Asal Usul Genggong Alat Musik Tradisional Bali dengan Mengeluarkan Bunyi yang Unik

Pendidikan —Senin, 27 Dec 2021 14:52
    Bagikan  
Asal Usul Genggong Alat Musik Tradisional Bali dengan Mengeluarkan Bunyi yang Unik
Genggong Alat Musik Tradisional Dari Bali dengan Mengeluarkan Bunyi yang Unik | Pinterest

DEPOSTBALI - Provinsi Bali merupakan salah satu daerah di Indonesia yang memiliki beragam ciri khas yang unik. Banyak tempat wisata di Bali hingga dijuluki sebagai surga dunia. Ditambah lagi dengan sejarah dan kebudayaan yang menambah ilmu pengetahuan wisatawan yang datang.

Selain kuliner, wisata, kebudayaan, baju adat, rumah adat disana terdapat beberapa alat musik tradisional Bali. Dengan teknik memainkannya yang berbeda membuat alat musik ini dikenal oleh banyak kalangan.

Baca juga: Green Bowl Beach, Tour with a Green Pool on the Island of Bali

Baca juga: Film Kaget Nikah, Kisah Menikah Tanpa Rasa

Salah satu alat musik tradisional yang berasal dari Bali yaitu Genggong. Genggong merupakan sebuah alat musik yang terbuat dari bambu bahkan logam. Alat musik ini berbentuk persegi dengan bagian tengahnya yang telah diiris.

Genggong akan menghasilkan suara jika salah satu ujung genggong dikaitkan tali yang bisa ditarik dan menimbulkan sebuah getaran dan suara. Biasanya suara yang berasal dari alat musikini terkesan cukup unik.

Baca juga: Air Terjun Aling-aling, Destinasi Wisata Alam Menyegarkan di Buleleng Bali

Baca juga: Rekomendasi Warna Dinding untuk Kamar Aesthetic

Cara memainkannya dengan mendekatkan ke rongga mulut, dan kemudian tarik tali yang terhubung lalu akan menghasilkan getaran. Genggong merupakan jenis alat musik idiofon dan biasanya digunakan sebagai hiburan.

Alat musik ini digunakan ketika ada acara pernikahan ataupun pertunjukkan seni tari. Meskipun genggong alat musik yang berasal dari Bali, tapi semakin hari semakin jarang dikenal oleh kalangan masyarakat khususnya Bali.

Baca juga: Tradisi Mejarag Ekspresi Rasa Syukur pada Sang Hyang Widhi di Pulau Bali

Baca juga: Taman Burung Bali, fasilitas, Harga Tiket dan Lokasinya

Genggong dapat dibuat sendiri di rumah dengan menggunakan bambu atau pelepah pohon enau. Pada awalya, ada seseorang yang sedang memaikan genggong yang terdapat pada lukisan tionghoa yang di buat pada abad ke-4 M.

Alat musik tradisional ini berasal dari buadaya agraris yang masih kurang mendapatkan perhatian. Maka dari itu masyarakat banyak yang tidak mengenal alat musik genggong, meskipun masyarakat asli Bali. (PUT)

Baca juga: Bubble Hotel Pecatu, Beachside Bubble Tent

Baca juga: Ulas Tuntas Adat Omed-omedan, Tradisi cari Jodoh di Pulau Bali


Editor: Putri
    Bagikan  

Berita Terkait