Cara Membangun Hubungan Sosial yang Baik dengan Orang Lain

LifeStyle —Rabu, 23 Aug 2023 15:42
    Bagikan  
Cara Membangun Hubungan Sosial yang Baik dengan Orang Lain
Ilustrasi (Ngalih Blog)

DEPOSBALI- Bagi sebagian orang, membangun hubungan sosial mungkin tidaklah mudah. Bisa jadi ini disebabkan oleh adanya rasa ragu, ditolak, atau merasa tidak percaya diri yang menyebabkan seseorang menjadi kurang “luwes” dalam menjalin hubungan sosial.
Setiap hubungan sebaiknya saling mendukung satu sama lain. Kenyataannya, tidak semua hubungan saling mendukung, bahkan keluarga sekalipun.
Namun, setiap orang memerlukan hubungan yang sehat dan mendukung karena mampu menurunkan stres dan meningkatkan kesehatan Anda.
Tidak peduli apakah Anda ingin menjalin hubungan dengan orang lain secara sosial, membuat kesan pertama yang baik, atau membangun koneksi untuk pekerjaan, mencari cara untuk menjalin hubungan dengan orang lain pada awalnya bisa sedikit mengintimidasi.
Namun, jika Anda fokus menunjukkan bahwa Anda benar-benar memedulikan lawan bicara Anda, membuat pembicaraan yang berarti, atau berusaha membuat orang lain merasa nyaman, Anda akan mampu menjalin hubungan dengan siapa pun tanpa halangan.

Jujur dan terbuka
Sekedar basa basi saja seringkali membuat hubungan sosialmu hanya berada di level yang sama. Jika Anda ingin meningkatkan hubungan sosial, hindari memberikan tanggapan yang hanya basa-basi dan terlalu fokus untuk menyenangkan hati orang lain.
Terkadang jujur ​​​​memang tidak menyenangkan di hati orang lain, namun mereka pasti akan mengerti bahwa kamu peduli.
Misalnya, jika hasil kerja temanmu kurang maksimal, maka kamu sebaiknya jujur, agar ia bisa memperbaiki kesalahan dan hasil pekerjaannya. Dan memberikan penghargaan kepada rekan kerjamu sesuai porsinya, tidak melebih-lebihkan atau tidak memberikan pujian sama sekali atas hasil kerja mereka.
Dengan begitu, rekan kerjamu akan merasa bahwa kamu peduli dan menghargai mereka.

Baca juga: Inilah 8 Manfaat Dari Kunyit yang Wajib Kamu Ketahui.

Jadi pendengar yang baik
Ada saatnya orang lain mengalami masalah dan membutuhkan teman untuk curhat dan mendengarkan semua unek- unek atau keluh kesahnya.
Anda bisa menjadi pendengar yang baik bagi mereka untuk sekedar meringankan beban yang sedang dialami.
Posisikan diri Anda sebagai pendengar yang baik dan aktif dengan memberikan saran ketika rekan kerja bertanya.
Namun, tak selalu orang lain yang sedang dalam masalah membutuhkan solusi darimu, ada kalanya mereka hanya ingin didengarkan atau butuh teman cerita. Bergabung dengan komunitas
Punya ketertarikan pada suatu hal? Temukan komunitasnya dan bergabunglah. Jika Anda seorang Public Relations, Anda bisa mencari komunitas Public Relations dan menjadi bagian darinya.
Selain bisa mendapatkan berbagai ilmu baru, tentu akan memperluas jaringan sosial Anda. Tak hanya itu, kesempatan untuk berinteraksi dengan banyak orang pun bisa didapat di sini. Bahkan, bisa jadi Anda akan mendapatkan sahabat baru dari komunitas ini. (wdyqrrtlan).

Baca juga: Inilah Warna Ombre yang Bagus Untuk Dipakai Sehari-hari

Editor: Widya
    Bagikan  

Berita Terkait