Ini Dia Area Larangan Bagi Pelintasan Pesawat

Pendidikan —Senin, 21 Nov 2022 11:06
    Bagikan  
Ini Dia Area Larangan Bagi Pelintasan Pesawat
Area Larangan Lintasan Pesawat.* (FOTO: Pinterest)

DEPOSTBALI,- Pesawat adalah salah satu transportasi umum yang paling efektif untuk menempuh jarak yang cepat untuk sampai di titik tujuan, jarak menengah maupun jarak jauh. Hal tersebut karena pesawat bisa melintas dengan tanpa ada hambatan karena melintas di udara.
Tetapi, ada beberapa area yang melarang pesawat untuk mengudara sehingga pilot harus terbang menghindarinya. Inilah Area larangan saat penerbangan Pesawat.

1. Kutub Utara
Kutub Utara memiliki medan geomagnetik. Kalau kamu bepergian ke “rumah beruang kutub” ini jangan membawa kompas karena benda itu tidak akan berfungsi di sana. Hal itu juga berlaku sama untuk sistem navigasi pesawat.
Pesawat-pesawat yang terbang di area ini akan terganggu sistem navigasinya karena medan magnet yang sangat kuat dan sering berubah-ubah. Para pilot akan kebingungan ketika ingin mendaratkan pesawat karena mereka akan sulit menemukan landasan yang benar.

2. Antartika
Antartika adalah salah satu benua yang berada di wilayah kutub selatan. Benua ini memiliki beberapa pegunungan yang diselimuti oleh salju dan juga angin yang kencang. Kondisi ini bisa menurunkan jarak pandang pilot yang tentunya sangat membahayakan.
Alasan lain adalah jika terjadi hal yang memungkinkan dilakukannya pendaratan darurat maka medan Antartika sangatlah berat bagi pilot untuk mendarat. Para penumpang juga sulit menghadapi kondisi di Antartika ketika menunggu bantuan datang.

Baca juga: Aksi Vidio Widi Vierratale Menjadi Perbincangan di Media Sosial

3. Kakbah, Mekkah
Buat kamu yang pernah pergi ke Tanah Suci, apakah pernah melihat pesawat melintas melewati area Kakbah atau di sekitaran kota Mekkah? Ternyata pesawat memang tidak boleh terbang di area Kakbah. Hal itu merupakan peraturan dari pemerintah Arab Saudi.
Ada alasan lain yang cukup menarik tentang larangan terbang di Kakbah. Terdapat teori bahwa adanya anomali magnet di atas Kakbah yang bisa mengacaukan sistem navigasi pesawat. Selain itu, medan gravitasi di atas Kakbah juga dikatakan cukup kuat sehingga pesawat tidak dapat terbang terlalu tinggi dan membahayakan para jemaah.

4. Disney World dan Disneyland
Pernah punya cita-cita pergi dan menghabiskan waktu di Disney World atau Disneyland? Perusahaan hiburan yang dibangun oleh Walt Disney itu memang sangatlah luas hingga merambah ke taman hiburan. Namun, jangan harap kamu bisa melihat tempat rekreasi tersebut dari atas pesawat karena ada larangan terbang di area itu.
Pada 2003, Disney Corporation memberlakukan larangan terbang pada kedua area tersebut untuk masalah keamanan. Hal ini bertujuan menjaga keamanan para pengunjung jika suatu saat ada pesawat yang mengalami masalah dan perlu pendaratan darurat di area Disney.

5. Pabrik Nuklir Pantex, Texas
Pantex Plant adalah sebuah pabrik nuklir di Amarillo, Texas, yang berguna untuk menjaga dan mengamankan keseluruhan material nuklir milik Amerika Serikat. Pemerintah AS melarang pesawat terbang di area ini karena tidak ingin hal buruk terjadi seperti ledakan nuklir yang sangat mematikan.
Itulah beberapa lokasi dan area yang melarang pesawat terbang di atasnya. Hal itu demi keselamatan bersama, baik kru pesawat, penumpang, maupun masyarakat sekitar.-RRIN

Baca juga: Daftar Wakil Indonesia Melaju ke Babak Final di Australian Open 2022

Editor: Laila
    Bagikan  

Berita Terkait