernama Piala AFF pada tahun 2008 silam.

Jauh sebelumnya, tim Merah Putih pernah mengakhiri laga dengan pesta gol ketika turnamen ini masih bertitel Piala Tiger. Tepatnya ketika mencukur Timnas Filipina dengan skor 13-1 pada 23 Desember 2002 silam di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Baca juga: Membuat Makanan Sehat Sayur Lodeh Telur Puyuh

Pertandingan tersebut pun tergolong dramatis sebab Timnas Indonesia hanya butuh kemenangan dengan selisih tiga gol saja untuk bisa melaju ke babak selanjutnya, karena pada saat yang sama, Vietnam menang 4-2 atas Myanmar.

Beranjak ke edisi Piala Tiger 2004, skuad Garuda kembali mengepakkan sayap dengan mengempaskan Kamboja dengan skor 8-0. Pada saat itu timnas yang dibesut oleh Peter Withe sukses mengunci kemenangan berkat hattrick Ilham Jayakesuma, brace Elie Aiboy dan Kurniawan Dwi Yulianto, serta digenapkan oleh Ortizan Solossa.

Terlepas dari catatan apik serta sejarah baru yang lahir selepas berpesta gol atas Brunei Darussalam, Spasojevic dkk harus tetap fokus dan tidak boleh terlena. Pasalnya, pada pertandingan ketiga, Timnas Indonesia akan menghadapi musuh bebuyutan, yakni Thailand (29/12) di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Laga tersebut tentu wajib dimenangkan dari menjaga asa melaju ke fase selanjutnya bahkan menjuarai Piala AFF untuk pertama kalinya.

Tetap semangat Garuda!***

Baca juga: Pesamuhan Agung XVII Maha Gotra Pasek Sanak Sapta Rsi Resmi Dibuka Oleh Gubernur Bali

Editor: Laila
    Bagikan  

Berita Terkait