Inilah 8 Manfaat Dari Kunyit yang Wajib Kamu Ketahui.

Kesehatan —Rabu, 23 Aug 2023 15:38
    Bagikan  
Inilah 8 Manfaat Dari Kunyit yang Wajib Kamu Ketahui.
pinterest

DEPOSTBALI-, Tanaman kunyit berasal dari Asia Tenggara. Kunyit merupakan salah satu jenis tanaman yang termasuk dalam famili Zingiberaceae yang mempunyai bentuk batang semu dibentuk dari pelepah daun-daunnya.
Kunyit biasa digunakan sebagai bahan masakan. Selain itu kunyit juga mempunyai khasiat sebagai jamu dan obat tradisional.
Kunyit juga sering digunakan oleh masyarakat di berbagai negara untuk mengobati berbagai macam penyakit, penyakit sepeti yang disebabkan oleh mikroba parasit, gigitan serangga, cacar, sakit perut, (diare, sembelit, dan kembung), gangguan pencernaan, gangguan hati, gangguan asma, menghilangkan gatal, menghilangkan penyakit kulit, dan mengurangi rasa nyeri.
Kunyit memberikan beberpa kandungan yang bermanfaat bagi tubuh, yaitu kandungan kurkumin, sesmetoksikumin, bisdesmetoksikurkumin, resim, pati, karbohidrat, protein, selulosa, lemak, vitamin C, antioksidan, zat pahit, zat besi, fosfor, kalsium, minyak atsiri.
Dengan adanya kandungan yang bermanfaat bagi tubuh, sehingga dapat di konsumsi sesuai dengan takaran. Mengutip dari berbagai sumber, berikut penjelasan manfaat kunyit untuk kesehatan:

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Kunyit dapat meningkatkan sistem pertahanan tubuh melawan virus atau bakteri penyebab penyakit, karena kunyit mengandung zat kurkumin yang bekerja meningkatkan daya tahan tubuh.

2. Mengobati radang
Kandungan yang ada di dalam kunyit disebut kurkumin ini merupakan antioksidan yang memiliki efek antiradang ampuh.

Baca juga: Inilah Warna Ombre yang Bagus Untuk di Pakai Sehari-hari

3. Mengatasi perut kembung
Kurkumin pada kunyit membantu mengurangi tekanan gas pada perut dan membantu lambung untuk menghentikan produksi asam secara berlebihan.

4. Mengurangi rasa mual
Dengan mengkonsumsi kunyit tekanan pada perut akan terasa lebih ringan dan lega sehingga mengurangi rasa mual, hal ini dikarenakan kandungan pasa kurkumin pada kubyit akan meresap ke dalam aliran darah manusia dan mengurangi tekanan pada perut.

5. Meredakan nyeri saat haid
Beberapa wanita sering merasakan nyeri pada saat datang bulan atau haid, tentu saja hal itu akan sangat mengganggu aktivitas, hal itu biasanya dirasakan sekitar 3-4 hari pada masa datang bulan. Untuk para wanita tentu saja sudah tidak asing lagi dengan jamu asam kunyit yang dapat dipercaya sebagai pereda nyeri haid dan tentu saja aliran darah akan lancar, karena kunyit dapat melemaskan kontraksi Rahim.
Kunyit juga membantu mengurangi masuknya aliran ion kalsium pada sel-sel apitel rahim, serta mengurangi terjadinya produksi prostaglandin yaitu hormon yang memicu timbulnya rasa sakit.

6. Mengobati Metastasis Kanker
Ada kunyit putih untuk mengobati kanker metastasis, anda dapat menggunakan hal ini karena dapat menghambat pertumbuhan dan penyebaran kanker.

7. Obat alergi
Kunyit memiliki fungsi sebagai senyawa anti alergi yang dapat membantu menghilangkan rasa gatal.

8. Mengobati maag
Kandungan pada kunyit dapat mengurangi frekuensi kambuh gejala maag.
Banyak sekali manfaat kunyit yang harus kita ketahui, masih banyak jamur lainnya, diatas hanya beberapa manfaat kunyit dan tentu masih banyak sekali manfaatnya.
Semoga bermanfaat untuk kalian semua yaa. (Erica R Feby)

Baca juga: Ini 5 Alasan Mengapa Mendaki Gunung Bikin Ketagihan

Editor: Widya
    Bagikan  

Berita Terkait