Jenis Sapaan yang Ada di Pulau Bali Beserta Artinya

Pendidikan —Jumat, 25 Nov 2022 11:26
    Bagikan  
Jenis Sapaan yang Ada di Pulau Bali Beserta Artinya
Masyarakat Bali Zaman Dahulu.8 (FOTO: Pinterest)

DEPOSTBALI,- Kata sapaan yang digunakan orang bali bisa menyesuaikan status, jenis kelamin, usia. Dengan kesalahan dalam berucap kata sapaan, bisa membuat malu, bahkan bisa dianggap tidak sopan. perhatikan hal hal yang tidak dikenakan,yuk belajar kata sapaan bahasa bali yang tepat.

Jenis Sapaan untuk Laki laki Bali

-Bli
Kata sapaan ini sangat familier di telinga masyarakat bali atau wisatawan. Kata bli digunakan ketika menyapa laki laki bali untuk membuat keakraban. Bli menjadi sapaan yang tepat menyapa orang yang lebih tua dan masih muda.

-Gus
Kata sapaan ini bisa digunakan untuk para remaja yang tidak dikenal, dipanggil dengan sapaan gus. Arti kata gus di bali yaitu ganteng, gus juga digunakan untuk penyebutan Ida Bagus, ida bagus merupakan panggilan orang bali yang berdasarkan dari kasta Brahmana. Ida bagus sering di singkat oleh orang bali menjadi debagus.

-Jero
Kata jero ini di lihat dari bentuk kata sapaan sebagai bentuk serupa. Panggilan ini bisa digunakan ketika berhadapan dengan pemuka agama atau orang yang berkasta tinggi. Dan ada pula sebutan berupa Gus Aji yang di sematkan kepada pemuka agama yang masih belom nikah.

-Pekak
Jika kalian berhadapan dengan orang yang sudah berusia sangat tua, sapaan atau sebutan ini bisa di singkat menjadi kak, dan dapat juga menggunakan sapaan Wayah atau Datuk.

Baca juga: Presiden Tinjau Langsung Episentrum Gempa Cianjur

Kata Sapaan untuk Perempuan Bali

-Mbok
Kata mbok merupakan kata sapaan yang sama dengan bli, digunakan untuk orang yang dianggap kaka atau lebih dewasa.

-Jegeg atau Geg
Geg digunakan untuk Anda yang menyapa para remaja perempuan bali. Jegeg memunyai arti yaitu Cantik.

-Ida Ayu atau Dayu
Panggilan Dayu atau Ida Ayu menjadi sapaan yang tepat terhadap wanita yang berasal dari dri kasta Brahmana.

-Jero
TIDAK untuk review meninjau sapaan laki laki, kata sapaan Penyanyi also biasa digunakan ketika berhadapan DENGAN wanita bali Yang Berasal Dari kasta LEBIH Tinggi. Ada pula panggilan Ratu Biang atau Dayu Biang yang digunakan untuk keluarga pemuka agama.

-Nini
Kata sapaan ini sering digunakan, namun juga bisa menemukan sapaan dengan kata niyang, odah, dan dadong.

-Men
Men merupakan kata sapaan untuk wanita berusia baya, sering menggunakan men, mek, atau meme. Kata ini pengganti panggilan Ibu./AS

Baca juga: Sewu Dino Bagian 29: Malam yang Panjang

Editor: Laila
    Bagikan  

Berita Terkait