4 Cara Lebih Mengenal Inner Child yang Ada Pada Diri Sendiri

LifeStyle —Selasa, 24 Oct 2023 14:23
    Bagikan  
4 Cara Lebih Mengenal Inner Child yang Ada Pada Diri Sendiri
foto:pinterest

DEPOSTBALI-, Setiap orang memiliki sisi dalam dirinya masing-masing yang mungkin tersembunyi. Namun sangat berpengaruh terhadap perasaan dan perilaku mereka. Sisi ini biasanya disebut dengan inner child.

Inner child merupakan bagian dalam diri kita yang mewakili ingatan, perasaan dan emosi dari masalah kecil kita. Meskipun kita telah tumbuh dewasa, inner child ini akan tetep hadir dalam diri kita dan mempengaruhi bagaimana kita berpikir, merasakan dan juga bertindak.

Oleh karena itu, untuk mengenali inner child dalam diri masing-masing adalah langkah penting untuk meningkatkan pemahaman diri dan kesejahteraan emosional.

Ketika kita lebih mengenal dan menghargai batin anak kita, kita dapat memperkuat hubungan dengan diri kita sendiri, memperbaiki trauma masa lalu dan membuka pintu bagi pertumbuhan pribadi yang lebih baik.

Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengenali inner child dalam diri kita sendiri.

 

  1. Berbicara dengan dirimu sendiri

Berbicaralah dengan diri sendiri seperti kamu sedang berbicara dengan anak kecil yang perlu dihargai, apabila kamu sudah terhubung dengan dirimu sendiri, selalu beri dukungan lebih dan cinta pada diri sendiri.

Dengan memberikan dukungan dan pujian pada diri sendiri dengan lembut dan penuh kasih sayang dapat membentuk pola perilaku kita sekaligus inner child menjadi lebih positif.

 

Baca juga: Resep Membuat Waffle Pandan Wangi yang Enak, Lezat dan Lembut

  1. Pahami trauma di masa lalu

Memahami trauma di masa lalu sangat penting untuk penyembuhan inner child. Trauma yang disebabkan oleh inner child bisa berupa peristiwa yang besar, seperti kehilangan orang yang dicintai, atau hal-hal yang berdampak kecil namun besar terhadap diri sendiri.

 

  1. Tuangkan perasaan ke dalam jurnal

Inner child adalah dengan merefleksikan diri dan menuangkan perasaan ke dalam buku jurnal atau diary.

Untuk melakukan hal ini kamu cukup menyediakan waktu setiap hari untuk menulis tentang pengalaman masa kecil kamu. Kenangan indah atau momen yang mungkin meninggalkan bekas luka.

Kata-kata perasaan yang muncul saat menulis dan mengenal pola pikir tertentu yang mungkin masih mempengaruhi saat ini.

Dengan memikirkan masa kecilmu, kamu akan mendapatkan wawasan lebih banyak tentang inner child kamu sendiri.

 

  1. Melalukan aktivitas yang lebih kreatif

Mengaktifkan imajinasi, kreativitas melalui seni dan kreasi dapat membantu kamu terhubung dengan inner child kami.

Coba kamu lukis atau tulis atau bahkan main-main dengan bahan yang kreatif lainnya dan biarkan inner child kamu menikmati permainnya dan mengekspresikan diri tanpa batasan. (wdyqrrtlan)

Baca juga: Sinopsis Film Indigo What Do You See? Film Horor Amanda Manopo dan Aliando Syarief

Editor: Widya
    Bagikan  

Berita Terkait