8 Cara Budidaya Lobster Air Tawar yang Benar

Pendidikan —Jumat, 12 Jan 2024 14:26
    Bagikan  
8 Cara Budidaya Lobster Air Tawar yang Benar
Pinteresrt : allie

DEPOSTBALI-, Bicara soal lobster, siapa yang tak kenal dengan biota laut yang satu ini. Lobster merupakan salah satu hewan air yang mempunyai nilai ekonomi cukup tinggi karena dapat dijadikan sebagai hewan hias maupun hewan konsumsi bagi manusia.

Sebagai negara kepulauan, Indonesia memang mempunyai potensi komoditas laut yang melimpah. Indonesia bahkan diklaim sebagai penghasil benih lobster terbesar di dunia.

Hal itulah yang menjadikan Lobster menjadi daya tarik tersendiri untuk membudidayakannya dan menjadikannya peluang bisnis yang patut diperhitungkan.

Berikut ini 7 cara budidaya lobster air tawar yang bisa menjadi peluang bisnis mengutip dari berbagai sumber.

 

  • Mempersiapkan Kolam

Banyak sekali tempat yang bisa anda manfaatkan untuk melakukan budidaya lobster air tawar, anda bisa menggunakan akuarium atau kolam.

Ukuran yang ideal adalah 200 x 200 x 50 cm untuk bayi lobster dan satu ekor induknya atau dengan ukuran 2 x 1 x 0,5 meter untuk 1000 ekor benih lobster.

Selain itu, air yang digunakan harus bersih dan sejuk agar lobster mudah hidup dan berkembang.

 

  • Pilih Induk Lobster yang Tepat

Indukan lobster harus dipilih dengan baik agar mampu menghasilkan lobster air tawar yang baik dan memperoleh keuntungan yang maksimal.

Indukan lobster air tawar yang siap dipijahkan adalah yang sudah berumur minimal 6 bulan.

 

  • Pemijahan Lobster

Ukuran bak bisa dibuat tergantung dari ukuran dan kepadatan lobster. Umumnya 1-2 ekor indukan jantan dengan 3 ekor indukan betina. Tingkat kepadatan lebar kolam pemijahan yang ideal adalah 3-5 ekor/m².

Selain itu, jagalah tingkat kestabilan air antara 30 cm dengan suhu 23-29 derajat Celcius agar proses pemijahan dapat berjalan lancar. Pemberian pakan juga sebaiknya dilakukan 2 kali sehari dengan dosis 3% lebih banyak dari total biomassa dalam sehari.

 

Baca juga: CEO McDonald’s, Chris Kempczinski Akui Bisnisnya Menurun Akibat Seruan Boikot Terkait Pro Israel

  • Tahap Sirkulasi Lobster

Langkah selanjutnya yang harus Kalian lakukan adalah pembibitan. Tangki pendederan harus disesuaikan dengan kehidupan lobster di habitat aslinya, terutama pada tingkat kedalaman, tekanan air, suhu, hingga tingkat keasaman air.

Jika semua persiapan tersebut sudah selesai, barulah kalian bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya yaitu proses pembibitan air tawar. Benih atau bayi lobster dimasukkan ke dalam wadah inkubasi hingga berumur 7-15 hari.

Pemberian pakan 2 kali sehari dengan ulat sutera, cacing beku, atau pelet udang dengan persentase terkecil 2-3% dari berat benih. Apabila sudah melewati umur 7-15 hari, lakukan penjarangan kepadatan dengan kepadatan 2-3% dari berat benih. sekitar 20-50 ikan/m². Kemudian semprotkan SOC GDM organik dengan dosis 6 ml/m² secara merata. Ulangi kegiatan ini setiap 10 hari sekali secara rutin.

 

  • Penghapusan Bibir

Setelah pembibitan selesai, Anda bisa memindahkan bibit lobster air tawar ke kolam yang lebih besar. Namun lobster baru bisa dipindahkan seminggu setelah air kolam terisi.

Pastikan juga kalian telah menyiapkan tempat persembunyian yang cukup untuk jumlah lobster yang kalian pindahkan.

 

  • Perawatan Lobster

Untuk lobster air tawar berukuran kecil sebaiknya lebih memperhatikan pemberian pakannya. Umumnya:

-              Makanan benih lobster : sayur, cacing, atau pelet pada pagi dan sore hari

-              Makanan lobster besar : cacing, sayur toge, wortel, atau pelet khusus lobster.

Pelet khusus lobster antara lain pakan yang dicampur dengan pakan buatan seperti ikan tuna, pelet, pelet kombinasi dengan cacing tubifex, atau campuran ikan tuna dengan cacing tubifex.

Untuk kolam terpal, ganti airnya setiap 2-3 hari sekali, pastikan juga terpal tidak mudah bocor dan saluran air dapat terjaga dengan baik untuk mampu menjaga tekanan dan juga kualitas air kolam. Berbagai tempat persembunyian kolam juga harus dibersihkan secara rutin.

Sedangkan untuk kolam tanah juga harus rutin diganti setiap 2-3 hari sekali agar kualitas airnya tetap terjaga. Pastikan kualitas air kolam tetap terjaga dari segi kekeruhan, oksigen, dan tekanan.

 

  • Waktu Panen

Lobster baru bisa memanen benih ketika sudah berukuran 1-2 cm dan berumur 20 hari. Untuk budidaya lobster air tawar, lobster yang bisa dipanen adalah yang berumur 6-8 bulan dengan berat minimal 100 gram.

Itulah beberapa yang bisa kalian lakukan jika kalian ingin memulai usaha bisnis lobster, tak usah khawatir gagal karena kalian bisa mengikuti tahapan-tahapan yang bisa kalian ikuti dan kemungkinan jika kalian mengikuti tahapan itu resiko gagal nya hanya sedikit. (ERF)

Baca juga: Fantastis! Yuk Intip Gaji Megawati di Liga Korea Selatan, Sentuh Miliaran Rupiah

Editor: Widya
    Bagikan  

Berita Terkait