Mitos Tuyul, Konon Tuyul Lahir Dari Janin-janin yang Digugurkan

Horror —Senin, 28 Nov 2022 15:11
    Bagikan  
Mitos Tuyul, Konon Tuyul Lahir Dari Janin-janin yang Digugurkan
Mitos Tuyul.* (FOTO: Ilustrasi Pinterest)

DEPOSTBALI,- Indonesia yang sangat kental dengan desas-desus mistis dan kepercayaan yang masih banyak dianut oleh banyak kalangan menjadikan cerita berbau seram dan gaib menjadi hal yang tak lazim untuk diperbincangkan.

Selain kuntilanak dan pocong yang sangat terkenal di tengah hiruk pikuk kehidupan, mahluk kecil berkepala botak bernama "Tuyul" rasanya tak asing ditelinga kita, khususnya masyarakat jawa.

Tuyul dalam mitologi jawa dan sekitarnya, adalah mahluk halus berwujud orang kerdil atau anak kecil dengan kepala gundul, yang dipercaya dapat mencuri uang untuk tuannya.

Indonesia yang sangat kental dengan desas-desus mistis dan kepercayaan yang masih banyak dianut oleh banyak kalangan menjadikan cerita berbau seram dan gaib menjadi hal yang tak lazim untuk diperbincangkan.

Tuyul ada sejak tahun 1880-an hingga kini keberadaan tuyul masih sangat erat dengan kehidupan masyarakat dan keberadaanya masih kuat diakui disekitar sebagai pencuri uang dan memperkaya orang yang memeliharanya.

Baca juga: Lilin Aroma Terapi Dipercaya Bisa Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Asal-usul Tuyul

Menurut kepercayaan tuyul lahir dari janin-janin yang digugurkan oleh wanita yang menggugurkan kandunganya sebelum ia terlahir kedunia, sehingga arwahnya tidak sempurna dan menjadi tuyul

Tuyul yang tak punya tempat dan kehilangan arah dimanfaatkan oleh para dukun untuk dilatih dan diperintahkan mengambil harta benda milik orang berupa uang, dengan imbalan memberi makan dan mainan.

Tuyul akan bertebaran ke setiap rumah dan hunian tetangga pemeliharanya untuk mencari uang dan kemudian menyetorkan pada pemeliharanya, imbalanya sang tuyul akan mendapatkan mainan seperti barang yang ia sukai, ikan, kura-kura atau hal-hal lain.

Namun bukan hanya itu saja konon sang istri harus memberikan susu pada tuyul namun bukan susu yang ia minum melainkan menghisap darah hingga bahkan lama-kelamaan wanita tersebut kurus dan bisa mati.

Meski terdengar mudah dan menggiurkan memelihara tuyul karena mendapatkan kekayaan dengan cepat, namun konsekuensi yang harus diterimanya sangatlah berbahaya bukan hanya diri kita namun orang orang yang kita sayang, bukan hanya penderitaan yang akan menimpa namun nyawa yang akan melayang.

Baca juga: Resep Fried Chicken Mini Cocok Menjadi Cemilan di Siang Hari

Editor: Laila
    Bagikan  

Berita Terkait